Kamar tidur adalah tempat untuk mengistirahatkan kepala dan tubuh Anda saat seharian beraktifitas. Suasana kamar tidur akan memberi kembali energi kembali pikiran dan tubuh Anda, untuk menutup mata dan pergi ke alam mimpi. Layaknya tempat perlindungan, zona aman, tempat tidur dan berpelukan dekat dengan seseorang yang special akan membuat tubuh menjadi relax kembali.

Saat Anda beraktifitas di luar rumah Anda tentu menantikan akhir dari aktifitas dengan beristirajat di kamar, melamun tentang seprai yang lembut, selimut hangat dan selimut untuk membungkus diri Anda, dan tentu saja, berpelukan dengan pasangan Anda yang terpenting.

Namun beberapa dari Anda tentu pernah atau memang memiliki masalah dengan tidurnya. Sulit tidur bisa disebbakan karena banyak pikiran yang menggangu seperti masalah kantor dan permasalahan sensitive terkait keadaan keuangan keluarga. Tidak jarang Anda mensiasatinnya dengan meminum obat tidur atau obat penenang setiap malam hanya untuk bisa tidur dengan tenang. Tapi lama kelamaan mengkonsumsi obat-obatan untuk bisa tidur akan merusak kondisi organ pada tubuh misalnya organ ginjal yang bekerja menetralisir obat-obatn ditubuh setiap hari bekerja.

Cobalah cara 8 obat tidur berikut ini untuk mencapai istirahat malam yang baik

Mandi Air Hangat Sebelum Tidur

Cobalah mandi air hangat sebelum tidur. Tetapi melakukan aktifitas ini sebelum tidur merupakan cara yang bagus untuk merilekskan tubuh dan indera Anda. Lakukan dengan cara berendam dalam air panas, dengan ditambahkan garam mandi Himalaya, serta beberapa tetes minyak esensial. Nyalakan lilin untuk memberikan suasana lembut ke ruangan.

Selain itu meluangkan waktu mandi setelah beraktifitas adalah cara untuk membersihkan diri merilekskan tubuh dari hari yang melelahkan. Jika mandi di bak mandi bukan hal yang Anda sukai, mandi biasa juga akan berhasil.

Minum Secangkir Teh Hangat Sebelum Tidur

Sekarang setelah merawat bagian luar tubuh Anda, saatnya untuk fokus pada bagian dalam, dan cara apa yang lebih baik untuk melakukannya selain minum secangkir teh panas. Teh “ngantuk” yang paling dikenal adalah chamomile atau lavender, keduanya sangat efektif. Tapi jujur, semua jenis teh herbal akan berhasil.

Hindari teh hitam, oolong atau hijau, karena mengandung kafein. Itu hanya akan membuat Anda terjaga, dan bukan itu yang Anda inginkan.

Membaca Buku Favorit Sebelum Tidur

Saatnya meletakkan handphone dan mematikannya setelah selesai mandi air hangat. Letakkan di seberang ruangan Anda untuk bisa menghindari godaan untuk melihatnya. Sebaliknya, ambillah sebuah buku menarik yang ingin Anda baca sambil duduk di kursi yang nyaman atau di tempat tidur saat mata Anda membaca kata-kata di halaman.

Beberapa orang mungkin berkata bahwa membaca buku yang menarik hanya akan merangsang pikiran Anda dan membuat Anda ingin melanjutkan. Tetapi membaca buku membantu menenangkan pikiran Anda sampai taraf tertentu. Bacalah di ruangan yang remang-remang, atau dengan lampu sebagai sumber cahaya Anda. Biarkan mata Anda perlahan menyesuaikan diri dengan gelap.

Memiliki Bantal Tidur Yang Nyaman

Memiliki bantal tidur yang berkualitas sangat penting untuk mencapai istirahat malam yang baik. Betapa pentingnya berinvestasi dalam bantal berkualitas baik. Apakah itu lunak atau keras, atau terbuat dari linen atau lidah buaya, temukan yang cocok untuk Anda dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Saya pribadi lebih suka bantal yang terbuat dari bahan alami atau organik. Jika Anda adalah tipe organik seperti rekomendasinya adalah bantal soba. Populer di seluruh negara di Asia, bantal soba memiliki ketegasan yang memadai dan baik untuk kesehatan. Bantal diisi dengan sekam gandum, sangat tahan lama, dan memungkinkan pembentukan kontur untuk leher.

Menyemprotkan Linen Spray Pada Tempat Tidur

Semprotan linen dapat digunakan pada seprai dan bantal untuk memberikan aroma segar dan harum di antara mencuci. Semprotan linen yang mengandung minyak esensial dapat digunakan di kamar tidur dengan cara ini sebelum pensiun, dengan berbagai manfaat aromaterapi. Wewangian dari minyak esensial yang berbeda dapat memiliki efek menenangkan, menenangkan atau sensual; misalnya, aroma lavender dikenal untuk membantu kantuk.

Menggantukan Lavender Sachet Disamping Tempat Tidur

Hal kecil lain yang yang perlu dilakukan, yang tidak terlalu efektif tetapi Anda akan menyulainya adalah mengisi sedikit sachet dengan lavender kering. Gantungkan sachet berisi lavender di sisi tempat tidur, di atas kepala tempat tidur atau hanya meletakkannya di meja sebelah tempat tidur. Aromanya yang melayang diruang kamar Anda akan membantu suasana menjadi rileks dan nyaman hingga membuat kantuk datang.

Menggunakan Penutup Mata Sebelum Tidur

Sebuah penelitiandilakukan untuk mengetahui pengaruh penutup mata terhadap kualitas tidur pasien jantung dengan melibatkan 60 pasien rawat inap di Coronary Care Unit (CCU) di sebuah rumah sakit di Iran.

Penutup mata ini dirancang untuk menghalau semua cahaya yang mungkin masuk ke mata Anda dan membuat pandangan gelap total saat akan tidur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan penutup mata lebih meningkatkan kualitas tidur seseorang, terutama bagi Anda yang memilki riwayat penyakit jantung yang biasanya tidak bisa tidur nyenyak dan butuh obat tidur.

Memiliki Rutinitas Tidur

Tidak ada yang lebih penting daripada memiliki rutinitas tidur. Semakin banyak Anda mengikutinya, semakin besar kemungkinan tubuh Anda akan terbiasa dengan rutinitas dan memahami bahwa inilah saatnya untuk beristirahat dan tidur. Mungkin butuh beberapa hari hingga seminggu sebelum tubuh Anda menyesuaikan diri, tetapi begitu itu terjadi, tidur akan jauh lebih mudah.

Saya harap Anda dapat mengambil beberapa saran ini dan akhirnya mencapai istirahat malam yang layak Anda dapatkan.