Oven adalah alat memasak yang di jaman modern ini banyak digunakan oleh para ibu rumahtangga. Banyaknya sajian menu modern yang menggunakan mesin pemanggang ini tentunya menambah pekerjaan Anda untuk membersihkan alat oven ini setelah digunakan atau sebelum digunakan memanggang.

Noda sisa makanan yang menempel pada oven akan sangat sulit dibersihkan karena sudah terbakar dan menjadi kerak. Namun jangan khawatir ikuti delapan langkah dibawah ini untuk membersihkan oven.

Pastikan Oven Dalam Keadaan Dingin Sebelum Dibersihkan

Mulailah dengan mengeluarkan semua rak di dalam oven Anda dengan menggunakan handuk atau lap dapur.  Lepaskan semua potongan kecil dari makanan yang terbakar dari dasar oven, buang sampah kerak ke tempat sampah Semakin banyak Anda menghapus sisa masakan yang menempel pada oven, pekerjaan membersihkan oven langkah selanjutnya akan semakin mudah. Pastikan oven Anda benar-benar dingin sebelum melanjutkan ke langkah 2.

Campurkan Soda Kue Dengan Air

Siapkan mangkuk dan campur 1/2 cangkir soda kue dengan air untuk membentuk pasta. Sebarkan pasta soda kue ke seluruh bagian bawah oven Anda. Pasta soda kue akan mengangkat kerak pada oven yang sulit dibersihkan.

Buat Bubuk Pembersih Rak Oven

Siapkan bubuk pemersih piring dan gelas dan air panas yang baru matang. Campur kedua bahan tersebut dan tuang ke dalam bak yang bisa menampung rak oven Anda. Masukkan rak oven ke dalam bak yang berisi air hangat dan sudah ditaburi pasta tadi, biarkan semalam rak oven terendam pada bak. Semua kotoran akan mudah dihilangkan setelah digosok pada pagi hari.

Bersihkan Jendela Oven

Gunakan campuran soda kue dan air yang sama dengan yang Anda gunakan untuk bagian dalam oven dan oleskan pasta ke bagian dalam jendela oven Anda. Biarkan selama setengah jam lalu, gunakan lap dapur untuk membersihkan oven.

Membersihkan Kompor di Sela-sela Membersihkan Oven

Sambil menunggu air panas dan pasta soda kue bekerja pada mengangkat noda masakan pada oven selama semalam, tidak ada salahnya Anda membersihkan juga kerak yang menempel pada kompor. Berikut bahan-bahan untuk mengangkat kerak kompor.

Campur bahan-bahan berikut ini:

  • 1 sdm garam
  • 1 sdm soda kue
  • 1 sdm air

Gosok bagian atas kompor Anda dengan pasta dan bersihkan – mudah!

Waktunya Membersihkan Oven Anda

Setelah direndam semalam oven bisa diangkat dan bersihkan kerak yang sudah diberi pasta soda kue dengan kain atau spatula kayu jika kerak masih sulit diangkat. Setelah terangkat semua kerak pada oven, lalu semprotkan air cuka ke oven. Gunakan lap dapur untuk membersihkan sisa kotoran dan hasilnya oven akan lebih bersih.