bayi 2 FILEminimizer

Saat bayi lahir pasti Anda akan melihat kepalanya penuh rambut, entah rambut yang tipis atau tebal. Dan Anda tidak perlu khawatir tentang kondisi rambutnya saat lahir, karena rambut akhirnya akan tumbuh terus seumur hidup. Namun yang perlu Anda perhatikan adalah perawatan rambut yang tepat untuk bayi Anda, agar rambut tetap sehat dan kuat. Sama seperti aspek lain merawat bayi, perawatan rambut adalah sesuatu yang perlu diperhatikan dan berikut ini cara merawat rambut bayi yang perlu diperhatikan.

Berikut sepuluh tips menjaga kulit kepala bayi agar bersih dan memiliki rambut yang indah.

Melakukan keramas

Salah satu alasan utama rambut mudah rapuh dan menjadikannya tipis karena kulit kepala yang berkeringat dan kotor. Lakukan keramas tiga kali dalam seminggu pada rambut bayi Anda dan pijat kulit kepalanya. Anda dapat menggunakan produk head to toe untuk sampo bayi dan tidak perlu mencuci rambut bayi setiap hari.

Lakukan pijatan tubuh dengan minyak pijat

Melakukan pijatan ke seluruh tubuh bayi dengan minyak pijat seperti minyak telon, termasuk area kulit kepala sangat baik karena meningkatkan sirkulasi darah ke pori-pori rambut dan juga membantu membuatnya tidur lebih nyaman. Selain itu bisa melembabkan kulit kepala dan menghindari timbulnya ketombe. Oleskan jumlah yang cukup pada kulit kepala dan pijatan bayi dengan gerakan memutar tanpa memberi tekanan. Anda dapat menggunakan minyak alami seperti minyak telon dan minyak kelapa.

Menyisir rambut dengan lembut

Menyisir dapat merangsang pembukaan kulit kepala dan membantu dalam produksi sebum yang sehat. Pastikan untuk menyisir rambut dengan lembut karena kulit kepala bayi sensitif. Gunakan sisir besar dan berbulu halus yang memang khusus untuk bayi. Jangan menyisir berkali-kali, cukup sekali atau dua kali sehari

bayi 1 FILEminimizer

Pelembab rambut bayi

Jika bayi Anda memiliki rambut yang tipis atau botal, gunkan pelembab pada kepala bayi dengan cara mengoleskannya secara merata dan tipis. Pelembab rambut berfungsi menjaga kulit kepala tetap lembut, halus dan lembab. Ini akan membantu menghilangkan timbulnya ketombe yang disebabkan oleh kekeringan.

Melakukan Potong Rambut

Salah satu cara terbaik untuk menjaga kesehatan rambut adalah dengan memotong ujung rambut bayi secara teratur. Hal ini mencegah masalah bercabang dan kekeringan pada rambut. Selain itu manfaatnya adalah agar menjaga jarak rambut pada dahi bayi dengan matanya, sehingga rambut tidak mengganggu pandangannya.

Memilih produk perawatan rambut yang tepat

Jangan gunakan produk dewasa untuk bayi Anda, karena produk dewasa biasanya keras pada kulit bayi dan tidak cocok. Produk perawatan bayi dirancang khusus untuk menjaga sensitifitas kulit lembutnya. Belilah sampo yang tidak akan membuat perih mata bayi Anda saat digunakan, karena tidak menimbulkan bahaya apa pun meskipun itu menetes ke matanya.

Melakukan perawatan ekstra

Jangan biarkan rambut bayi Anda panjang dan tidak terurus, karena rambut bayi harus dipangkas, diminyaki, dan dijaga kebersihannya. Jangan meninggalkan minyak pada rambut bayi untuk waktu yang lama karena ini akan menarik kotoran dan debu.

Merawat rambut kusut pada balita wanita

Ini adalah masalah umum yang dialami balita wanita yang memiliki rambut panjang. Cara yang baik untuk menjaga rambutnya tidak kusut adalah dengan menggunakan kondisioner yang ramah bayi. Sehingga memudahkan Anda untuk secara teratur menyisir rambut mereka dengan lembut tanpa terlalu banyak kekuatan.

Merawat rambut bayi Anda bukanlah hal yang mudah. Dan tidaklah lebih mudah daripada merawat rambut orang dewasa karena rambut rontok dan kerusakan rambut tidak menjadi masalah pada usia muda. Maka lakukanlah perawatan rambut bayi secara rutin minimal 3 kali dalam seminggu dan perhatikan juga kondisi kesehatan rambut bayi Anda.