Bekerja terkadang menandatangkan ngantuk atau lelah pada tubuh, jika sudah demikian tentu saja waktunya Anda untuk menginstirahatkan diri tubuh Anda. Namun bagaimana jika setelah makan siang ada dateline kerjaan yang harus Anda selesaikan seperti report atau bahan presentasi. Bekerja pun menjadi sangat tidak nyaman dan tidak berkonsentrasi dengan mengantuk yang datang setelah makan siang.

Rata-rata sebagian dari Anda akhirnya memilih untuk mencari tempat rebahan sejenak dan itu bisanya dilakukan di masjid. Dulu saya sebagai penulis yang juga karyawan kantoran pernah meraskan hal yang sama ketika sudah selesai melahirkan. Akhirnya saya mulai mengoreksi mengantuk ini datang karena beberapa faktor ternyata disaat siang hari.

  • Faktor utama datang dari kurangnya istirahat di malam hari sehingga Anda memaksa mata Anda untuk terus terjaga saat dimana seharusnya mata beristirahat. Maka di siang hari mata akan semakin mengantuk pada puncaknya.
  • Faktor lain konsumsi makan siang yang terlalu berlebihan. Jika Anda terlalu banyak makan hingga melebihi rasa lapar diperut sudah pasti kantuk akan datang ketika Anda selesai makan.
  • Konsumsi nasi sebagai menu pokok makan siang. Nasi yang merupakan makanan dengan kandungan karbohidrat tinggi memiliki nilai indeks glikemik yang tinggi. Indeks glikemiks sendiri adalah standar yang dipakai untuk mengukur seberapa cepat makanan tertentu meningkatkan kadar gula di dalam darah. Ini yang menyebabkan Anda mudah mengantuk usai mengkonsumsi nasi putih.

Jika Anda ingin tetap fit setelah makan siang maka sebaiknya Anda memulai untuk memilih menu makanan yang sesuai untuk tubuh. Konsepnya adalah kenyang namun tidak terlalu tinggi karbohidrat.

Berikut 6 tips makanan dengan cara di kukus atau tumis tanpa minyak, yang bisa Anda coba untuk mengganti nasi pada menu pokok makan siang Anda.

  • Kukusan Sayuran

Anda bisa mencoba menu sayuran yang dikukus dan ditumis ini untuk makan siang seperti sayur tauge, bayam dan wortel.

  • Kukusan Ikan Tongkol
Baca juga:  Membuat Steak Ikan Salmon Dengan Bumbu Sederhana Ala Vondanote

Biasnya yang Anda temui adalah Ikan tenggiri steak atau salmon filet steak, tetapi tidak ada salahnya mencoba menu ikan tongkol kukus. Rasanya tidak kalah enak dengan temannya tenggiri atau salmon.

  • Kukusan Kentang & Wortel

Untuk kebutuhan nasi bisa Anda cukupi dengan penggantinya menggunakan kentang dan wortel yang dikukus. Makan siang dengan kentang dan wortel kukus cukup mengenyangkan dan menguatkan Anda dari siang hingga malam hari.

  • Kukusan Daging Ayam

Siapa bilang daging ayam dikukus tidak enak atau terasa amis, ternyata jika Anda pandai mengolahnya sajian ayam kukus akan sangat nikmat. Caranya bumbui ayam rebus dengan air lemon, garam, lada, merica, dan daun bawang. Setelahnya Anda bisa langsung kukus dan tambahkan mentega atau butter saat mengkukus.

  • Kukusan Ati Ampela

Selain daging ayam ternyata ati ampela dari ayam juga enak dibuat menu kukusan. Tentu cara mengelolanya seperti yang telah saya jelaskan pada proses mengkukus daging ayam.

  • Kukusan Pisang Kukus

Selain daging, ikan dan sayur ternyata beberapa buah bisa dijadikan sebagai menu penggnati karbohidrat nasi yaitu buah pisang. Saya dan suami sangat menyukai menu pisang kukus ini sebagai cemilan atau makan pokok di siang hari. Jenis pisang yang enak dikukus adalah pisang tanduk dan pisang raja.

Keenam makanan tersebut bisa Anda coba untuk dijadikan menu makan siang, manfaat banyak mengkonsumsi makanan kukus, yaitu:

  • Badan tidak terlalu berat, bahkan terasa ringan dan kenyang.
  • Tidak ada rasa kantuk yang datang setelah makan.
  • Saat aktifitas mudah untuk menyelesaikan tugas.
  • Terhindar dari lemak jenuh yang datang dari minyak, jika biasanya Anda suka mengkonsumsi aneka gorengan disaat makan siang.
  • Tentunya badan akan sehat karena Anda mulai merubah pola makan siang.
Baca juga:  Cara Mudah Bikin Rice Bowl Beef Original Ala Yoshinoya Sendiri, Yuk Coba Buat di Rumah

Selain itu berikut ini tips untuk mengukus sayuran, kentang, dan wortel tetap enak.

  • Siapkan wadah untuk untuk mengkukus sayuran, jika ingin lebih mudah Anda bisa langsung menggunakan tempat makan khusus untuk mengkukus seperti Tupperware.
  • Tata sayauran seperti worte dan kentang di wadah dan tata ayam atau ikan secara bersamaan di dalam satu wadah. Taburkan bubuk lada, merica, garam dan rosemary secukupnya. Tambahkan mentega atau butter agar lebih gurih rasa pada sayuran dan ikan. Jika inginlebih wangi Anda bisa tambahkan irisan daun bawang, bawang putih, dan bawang Bombay. Waktu mengkukus adalah 20 menit.
  • Untuk kukusan seperti sayuran bayam, tauge atau sawi, jenis sayuran akan lebih mudah layu saat dikukus jadi sebaiknya di kukus pada wadah yang berbeda dengan waktu kukus kurang dari 5 menit. Jika sudah agak layu Anda bisa mengangkatnya jangan biarkan terlalu layu karena protein pada sayur akan mudah hilang jika kelamaan mengkukus.

Selain dikukus khusus untuk sayuran bisa ditumis tanpa menggunakan tambahan air, yaitu dengan cara:

  • Siapkan wajan untuk menumis, panaskan satu sendok margarin atau butter.
  • Tumis bawang putih hingga layu dan agak kuning kecoklatan.
  • Masukkan sayuran seperti tauge dan bayam, tumis hingga agak layu dan siap dihidangkan.

Dalam satu wadah makan siang Anda tentunya terdapat menu sehat seperti kentang, wortel, dan daging kukus serta sayuran tumis. Cobalah menu ini di siang hari selama 5 hari kerja, untuk hari sabtu dan minggu Anda bisa kembali makan dengan Nasi. Tentu selain badan sehat, fit, dan tidak mudah ngantuk, manfaat lainnya yang Anda dapatkan adalah berat badan yang mulai menurun dari perubahan menu makan.