brokoli1

Brokoli adalah sayuran hijau yang menyerupai seperti kembang kol. Sayiran brokoli ini memiliki spesies tanaman yang dikenal sebagai Brassica oleracea.

Spesies tanaman ini berkaitan erat dengan tanaman sayuran seperti: kubis dan sawi

Ada tiga jenis utama brokoli:

  • Brokoli calabrese
  • Kecambah brokoli
  • Kembang kol ungu – meskipun namanya sejenis brokoli

Brokoli adalah pusat nutrisi yang penuh dengan vitamin, mineral, serat, dan antioksidan.

Apa Yang Dilakukan Brokoli untuk Tubuh?

Ada penelitian yang dilakukan oleh Nutrition Research yang menunjukkan bahwa makan brokoli khususnya dengan cara dikukus dapat berkontribusi mengurangi risiko penyakit kardiovaskular karena menurunkan jumlah kolesterol keseluruhan dalam tubuh Anda. Namun, untuk menuai manfaat khusus dari konsumsi brokoli ini, Anda harus memasukkannya ke dalam menu diet secara teratur.

Brokoli mengandung vitamin yang memungkinkan darah pada tubuh bebas dari gumpalan dan berperan dalam menjaga kekuatan dan kesehatan tulang. Tetapi ada banyak lagi penelitian yang perlu dilakukan untuk benar-benar memvalidasi teori ini.

Salahsatu vitamin yang ada pada brokoli adalah vitamin K yang dapat mengurangi patah tulang pada orang yang menderita osteoporosis dan kondisi degeneratif tulang lainnya.

Sayuran ini juga cukup baik untuk kesehatan mata Anda karena mengandung lutein dan zeaxanthin di dalamnya yang dikaitkan dengan penurunan kelainan mata seperti penyakit mata katarak yang biasanya banyak terjadi pada lansia.

Selain itu, berkat phytochemical dalam brokoli yang disebut sulforaphane, ini dapat mengurangi risiko terkena kanker dan mengurangi pertumbuhan tumor ditubuh Anda.

Mengapa Anda Harus Makan Sayuran Hijau Lebih Banyak

Sayuran hijau adalah bahan pokok dalam diet sehat, tetapi mengapa Anda harus benar-benar repot makan lebih banyak sayuran hijau? Nah, mengkonsumsi makanan sepanjang minggu yang kaya dengan sayuran hijau dapat mengurangi risiko obesitas dan mencegah penyakit jantung, tekanan darah tinggi dan penurunan fungsi kognitif.

Apa Manfaat Brokoli?

Dikemas Dengan Vitamin

Orang tua Anda tidak berbohong ketika mereka mengatakan kepada Anda untuk “makan sayur”, brokoli benar-benar dikemas dengan vitamin. Diantaranya dikemas penuh dengan vitamin, mineral dan serat yang berkontribusi untuk menjaga tubuh dan pikiran Anda sehat dan bahagia. Secara khusus ini beberapa vitamin yang ada didalam brokoli:

Vitamin C sangat penting untuk pembentukan kolagen yang merupakan bahan pembangun jaringan dan tulang. Ini juga memungkinkan tubuh Anda untuk menyembuhkan luka lebih cepat dan lebih efisien, serta melindungi Anda dari radikal bebas yang berbahaya.

Vitamin A mendukung kesehatan tulang Anda, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan bahkan dapat menurunkan risiko kanker spesifik jika dikonsumsi secara teratur. Selain itu, brokoli juga melindungi mata Anda dari penyakit yang berkaitan dengan usia dan dapat membersihkan kulit wajah bekas timbulnya jerawat.

Vitamin K, seperti yang telah di sebutkan sebelumnya, digunakan untuk meningkatkan fungsi protein yang terlibat dengan darah pada tubuh dan mencegah pembekuan.

Vitamin B9, juga dikenal sebagai folat, perlu dicerna untuk memungkinkan sel-sel tubuh baru berfungsi secara optimal dan ada.

Metode memasak yang Anda gunakan dapat mengubah komposisi nutrisi brokoli tetapi, secara keseluruhan sangat baik untuk diimplementasikan ke dalam menu makanan Anda setiap harinya

Penuh Serat

Kebanyakan orang tahu bahwa serat adalah bagian penting dari menu makanan sehat tetapi, mungkin Anda tidak tahu bahwa serat itu berlimpah didalam brokoli.

Serat diperlukan untuk kesehatan sistem pencernaan Anda; singkatnya memungkinkan semua organ dalam tubuh yang terlibat dalam proses pencernaan berfungsi secarara lancar hingga puncaknya.

Plus mengonsumsi banyak serat dapat mengurangi jumlah kolesterol yang ditemukan dalam tubuh Anda.

brokoli2

Mengontrol Tingkat Gula

Karena sayuran ini memiliki kadar karbohidrat yang sangat rendah, sangat bagus untuk orang-orang yang berpartisipasi dalam diet rendah karbohidrat karena mempertahankan kadar gula yang tepat dalam darah.

Mengandung Antioksidan

Brokoli sangat tinggi antioksidan yang telah menjadi salah satu alasan mengapa orang memperdebatkan apakah itu ‘makanan super’.

Antioksidan membantu memberantas kerusakan yang dilakukan sel-sel oleh radikal bebas yang memungkinkan tubuh Anda mengurangi peradangan di dalamnya.

Glucoraphanin adalah senyawa yang diubah menjadi sulforaphane di suatu tempat di sepanjang proses pencernaan, manfaatnya termasuk menurunnya gula darah, kolesterol, perkembangan penyakit dan segala stres oksidatif. Namun, dibutuhkan lebih banyak penelitian untuk memvalidasi klaim ini.

Mendukung Kesehatan Gigi

Berkat berbagai macam nutrisi dan vitamin, sayuran brokoli dapat mendukung kebersihan dan kesehatan gigi karena kekurangan gizi dan sejenisnya.

Vitamin C dan kalsium ada di dalamnya yang telah dikaitkan dengan menurunkan risiko penyakit periodontal. Selain itu, sulforaphane yang telah disebutkan dikemas dalam brokoli, dapat mengurangi peluang munculnya kanker mulut.

Makan Malam Sehat untuk Dicoba Dengan Brokoli

Waktu termudah untuk makan sayur ini adalah saat makan malam, karena cenderung cocok dengan makanan seperti pasta dan nasi.