harmonis

Keadaan rumah yang nyaman akan selalu dilengkapi dengan perasaan cinta didalamnya yang memunculkan perkembangan dan kemajuan kehidupan sebuah keluarga. Sangat penting untuk selalu menanam keluarga dengan cinta, tentunya dengan menumbuhkan kasih alami dalam sebuah keluarga. Dalam lingkungan yang penuh kasih sayang, sangat mudah bagi orangtua untuk menanamkan disiplin, kepercayaan diri, dan karakter untuk anak-anak.

Pada artikel tentang keluarga hari ini Vondanote merangkum pentingnya hubungan keluarga yang sehat dan kiat-kiat yang bisa membantu Anda memiliki keluarga yang harmonis dengan menerapkan atau melakukan hal-hal sederhana dalam sebuah keluarga.

Belajar menjadi pendengar setia

Anda menjadi orangtua pasti ingin selalu berkomunikasi yang bagus dan benar untuk anak-anak dirumah. Percakapan yang berbobot melibatkan mendengarkan, dan keluarga selalu membiasakan diri untuk mendengarkan satu sama lain ketimbang hanya bergiliran berbicara. Apa yang Anda katakan kepada anggota keluarga tidaklah terlalu penting daripada apa yang anggota keluarga katakan kepada Anda. Anggota keluarga yang terbiasa berdiskusi akan lebih bisa memahami satu sama lain, dan karenanya akan dapat lebih dekat secara emosional.

Menghabsikan waktu bersama keluarga

Ketika keluarga duduk untuk menghabsikan waktu bersama, secara tidak langsung akan terjadi sebuah korelasi dengan terbinanya sebuah komonukasi antara satu dengan yang lain. Akan memunculkan sebuah perbincangan yang akan menjadikan sebuah keeratan dalam keluarga.

Membuat plan liburan bersaman

Cobalah mengingat kembali berapa kali Anda melakukan pergi berlibur bersama keluarga dan melihat anak-anak yang selalu mengeluh karena terlalu bosan? Atau memang Anda yang kurang memperhatikan karena terlalu sibuk bekerja. Cobalah melibatkan semua anggota keluarga dalam perencanaan liburan mungkin menolong problem yang terlalu sibuk berfikir tentang merencanakan liburan keluarga. Ini akan memberi anak kebebasan dalam berpendapat dalam rancangan keluarga memungkinkan mereka untuk berkomunikasi dan mengatakan tentang hal-hal yang ingin mereka katakana kepada Anda sebagai orangtuanya, serta membuat mereka berfikir untuk mempertimbangkan masukan orang lain dan bahkan belajar untuk berkompromi.

Melakukan aktifitas belajar bersama

Berapa banyak orangtua yang bertanya kepada anaknya saat pulang dari sekolah, seperti pertanyaan: “Apa yang kamu pelajari hari ini?”

Tanpa sadar kita menjadi orangtua yang memiliki tanggung jawab untuk mempelajari sesuatu yang baru setiap hari, yang merupakan harapan dari setiap anak-anak untuk mendapatkan sebuah perhatian. Bukankah sebagai orangtua Anda dan anak membutuhkan informasi setiap harinya yang dapat merangsang tumbuh kembang kedewasaannya dalam keluarga.

Dan setiap orangtua pasti ingin anak-anaknya belajar hal-hal baru. Jadi mengapa tidak menggabungkan beberapa kondisi seperti membantunya melakukan aktifitas belajar bersama, melakukan aktifitas belajar membersihkan rumah dan hal-hal lain yang memberikan anak pengalaman baru dalam sebuah keluarga.

Menolong anak menyelesaikan pekerjaan rumah misalnya merupakan bentuk komunikasi yang akan terjalin secara alamiah dimana akan terjadinya sebuah pembicaraan anak akana lebih banyak bertanya tentang bagaimana ia harus menyelesaikan semua permasalahanya.

harmonis 3

Menonton TV bersama

Berita bisa menjadi suatu kondisi yang menakutkan dan membinggungkan bagi anak. Maka inilah kesempatan Anda sebagai orangtua untuk mendampingi mereka dan memberikan pengaetahuan tentang setiap acara yang di tontonnya. Kegiatan ini akan memberikan mereka kesempatan untuk menjadi anak-anak yang aktif dan tidak sungkan mengungkapkan pendapatnya, sehingga Anda dapat melihat sejauh mana pemahaman mereka tentang beragam hal yang ditayangkan ti televisi, serta keraguan apa pun yang mereka miliki. Hal yang lebih penting dalam keluarga akan timbul cara seperti bagaimana mencerna arus informasi bersama-sama, dan menggunakan waktu bersama untuk mencerna dan mendiskusikanya ialah kebiasaan baik untuk di dalam sebuah keluarga.

harmonis 2

Menciptakan sikap jujur & terbuka

Mencontohkan untuk bersikap terbuka dan jujur dengan pasangan Anda hal sangat penting untuk memiliki hubungan yang positif, yang seringkali menjadikan komunikasi terjalin dengan baik dan keterikatan untuk saling percaya.

Maka bersikap jujur dengan pasangan dan anak-anak dalam sebuah hubungan keluarga sangat penting. Sangat penting untuk tidak menyembunyikan apa pun, jika Anda sebagai seorang pasangan dan orang tua. Karena dengan Anda mencontohkannya dalam sebuah hubungan keluarga inilah cara  agar pasangan dan anak-anak Anda bersikap terbuka dan jujur kepada Anda, jadi sebaiknya Anda membiasakan diri bersikap terbuka dan jujur kepada mereka.

Salah satu fondasi keluarga yang sehat adalah sebuah kepercayaan, yang nyatanya hanya dapat dibangun dengan sebuah kejujuran dan keterbukaan. Jangan bersembunyi dari kebenaran dan jangan pernah berpikir jika itu adalah cara melindungi keluarga Anda dengan menjadi kurang terbuka. Membiasakan diri secara bersikap jujur dan terbuka dengan anggota keluarga adalah bagian mendasar dari membangun dinamika yang sehat.