semut

Picture by: https://www.pertanianku.com/

Bagi kamu yang suka bercocok tanam, tentunya pernah melihat ada kerumunan semut pada tangkai tanaman atau bunga yang kamu tanam, bukan? Nah, apakah semut-semut itu berbahaya ataukah sebaliknya? Menurut penelitian, ternyata dengan adanya semut menjadi tanda bahwa tanaman atau bunga tersebut sedang dalam bahaya.

Ya, memang semut-semut ini sedikit banyak memiliki peran penting dalam kegemburan tanah yang dibutuhkan tanaman, akan tetapi jika sudah sampai bersarang di sekitar tanaman, maka beda lagi kasusnya. Ketika semut mulai bersarang di sekitar tanaman, terutama di daerah bawah akar, maka akan semakin lama akan membuat pelonggaran tanah. Saat jalan semut itu semakin melebar  akhirnya ujung akar dan tanah tidak lagi terhubung. Hal tersebut membuat substrat atau sumber makanan terputus dan tanaman menjadi layu walaupun kamu sering memupuk dan menyiraminya.

Hanya saja, untuk membasmi atau sekadar menyingkirkan semut-semut itu bukan perkara mudah. Selain mereka gesit, semut-semut ini selalu memiliki jalan untuk kembali bersarang di sekitaran tanaman.

Lantas bagaimana cara menghalaunya? Caranya adalah kamu dapat mengikuti beberapa tips di bawah ini.

Baking Soda

Baking powder tidak lagi hanya berfungsi sebagai salah satu bahan untuk membuat kue. Bubuk putih ini juga dapat dipakai untuk menyingkirkan semut-semut yang mengganggu. Ada 2 pemikiran mengenai penggunaan baking soda ini untuk melawan semut. Satu adalah ketika kamu menaburkan soda kue ini dan mencampurinya sedikit dengan gula, maka semut-semut itu akan mengonsumsinya. Setelah dimakan, maka semut-semut itu akan mati.

Pendapat kedua adalah soda kue dapat meningkatkan nilai pH substrat dalam tanah. Beberapa tanaman dalam pot membutuhkan tanah yang asam yang sangat tidak menyenangkan bagi serangga termasuk semut. Dengan menaburkan soda kue tersebut, maka semut-semut akan menyingkir dengan sendirinya.

Kayu Manis

Kayu manis sangat efektif melawan semut. Kamu bisa mencoba menaburkan pinggiran kayu manis langsung ke tanah. Bubuk kayu manis biasanya tidak merusak tanaman.

Cuka atau Lemon

Seperti halnya baking soda, cuka dan lemon dapat membuat tingkat asam tanah meningkat. Dengan menggunakan salah satu atau keduanya maka semut akan mundur dengan cepat. Carana adalah kamu dapat merendam kain dalam larutan cuka atau lemon yang kemudian letakkan di atas tanag sebagai cover. Perlu diingat bahwa jangan sekali-kali menyiramkan air rendaman atau larutan cuka tersebut ke tanah karena akar tanaman dapat mati.

semut 2

Picture by: https://www.teras.id/

Minyak Esensial

Minyak esensial juga dapat mengusir semut. Minyak esensial ini seperti minyak jeruk, minyak pohon teh, daun salam, cengkeh, atau mint. Lavender juga cukup andal. Hanya saja, dalam penggunaannya, jangan langsung menyiram atau menyemprotkan ke tanaman. Kamu hanya perlu sedikit menyemprotkan ke beberapa bagian tanah di sekitar tanaman saja untuk membuat semut-semut tidak menggali sarangnya di tempat itu.

Air 

Langkah terakhir adalah dengan menggunakan air. Hanya saja dalam cara ini, hanya dapat dilakukan jika tanamanmu ini ada di dalam pot. Caranya adalah dengan menuangkan air di atas wadah tertentu yang nantinya akan dijadikan alas untuk pot berisi tanaman tersebut. Cara ini dianggap paling efektif dan tidak akan membuat tanaman menjadi terkena imbasnya.