setrika FILEminimizer

Memakai baju yang terlihat kusut dan tidak rapi tentu akan membuat Anda tidak nyaman. Apalagi saat Anda akan melakukan aktifitas diluar rumah. Tentu Anda ingin tampil dengan baju bersih dan rapi saat beraktifitas diluar rumah. Agar baju terlihat rapi dan tidak kusut, Anda perlu menyetrikanya agar terlihat rapih dan mulus. Namun seringkali setelah selesai menyetrika, tetap saja bajunya kembali kusut dan terdapat garis lipatan baju.

Memang untuk menghasilkan baju dengan bagus dan rapi saat di setrika tidaklah mudah, apalagi kegiatan menyetrika sangatlah membosankan karena memakan waktu lama dan membuat lelah. Namun jika pakaian di biarkan pun malah akan menumpuk dan membuatnya semakin kusut. Solusinya Anda bisa memanfaatkan jasa laundry untuk menyetrika baju Anda. Sehingga Anda tidak perlu lelah lagi melakukan aktifitasmencuci dan menyetrika.

Hanya saja tidak semua pakaian hasilnya akan bagus ketika dilaundry. Terkecuali kalau Anda memilih tempat laundry yang berkualitas. Tapi kembali lagi ke masalah finansial Anda, karena mencuci ditempat laundry yang bagus tentu saja harga yang dikeluarkan pun cukup mahal. Untuk sesekali mungkin tidak masalah, namun jika Anda melakukannya terus menerus tentu akan menjadi pemborosan keuangan.

Mengapa tidak ada salahnya jika Anda tetap menyetrika baju sendiri di rumah dengan hasil yang rapih dan mulus tanpa kusut. Ada beberapa cara setrika baju yang praktis dan rapih yang bisa Anda praktekkan. Sehingga Anda dapat menyetrika pakaian dengan cepat namun hasilnya bagus.

Berikut ini cara setrika baju yang benar agar baju kelihatan rapi dan tidak kusut.

Mencuci baju dan menjemur dengan benar

Hal pertama yang harus dilakukan adalah tentu saja mencuci baju kotor milik Anda. Terlepas Anda mencuci menggunakan tangan maupun pun mesin cuci, sebaiknya jangan terlalu keras dalam mengkucek dan memeras baju saat mencuci menggunakan tangan.

Begitu pun ketika Anda menggunakan mesin cuci, sebaiknya jangan terlalu banyak menumpuk pakaian ketika memasukkannya ke dalam mesin untuk di cuci dan dikeringkan. Hal ini bertujuan agar pakaian tidak terlalu kusut saat selesai dicuci.

Selanjutnya pada saat akan menjemur pakaian sebaiknya Anda kibas-kibaskan terlebih dahulu untuk mengurangi kusut pada baju. Pastikan baju dalam kondisi kering sebagian dan menjemur baju dengan posisi baju luar dibagian dalam.

Cara ini akan memudahkan saat akan menyetrika pakaian tanpa mengalami gangguan apapun. Hindari menyetrika pakaian yang masih setengah kering alasannya dapat mengakibatkan bau apek dan kerusakan pada baju

Memisahkan baju yang akan disetrika

Hal kedua yang harus Anda lakukan selanjutnya ialah memisahkan baju-baju yang akan di setrika. Ada beberapa jenis baju yang sebenarnya tidak perlu di setrika. Beberapa diantaranya merupakan pakaian dalam, celana jeans, kaos oblong yang ada gambar sablon dan celana pendek yang biasanya dilipat saja telah rapi. Namun tidak masalah kalau Anda tetap ingin menyetrikanya.

Selanjutnya pisahkan pakaian sesuai dengan bahan yang digunakan misalnya bahan sintetis sebagaimana nilon, akrilik, oliester dan bahan campuran sebagaimana katun, campuran wol, linen dan lain-lain.

Pemisahan bahan baju dibutuhkan karena ada beberapa bahan baju yang harus di setrika dalam temperatur suhu rendah, sedang dan tinggi.

Siapkan Tempat dan Peralatan Untuk Memulai Setrika baju

Medium Anda betah berlama-lama dalam menyetrika pakaian, sebaiknya Anda sediakan tempat khusus   menyetrika pakaian Anda. Sebaiknya sediakan meja berukuran sedang sebagai tempat untuk setrika pakaian. Anda bisa memakai meja tinggi sehingga Anda   menyetrika sambil duduk di kursi ataupun meja rendah kalau Anda merasa nyaman menyetrika sambil duduk di lantai.

Selanjutnya siapkan peralatan lengkap untuk menyetrika dan taruh di dekat meja setrikaan agar Anda tidak bolak-balik mengambil peralatan tersebut.

Peralatan menyetrika baju yang harus disiapkan:

  • Mesin setrika
  • Kain atau tatakan untuk baju saat disetrika
  • Pewangi pakaian
  • Gantungan baju/hanger

Untuk alat setrika yang Anda gunakan bisa setrika biasa atau setrika uap, karena fungsinya sama yaitu membuat mulus baju saat di setrika.

Untuk tatakkan kain, sebaiknya gunakan kain yang memang memiliki fungsi sebagai alas untuk setrikaan Anda. Namun jika tidak ada Anda bisa menggunakan tumpukkan kain sebanyak 3 lapis sebagai tatakkan untuk baju saat menyetrika.

setrika 2 FILEminimizer

Mulailah menyetrika sesuai dengan pakaian yang telah dipisahkan

Dalam pengaturan di setrika ada 3 macam, yakni suhu rendah, sedang dan tinggi. Sebaiknya cara setrika baju   Anda mulai seraya suhu terendah terlebih dahulu untuk menyetrika pakaian berbahan polyester, nilon dan akrilik.

Sesudah pakaian berbahan diatas selesai, Anda dapat menaikkan suhu sedang selama menyetrika pakaian berbahan katun, campuran wol maupun polyester katun. Jika telah beres, barulah Anda menyetrika pakaian tebal berbahan paper atau yang 100% katun.

Menggunakan suhu pada setrika sangatlah     menjaga baju gum tetap awet dan tidak mudah rusak. Kalau Anda menyetrika pakaian berbahan nilon dengan suhu panas, pakaian tersebut malah akan cepat rusak.

Mengenal teknik menyetrika berbagai macam model pakaian

Menyetrika pakaian membutuhkan teknik tertentu agar rapi namun praktis. Beberapa teknik yang   Anda coba diantaranya:

  • Menyetrika Kemeja

Ada teknik tertentu medium kemeja terlihat rapi   di setrika. Yang pertama ialah setrika kerahnya terlebih dahulu. Anda mengawali menyetrika bagian tengah kerah menuju ke pinggiran baju. Gosok kerah baju ke kiri dan ke kanan   terlihat rapi dan kusutnya lenyap.

Selanjutnya Anda bisa menyetrika   tengah baju mulai dari pundak sampai ke bawah. Agar hasilnya bagus, ulangi pada sisi baliknya agar kusutnya benar-benar.

Untuk komponen lengan, silahkan gosok baju mulai dari pundak kemudian turun ke bawah sampai pergelangan tangan. Medium kemeja Anda tidak kusut   disetrika, sebaiknya langsung gunakan gantungan baju dan simpan di gantungan lemari.

  • Menyetrika Celana

Cara setrika celana sebenarnya lebih mudah ketimbang menyetrika baju. Hal pertama yang perlu Anda lakukan ialah menggosok kantongnya terlebih dahulu sesudah dibalikkan kantong komponen dalam keluar.

Selanjutnya Anda dapat menyetrika pada bagian pinggang. Untuk komponen yang satu ini, Anda tidak perlu menggosoknya, cukup tekan saja setrika kurang lebih beberapa detik. Setelah terlihat rapi, barulah Anda setrika bagian paha hingga ke bawah.

Anda tidak perlu menggosok, karena malah akan meninggalkan bekas setrikaan. Lebih baik tekan setrika pada celana dan tahan dalam beberapa detik hingga lipatannya hilang. Saat Anda ingin membentuk lipatan, Anda dapat menggosokkan ujung setrika untuk membentuk garis lipatan di celana.

  • Menyetrika Kaos

Menyetrika kaos lebih mudah daripada menyetrika kemeja maupun celana. Anda bisa menyetrika bagian lengan terlebih dahulu. Setelah rapi baik   depan dan belakang, Selanjutnya Anda bisa menyetrika komponen depan kaos terlebih dahulu.

Kalau ada sablonnya, sebaiknya hindari dan tidak perlu di setrika. Rapikan saja dengan tangan jika ada kerutan. Jika bagian depan selesai, Anda bisa menlanjutkan menyetrika bagian belakang.

Lipat kaos yang   terlihat rapi. Kalau lemari Anda tersedia ruang untuk menggantung baju, akan lebih baik   digantung saja.

Itulah cara setrika baju medium tetap rapi dan enak untuk dikenakan. Menyetrika memang tugas yang membosankan, namun untuk penampilan Anda lebih baik gunakan baju yang dalam kondisi rapi dan wangi.