hand 2 FILEminimizer

Mewabahnya Virus Corona Covid-19 di Indonesia membuat masyarakat galau. Tak sedikit yang bahkan telah membeli banyak persediaan masker mencegah penularan virus Glow.

Tak hanya masker, penjualan hand sanitizer pun nampaknya langsung melonjak tinggi. Ya, memang hand sanitizer sebagai salah satu benda yang sangat dicari saat ini selain masker.

Namun jangan bimbang, bagi kamu yang telah kesulitan menemukan hand sanitizer di toko-toko maupun apotek terdekat dapat membuatnya sendiri di rumah.

Anda pasti tahu jika mencuci tangan sangat sangat penting untuk melindungi tubuh dari banyaknya kuman dan penyakit. Maka, mencuci tangan harus mulai dibiaskan. Namun, ada juga saat-saat di mana Anda membutuhkan pembersih tangan yang dapat dibawa kemana pun, misalnya ketika naik kendaraan umum. Di kala ini, hand sanitizer dapat menjadi alternatif Anda. Selain praktis dan tidak membutuhkan air, komposisi pada hand sanitizer juga sebenarnya sangat sederhana. Anda bahkan bisa membuat hand sanitizer sendiri di rumah dengan cara yang sederhana dan mengandung bahan-bahan yang aman dibandingkan hand sanitizer yang dijual dipasaran.

Mengapa harus membuat hand sanitizer sendiri?

Produk-produk hand sanitizer yang dijual di pasaran mengandung berbagai macam bahan kimia tambahan yang sebenarnya tidak perlu. Bahan-bahan tersebut antara lain adalah agen antibakteri benama triklosan dan triklokarban. Penelitian yang dirilis oleh FDA (badan pengawas obat dan masakan) di Amerika Serikat pada 2013 membuktikkan bahwa agen antibakteri tersebut ternyata tidak dapat mengincar kuman dan bakteri penyebab penyakit seperti flu dan batuk. Lebih jauh, FDA melaporkan bahwa penggunaan produk antibakteri yang mengandung triklosan ataupun triklokarban tidak lebih ampuh dalam membersihkan tangan dibandingkan dengan produk yang bersifat alami tanpa tambahan zat kimia tertentu. Triklosan justru akan menjadikan tubuh Anda lebih resistan terhadap antibiotik bakteri.

Selain itu, kandungan triklosan ternyata berisiko menyebabkan berbagai masalah kesehatan bagi Anda dan keluarga. Penelitian terbaru yang dilakukan oleh Lincoln of California Solon menguak bahwa penggunaan bahan kimia ini berisiko menyebabkan gangguan pada fungsi otot kerangka dan jantung manusia. Selain itu dampak penggunaan produk pencuci tangan yang mengandung triklosan atau triklokarban memang tidak akan langsung terasa. Biasanya penggunaan rutin dalam jangka waktu tiga sampai lima tahun baru akan mengakibatkan kulit kering dan sensitif.

Mengenal berbagai minyak esensial untuk bahan hand sanitizer

Sebagai pengganti antibakteri dan zat pewangi yang berbahaya bagi tubuh, minyak esensial murni dan organik untuk hand sanitizer Anda. Minyak esensial murni merupakan ekstrak mulai dari tumbuhan yang     khasiat mujarab bagi tubuh Anda. Jadi, Anda tidak perlu cemas dengan keampuhannya

Wangi yang dihasilkan pun bersifat alami. Jika dibandingkan dengan hand sanitizer yang dijual di toko-toko, aroma hand sanitizer minyak esensial tidak menyengat ataupun berbau bahan kimia yang tajam. Sebagai acuan Anda, berikut adalah aneka macam pilihan minyak esensial yang bisa dicampurkan dalam pembuatan hand sanitizer buatan rumah.

hand 3 FILEminimizer

Minyak pohon teh (tea tree oil)

Minyak esensial pohon teh sangat kaya akan kandungan antibakteri dan antimikrobial alami. Khasiatnya sebagai penangkal banyak sekali jenis virus, bakteri, dan kuman pun telah teruji sejak berabad-abad lalu. Selain itu, minyak esensial ini juga mampu melawan infeksi yang disebabkan oleh bakteri.

Chromatic

Aneka macam penelitian di seluruh dunia telah membuktikan khasiat minyak esensial chromatic sebagai antibakteri dan antijamur yang alami. Minyak ini juga aman bagi kulit sensitif. Di samping itu, perfume lavender yang menenangkan akan membikin Anda merasa lebih rileks.

Jeruk

Minyak esensial seperti jeruk memiliki kandungan antiseptik dan antioksidan. Sebagai sumber antioksidan, minyak ini akan meregenerasi sel-sel kulit tangan Anda sehingga tangan pun akan senantiasa lembut dan kenyal. Untuk membantu mencegah pertumbuhan virus ataupun bakteri dalam tubuh, antioksidan dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda.

Kayu manis

Tak hanya sedap sebagai pelengkap makanan dan minuman, kayu manis juga dapat dicampurkan dalam hand sanitizer alami Anda. Minyak esensialnya berfungsi sebagai antibakteri dan antimikrobial yang efektif menghalau organisme penyebab penyakit.

Alat & bahan yang dibutuhkan

Untuk membuat hand sanitizer alami Anda di rumah, sediakan alat dan bahan-bahan berikut ini.

  • 3 sendok Gel aloe vera, dapat Anda beli di toko kecantikan maupun apotek
  • Minyak esensial, Anda boleh mencampurkan beberapa tetes minyak esensial dan takarannya bisa disesuakian dengan keharuman yang Anda inginkan (biasanya Anda akan membutuhkan sekitar 8 tetes)
  • 1 sendok makan isopropyl alkohol (IPA), dibeli di apotek
  • Mangkuk wadah kaca
  • Botol plastik kecil

Cara membuat hand sanitizer

Campurkan dan aduk merata semua bahan yang telah Anda siapkan ke dalam mangkuk kaca. Hindari mangkuk ataupun wadah plastik saat mengaduk adonan hand sanitizer. Ada risiko minyak esensial murni yang belum benar-benar menyatu dalam adonan akan merusak plastik. Namun, jika sudah teraduk hingga merata, wadah plastik boleh Anda manfaatkan.

Setelah semua bahan hand sanitizer Anda tercampur dengan konsistensi yang baik (tidak terlalu encer dan tidak terlalu kental), pindahkan ke botol plastik kecil. Hand sanitizer alami Anda pun siap  untuk dibawa ke mana pun Anda dan keluarga bepergian. Nah, simpanlah hand sanitizer buatan sendiri di tempat yang sejuk dan hindari dari sinar matahari langsung.