bibir sariawan

Sariawan adalah infeksi jamur pada mulut, sariawan dapat terjadi pada orang dewasa atau anak-anak.
Jika anda menderita sariawan pada mulut, anda memerlukan obat antijamur untuk membersihkannya. Namun, pada bahasan ini anda mungkin bisa mengatasi gejala sariawan yang mengganggu anda dengan menggunakan pengobatan rumahan saja.
penting sekali untuk mengobati sariawan secepatnya, Dokter sering kali meresepkan obat antijamur dalam bentuk obat kumur, pil, atau tablet hisap. Tetapi dalam kasus-kasus ringan sariawan dapat hilang dengan sendirinya seiring dengan waktu.
Berikut ini obat yang ada di sekitaran rumah yang bisa kita manfaatkan sebagai obat untuk penyembuhan, yang biasa digunakan sebagai obat antijamur, dapat juga membantu meringankan gejala infeksi.

>> Air garam
Garam mempunyai sifat antiseptik, menenangkan dan pembersihan. oleh karena Itu garam biasanya di pergunakan sebagai obat rumahan yang sudah umum biasanya untuk masalah yang berhubungan dengan mulut. Kumur kumur menggunakan air garam bisa membantu meringankan gejala sariawan.
Caranya : larutkan ½ sendok teh garam campur dengan 1 gelas air hangat.
Kumur kumur untuk beberapa saat sampai merasa semua area dalam mulut terkena air garam secara menyeluruh. Setelah merasa area mulut sudah terkena dengan merata kemudian keluarkan larutan garamnya.

>> Jus lemon
Jus lemon adalah bahan yang memiliki kemampuan antiseptik dan antijamur yang dapat membantu melawan jamur penyebab sariawan.
Caranya : Tambahkan ½ air lemon ke dalam 1 cangkir air hangat. Minum ramuan air lemon dan bisa juga hanya digunakan sebagai obat kumur saja. Bahkan beberapa orang hanya mengoleskan air lemon langsung ke area yang terkena sariawan, akan tetapi keasaman pada lemon bisa menyebabkan rasa terbakar dan iritasi pada mulut.

>> Yogurt
Yoghurt mengandung bakteri baik yang dapat mengobati sariawan pada mulut. Tekstur yogurt yang lembut, juga merupakan makanan yang enak dan menyehatkan untuk dimakan apabila anda mengalami kesulitan dalam menelan karena mulut dan tenggorokan terkena sariawan.
Caranya : Konsumsi yogurt beberapa kali dalam sehari ketika muncul tanda – tanda sariawan akan muncul. Pilih yogurt yang tanpa menggunakan banyak gula karena sariawan tumbuh subur dengan gula.

>> Kunyit
Kunyit adalah senyawa kuat yang dianggap memiliki kemampuan anti-inflamasi. Kunyit mampu mengobati sariawan pada mulut.
Caranya : Parut kunyit dan kemudian peras airnya hingga 1/2 sendok teh dengan di tambahkan sedikit lada hitam. Panaskan dalam panci sampai hangat kemudian saring, setelah itu kumur kumur air ramuan itu di seluruh bagian dalam mulut.

>> Cuka sari apel
Dalam beberapa kasus orang yang menggunakan gigi palsu memiliki risiko lebih tinggi terkena sariawan mulut. Gigi palsu yang dipasang tidak pas atau tidak dibersihkan dengan baik akan memberikan area yang ideal bagi jamur untuk berkembang biak. Hal Ini bisa menyebabkan sariawan.
Cuka sari apel memiliki sifat antijamur mungkin menjadi pilihan pengobatan alternatif yang baik untuk orang yang menggunakan gigi tiruan.
Caranya : Tuangkan 1 sendok teh cuka sari apel mentah ke dalam 1 gelas air.
Kumur kumurkan ke seluruh area dalam mulut anda setidaknya selama 15 detik.
Beberapa ahli kesehatan merekomendasikan berkumur dengan cuka sari apel yang tidak dilarutkan dalam air, hal ini dapat menyebabkan sensasi terbakar yang menyakitkan pada mulut anda.

>> Minyak cengkeh
Banyak orang sudah menggunakan minyak cengkeh sebagai obat tradisional untuk menyembuhkan masalah mulut selama berabad-abad lamanya. Dan saat Ini masih digunakan dalam obat kedokteran sebagai antiseptik dan pereda nyeri.
Caranya : Rendam 1 sendok teh cengkeh utuh dalam 1 gelas air yang telah mendidih setidaknya selama 5 menit. Saring dan pergunakan untuk berkumur dalam mulut anda.
Tetapi dalam beberapa kasus cengkeh dapat menyebabkan reaksi alergi atau efek mati rasa di mulut pada beberapa orang.

Sariawan

>> Vitamin C
Vitamin C disamping di peruntukan untuk fungsi sistem kekebalan tubuh yang tepat. Hal ini juga mendorong untuk melindungi tubuh anda dari infeksi. Ini juga dapat membantu sel-sel berfungsi lebih efektif dan dan dapat melindungi terhadap molekul berbahaya.
Sistem kekebalan yang bagus dapat membantu mengembalikan keseimbangan tubuh anda. Dengan meningkatkan asupan vitamin C secara teratur dapat membantu meningkatkan kemampuan tubuh anda untuk menangkal infeksi.