hewan 1

Picture by: https://www.nasionalisme.co/

Memelihara hewan adalah salah satu hobi menarik yang dapat kamu coba. Selain untuk dapat meredakan stres, memelihara hewan juga memiliki berbagai fungsi lainnya. Salah satu fungsinya jika merunut pada kepercayaan leluhur, maka hewan-hewan tertentu dapat mendatangkan keberuntungan. Nah, berikut ini adalah beberapa binatang yang dapat kamu pelihara dan dipercaya dapat mendatangkan keberuntungan menurut kepercayaan dan budaya di beberapa negara.

Kerbau, Banteng dan Sapi

Menurut kebudayaan orang-orang Yunani, Celcit, Mesir dan India Timur, memelihara kerbau, banteng atau sapi diyakini dapat mendatangkan keberuntungan. Hal itu disebabkan binatang-binatang tersebut memiliki energi positif yang tinggi. Bahkan orang Yunani juga menganggap bahwa kerbau, banteng dan sapi merupakan penyimbolan dari penguasa cinta dan kesuburan.

Kumbang

Orang Mesir kuno memandang kumbang sebagai tanda keberuntungan, khususnya kumbang scarab. Oleh sebab itu, banyak di pahatan hieroglif Mesir. Alasan kumbang scarab diyakini sebagai pembawa keberuntungan karena pada zaman dahulu, orang-orang Mesir begitu terkesan dengan kecerdikan serangga ini. Dengan memanfaatkan panas matahari, maka kumbang scarab dapat melakukan inkubasi dengan cara membungkus telurnya di lumpur sampai menetas. Oleh karenanya, orang Mesir beranggapan bahwa kumbang scarab dapat memunculkan kehidupan baru.

Rusa

Rusa merupakan simbol keberuntungan di Cina. Bahasa Cinanya Rusa adalah “lu” yang juga memiliki artian “pendapatan.” Bahkan seringkali rusa ditampilkan dalam karya seni untuk melambangkan keberuntungan, kesuksesan, umur panjang, dan kemakmuran.

Ikan Emas

Untuk makhluk dengan ingatan yang singkat, ikan mas juga dianggap sebagai pembawa keberuntungan di beberapa kebudayaan di sejumlah negara. Ikan mas juga menjadi salah satu dari delapan simbol suci Buddha yang melambangkan kesuburan, kelimpahan dan harmoni. Orang Yunani kuno memandang ikan mas untuk membawa keberuntungan bagi pernikahan mereka, sementara orang Mesir memelihara ikan ini di rumah mereka untuk menambah kepositifan situasi rumah tangga.

hewan2

Picture by: https://www.dictio.id/

Kuda

Kuda adalah simbol penting di banyak budaya sepanjang sejarah peradaban manusia. Kuda sering kali digunakan dalam perang, pertanian, dan transportasi yang akhirnya membuat banyak orang menganggap hewan itu istimewa. Secara keseluruhan, kuda dikatakan sebagai tanda kekuatan, keindahan, dan kemakmuran.

Babi

Baik orang Tionghoa ataupun Irlandia, mereka sangat menghargai babi sebagai pertanda kebaikan. Pengetahuan Cina mengatakan bahwa babi dapat membawa keberuntungan dalam urusan bisnis, sementara orang Irlandia menghormati babi karena cerita rakyat kuno. Dalam dongeng tersebut menceritakan bahwa dulu ada seorang gembala yang beruntung karena memiliki kawanan babi yang selalu beregenerasi. Walaupun terus dijual atau dikonsumsi, tapi kawanan babi itu seperti tidak pernah habis dan terus bertambah.

Kelinci

Makhluk ini memiliki lebih dari sekadar kaki keberuntungan mereka yang terkenal. Kelinci telah lama dikaitkan dengan kesuburan yang kuat. Hewan ini adalah tanda penting bagi orang Saxon kuno. Setelah musim dingin yang panjang dan tandus, melihat kelinci adalah pesan dari musim semi yang subur dan penuh harapan akan datang. Keyakinan inilah yang menjadi cikal bakal terciptanya kelinci Paskah.