rambut 1 FILEminimizer

Wanita muslimah dan menggunakan hijab tampak menjadi cantik secara luar dan dalamnya. Dengan menggunakan hijab dan pakaian tertutup tentunya tanpa sadar Anda memberikan perlindungan pada kulit tubuh untuk secara tidak langsung terpapar sinar matahari, kecuali telapak tangan dan wajah. Namun saat berhijab tentu bagian rambut harus mendapatkan ekstra perwatan secara teratur.

7 Penyebab Rambut Rontok Pada Wanita Berjilbab Krusial   DiketahuiWanita berjilbab terlihat cantik dan menawan setiap harinya. Mengapa? Karena kesehatan rambut juga penting untuk diperhatikan walaupun tertutup rapat.

Makannya beberapa dari Anda pasti pernah menemui secara sengaja membac artikel bagaimana merawat rambut bagi wanita yang berhijab. Namun, jika ditelusuri pasti ada penyebab mengapa masalah rambut rusak sering terjadi pada wanita berjilbab, seperti contohnya rambut menjadi berketombe dan sering rontok.

Hal ini terjadi bukan karena Anda menggunakan jilbab yang kencang dan menutupi rambut, tetapi karena tertutup maka udara yang masuk akan berurang dan menjadikan rambut lembab. Tidak hanya alasan tersebut, jadi sebagai wanita berhijab Anda juga perlu tahu masalah kerusakan rambut menjadi rontok saat berhijab sebelum melakukan perawatan secara teratur.

Apa saja yang membuat rambut menjadi rontok saat menggunakan hijab?

Menyisir rambut dalam keadaan basah

Rambut yang masih basah, sebenarnya rentan sekali rapuh saat disisir. Mungkin Anda tidak terlalu suka saat setelah keramas rambut terlihat kusut dan susah diatur, dan membuat anda ingin menatanya dengan rapi. Tetapi perlu Anda ketahu saat merapihkan rambut dalam kondisi kusut dan basah akan membuat rambut rontok atau patah.

Hal ini akan menjadikan rambut mudah rontok parah. Gunakan conditioner rambut setelah keramas dan biarkan rambut mongering dan baru merapihkannya dengan sisir adalah solusi untuk mengurangi rontok pada rambut.

Rambut tidak dibiarkan kering saat selesai keramas

Pengeringan rambut setelah selesai keramas harus dilakukan dengan maksimal ya para wanita. Hal itu agar memberi nafas   rambutmu. Rambut yang setengah basah juga tidak baik untuk disentuh atau dipaksa dikeringkan. Apalagi untuk rambut yang belum kering dan menyentuhkan rambut dengan benda lain sebagaimana bantal, jilbab, dan sebagainya. Rambut akan menjadi apek dan rusak.

rambut 2 FILEminimizer

Terlalu sering menggunakan pengering rambut

Rambut juga perlu diperhatikan perawatannya terutama dengan alat-alat elektronik yang digunakan. Jika mengeringkan rambut terlalu sering dengan menggunakan pengering rambut, maka rambut akan terpapar panas dan mudah rusak seperti rontok. Maka  itu, sesekali biarkan rambut kering dengan cara alami ataupun menggunakan kipas angin.

Bila Anda sering menggunakan pengering rambut agar cepat dan mudah kering, solusinya lebih gunakan masker rambut yang mengandung Aloe Vera yang memberikan vitamin pada rambut dan menjadikan akar rambut lebih kuat.

Menggunakan jilbab saat rambut basah

Penyebab rambut rontok pada wanita berjilbab saat menggunakan jilbab dalam keadaan rambut basah. Menggunakan jilbab saat kondisi rambut basah akan memberi peluang tumbuhnya ketombe dan rambut rontok, yang disebabkan oleh lembab bagian kepala rambut yang tidak mongering dan tidak terkena udara.  Walaupun kegiatan banyak dan Anda terburu-buru, sebaiknya tetap harus menyempatkan waktu mengeringkan rambut terlebih dahulu demi kesehatan rambut Anda.

Mencuci rambut setiap hari

Keramas setiap hari ternyata tidak baik untuk kulit kepala ya para wanita. Ini juga berlaku bagi para wanita berhijab. Keramas setiap hari dapat menimbulkan minyak alami pada kulit kepala dan rambut gampang ringkih. Oleh karena itu, jagalah minyak alami dalam rambut dalam jumlah yang tidak berlebihan agar rambut tidak rontok dan juga terjaga kelembabannya saat rutin menggunakan hijab.

Seharian mengikat rambut dengan kencang

Mengikat rambut terlalu kencang seharian ternyata dapat menimbulan masalah pada rambut, menjadi tersiksa dan tidak dapat bernafas. Membiarkan rambut tergerai akan memberikan ruang bagi rambut untuk bernafas, selain itu rambut akan menjadi rapuh dan rontok akibat diikat seharian.

Saat Anda seharian menggunakan jilbab, sebaoknya saat dirumah biarkan rambut tergerai dan berikan udara pada rambut. Kotoran pada rambut pun harus dibersihkan setelah seharian memakai jilbab.

Dari penyebab rambut rontok yang saat ini Anda alami tentu Anda bisa mengambil kesimpulan serta solusi untuk mengatasinya. Mulai sekarang hindari aktifitas kepada rambut Anda yang dapat menyebabkannya rapuh dan menjadi rontok. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda dan bisa dipraktekkan.