Anda tentu pernah merasakan sulit tidur padahal sudah mengantuk dan lelah seharian beraktifitas. Faktor sulit tidur ini adalah kecendrungan Anda menjadi insomnia, kebiasaan buruk ini tentu berpotensi menimbulkan masalah kesehatan yang serius, yang berujung kepada produktivitas kerja Anda menjadi terganggu.

Sulit tidur menjadikan tubuh kurang tidur dalam memanfaatkan waktu istirahatnya, hal ini berdampak mudah stress dan membuat fungsi kognitif Anda juga melambat. Akhirnya, otak tidak bisa bekerja dengan maksimal. Anda juga akan mengalami gangguan kardiovaskular yang menyebabkan meningkatnya tekanan darah.

Selain dampak kesehatan dampak lainnya yaitu pada aktivitas sehari-hari mengganggu aktifitas di hari esok karena akan membuat badan Anda menjadi lemas dan badan serasa pegal-pegal. Banyak orang melakukan berbagai cara agar bisa tidur tepat waktu. Di sini saya akan memberikan beberapa tips agar Anda terhindar dari susah tidur atau biasa di sebut insomnia.

  • Rajin berolahraga

Lakukan aktifitas berolahraga minimal 2 hari sekali secara teratur, misalnya setiap pagi atau malam hari setelah aktifitas kantor. Dengan olahraga secara teratur akan membuat badan Anda lebih segar dan rilex, selain itu metabolime dalam tubuh akan lebih stabil dan bagus. Hal ini berdampak pada kualiats tidur yang baik dan nyeyak dimalam hari sehinga, istirahat Anda akan cukup.

  • Hindari banyak konsumsi kafein

Kafein adaah suatu zat yang dapat merangsang sistem syaraf pusat sehingga orang yang mengkonsumsi akan menjadi was-was dan biasanya jantung akan berdegup dengan kencang. Hal ini yang akan membuat orang akan susah tidur tepat waktu.

  • Tempat tidur yang nyaman

Usahakan selalu membersihkan tempat tidur sebelum tidur, karena suasana nyaman dan bersih sdi ruang tidur akan membuat rasa kantuk datang dan lebih mudah diri terstimulasi untuk tidur. Selain itu dengan tempat yang nyaman akan membuat pikiran lebih tenang dan nyaman.

 

Baca juga:  Menu Baru Keluarga Vondanote: Resep Tumis Pare, Tempe, Teri Maknyus

 

  • Mandi dengan air hangat setelah beraktifitas

Membiasakan mandi dengan air hangat sebelum tidur akan membuka dan juga membersihakan pori pori yang akan membuat badan menjadi lebih segar dan lebih nyaman. Caranya yaitu dengan merendam diri Anda dalam bak mandi berisi air hangat dan biarkan tubuh Anda rileks. Mandi air hangat akan meningkatkan suhu tubuh yang mana akan menurun secara perlahan-lahan saat Anda mulai meninggalkan bak mandi. Perubahan suhu ini akan memicu Anda untuk mengantuk dan cepat tertidur.

  • Membiasakan tidur tepat waktu dan cukup

Membiasakan tidur tepat waktu akan membuat sebuah kebiasaan yang akan membuat Anda akan merasa mengantuk jika sudah waktunya tiba. Banyak sekali manfaat yang dapat diperoleh dari tidur cukup dan tepat waktu setiap hari seperti badan menjadi lebih segar setiap paginya, meningkatkan konsentrasi dan lebih produktif di tempat kerja.

Dengan menerapkan tips ini Anda akan mudah untuk tidur dan menjadikan tidur sebagai rangakain kesehatan utnuk tubuh. Mungkin tips ini dapat menjadi solusi yang begitu mudah untuk diterapkan secara perlahan-lahan dengan disiplin pada diri Anda. Karena tips ini adalah tentang bagaimana Anda merubah pola tidur dalam keseharian aktifitas Anda. Tentu jika ingin mudah tidur dan mendapatkan tidur yang berkualitas Anda harus mulai berhenti beraktifitas di jam 7 malam, dan memulai ritual untuk menginstirahakan tubuh secara perlahan dengan melakukan tips-tips yang sudah saya informasikan.

Semoga tips kesehatan yang mengulas tips tidur cepat dan kembali produktif bekerja setiap hari dapat menginspirasi Anda.