kangker payudara

Dengan hanya membaca atau mendengar kata-kata “KANKER PAYUDARA” itu bisa membuat banyak wanita khawatir dan merasa merinding. Itu adalah sesuatu kekawatiran yang wajar.

Setiap orang pasti tahu dampak yang akan di timbulkan apabila sesorang terjangkit penyakit ini.

Di luaran sana banyak sekali tersiar tentang kabar baik mengenai kanker payudara ini. Dengan Perawatan secara terus menerus dengan intensif bisa menjadikan lebih baik, dan banyak sekali layanan media yang memberikan tips tentang bagaimana cara-cara untuk mencegah dan mengantisipasi penyakit ini. Beberapa cara sederhana dibawah bisa membantu menurunkan risiko kanker payudara. Tips ini berlaku bagi siapa saja tanpa terkecuali, mari kita bersama-sama berjuang untuk bisa terhindar dari penyakit ini.

1. Lakukan Olahraga secara teratur

Dengan melakukan olah raga yang rutin adalah sebuah kunci untuk mendapatkan kesehatan tubuh yang prima. Setidaknya lakukan olahraga minimal 30 menit sehari bisa mengurangi resiko terkena kanker payudara. Karena dengan olahraga yang teratur merupakan salah satu cara terbaik untuk membantu menjaga berat badan dan menjadikan badan selalu fit dan sehat.

2. Selalu cek berat badan secara berkala

Banyak orang menganggap remeh masalah berat badan, tetapi untuk mempertahankan berat badan yang sehat dan ideal adalah sebuah tujuan penting bagi tiap-tiap orang. Karena dengan kelebihan berat badan dapat meningkatkan risiko penyakit kangker, juga termasuk kangker payudara, terutama bagi lanjut usia setelah masa-masa menopause.

3. Rutin Mengkonsumsi Buah & Sayuran

Dengan diet yang sehat dapat membantu menurunkan risiko terserang kanker payudara. Selalu cobalah untuk makan banyak buah-buahan dan sayuran.

4. Hindari Merokok

Baik Perokok aktif dan ataupun perokok pasif akan tahu betapa tidak sehatnya asap rokok bagi kesehatan mereka. Selain bisa menurunkan kualitas kesehatan hidup dan akan meningkatkan risiko terserang penyakit jantung, stroke, dan setidaknya termasuk kanker payudara. Disamping itu juga dengan pengguna rokok secara aktif akan menyebabkan bau mulut kurang enak, kesehatan gigi juga jadi terganggu, dan akan mengalami kerusakan. Inilah sebuah motivasi bagi kita untuk tetap bisa bebas rokok dan bagi yang tidak merokok bisa terhindar dari asap rokok.

5. Bagi ibu yang mampu, berikan asi untuk bayinya

Seorang ibu yang menyusui bayi nya selama satu tahun atau lebih dapat menurunkan risiko terkena kanker payudara. Hal ini juga dapat memiliki manfaat kesehatan yang bagus bagi asupan gizi sang anak.

6. Hindari minuman ber-alkohol

mengkonsumsi alcohol, baik pada tingkatan sedang atau sedikit, walaupun hanya minum sehari atau kurang. Bahkan apabila mengkonsumsi alkohol pada tingkatan tertentu dapat meningkatkan risiko kangker payudara.  Apabila Anda tidak pernah menyentuh minum ini, jangan pernah sekali kali mencoba untuk mencobanya walau itu hanya setetes. Karena apabila berawal dari hanya mencoba-coba, kemungkinan akan sulit bagi anda untuk berhenti dari kecanduan. Apabila anda saat ini sudah pecandu alcohol untuk mulai mengurangi sedikit demi sedikit atau kalo memang perlu anda bisa berhenti mengkonsumsi alcohol secara total.

7. Hindari pemakaian Pil KB

Keberadaan Pil KB yang beredar saat ini memiliki manfaat dan risiko bagi kesehatan. Sebab Semakin muda seorang wanita, akan semakin mudah berdampak risikonya. Sementara wanita yang tidak mengkonsumsi pil KB, mereka akan memiliki sedikit sekali risiko terkena kangker payudara. Semua risiko ini berkurang dengan cepat, ketika mereka berhenti mengkonsumsi pil KB. Terserang risiko stroke dan serangan jantung juga meningkat manakala seseorang mengkonsumsi pil ini. Tetapi pil KB juga dapat memiliki manfaat penting, seperti menurunkan risiko kanker ovarium, kanker usus besar dan kanker rahim  belum lagi kehamilan yang tidak diinginkan, jadi ada banyak manfaatnya mengkonsumsi Pil KB. Tapi apabila Anda sangat khawatir tentang resiko kanker payudara, cobalah untuk menghindari pil KB dan ini adalah salah satu pilihan terbaik untuk mengurangi risiko.

 

Kangker payudara 02

Sebagai catatan lihat sejarah keluarga Anda, apakah ada yang memiliki riwayat kanker payudara?

Karena wanita yang mempunyai riwayat kangker dalam keluarga harus mengambil langkah-langkah khusus untuk lebih aktif dalam melindungi diri mereka sejak dini. Sehingga menjadi hal penting bagi wanita untuk mengetahui riwayat keluarga mereka sejak dini. Anda mungkin akan lebih berisiko tinggi terkena kanker payudara apabila Anda memiliki orang tua atau saudara perempuan yang memiliki kanker payudara atau apabila anda memiliki beberapa anggota keluarga tidak terkecuali laki-laki yang terjangkit kanker payudara, ovarium atau kanker prostat.