jamur 1

Sebagian dari Anda tentu sudah mendengar jamur baik untuk kesehatan dan pada kenyatannya sudah banyak orang-orang yang memanfaatkannya dan menjadikannya sebagai obat.

Jika Anda mengetahuinya ternyata hampir di setiap peradaban kuno di semua dunia sudah menggunakan jamur sebagai obat yang berkhasiat menyembuhkan penyakit, bahkan sebagian orang Mesir menyebut mereka sebagai tumbuhan keabadian.

Ada aneka macam jenis jamur, kurang lebih di antaranya bisa dimakan termasuk spesies terkenal seperti kancing, tiram, porcini dan chanterelles. Namun ternyata ada banyak juga spesies yang tidak mampu dimakan dan sebenarnya dapat memicu sakit perut maupun muntah seperti racun jika dikonsumsi, dan dalam beberapa kasus bisa berakibat fatal.

Jamur yang bisa dimakan dengan beragam nama ilmiah; nama keluarga mereka ialah ‘ Agaricus’. Pada dasarnya mereka merupakan Saprophytes, organisme (tanaman tanpa klorofil) yang berkembang subur dengan mengekstraksi nutrisi mulai dari tumbuhan dan hewan yang mati dan membusuk. Mereka sangat bervariasi dalam corak, tekstur, bentuk, dan properti.

Manfaat mengkonsumsi jamur untuk kesehatan

Menurunkan kolestrol

Jamur tidak memiliki kolesterol ataupun lemak dan mempunyai karbohidrat yang benar-benar rendah. Serat dan enzim spesifik di dalamnya juga membantu menurunkan kadar kolesterol. Selain itu, kadar protein tanpa lemak yang tinggi membantu membakar kolesterol tubuh saat dicerna. Menyeimbangkan kandungan kolesterol antara kolesterol LDL (jahat) dan kolesterol HDL (baik) benar-benar krusial dalam pencegahan aneka macam masalah kardiovaskular sebagai aterosklerosis, serangan jantung, dan stroke.

Melancarkan pencernaan

Jamur adalah makanan yang ramah untuk usus. Kandungan prebiotik, yang berarti mereka memberi makan bakteri baik dalam usus kita. Jamur juga sudah pernah ditemukan untuk menyeimbangkan bakteri menguntungkan microbiome, seperti Acidophilus dan Bifidobacterium.

Mencegah penyakit diabetes

Kandungan jamur yang memiliki protein tinggi, vitamin dan mineral. Sehingga jamur memiliki banyak cairan dan kaya serat. Selain itu, jamur berisi insulin alami dan enzim yang membantu memecah gula ataupun pati dalam tubuh. Kandungana senyawa-senyawa didalam jamur menolong berfungsinya hati, pankreas dan kelenjar endokrin lainnya, sehingga mendorong pembentukan insulin dan pengaturannya yang tepat di semua badan.

Dalam satu penelitian, yang dikerjakan pada tikus, oleh peneliti dari Community University Scrutiny Lineman menunjukkan bahwa “Jamur Maitake bisa mengobati resistensi insulin sendiri maupun dikombinasikan dengan produk natural lainnya seperti sayuran pare.

jamur2

Mencegah kanker

Jamur sudah diteliti memiliki manfaat untuk melawan kanker pada tubuh manusia. Jamur mengandung protein yang disebut lektin, yang mampu mengikat sel abnormal dan sel kanker untuk dihancurkan oleh sistem kekebalan tubuh kita. Menurut artikel 2016 yang diterbitkan dalam Molekul:

Sejumlah penyelidikan sudah pernah menunjukkan bahwa jamur membantu melawan kanker payudara, karsinoma hepatoseluler, kanker serviks uterus, kanker pankreas, kanker lambung, dan leukemia akut. Selain itu, senyawa antitumor sudah pernah diidentifikasi dalam banyak sekali spesies jamur. Kanker payudara ialah kanker sangat umum kedua di antara wanita Amerika. Jadi para ilmuwan telah melakukan banyak penelitian perihal kegiatan yang dimiliki jamur terhadap kanker payudara.

Meningkatkan Sistem Ketahanan Tubuh

Ergothioneine merupakan antioksidan kuat yang ada dalam jamur, sangat manjur dalam memberikan pertahanan mulai dari radikal bebas serta menaikkan sistem ketahanan tubuh. Ini merupakan asam alkane yang mengandung belerang. Kehadiran “master antioksidan” yang unik untuk jamur, bisa memberikan dorongan besar bagi sistem kekebalan tubuh manusia. Ergothioneine membantu menghilangkan radikal bebas, yang menggambarkan senyawa riskan yang dilepaskan saat proses metabolisme sel, dan dapat melayang ke semua tubuh dan menyebabkan kerusakan dan masalah yang signifikan.

Jamur juga mengandung antibiotik alami (mirip seperti penisilin), yang menghambat pertumbuhan mikroba dan infeksi jamur lainnya. Nah, mulailah untuk rutin mengkonsumsi jamur yang bisa membantu mencegah penyakit kronis pada tubuh kita. Tentunya kita semua pernah mendengar jika pepatah mencegah lebih baik daripada mengobati.