rambut 3 FILEminimizer

Mempunyai rambut sehat dan berkilau adalah mimpi dari setiap kaum hawa. Selain memiliki rambut yang indah, tentunya kulit kepala yang sehat akan terhindar dari berbagai masalah rambut contohnya ketombe. Itu sebabnya, Anda perlu tahu bagaimana cara menjaga kesehatan rambut agar tetap indah dan berkilau sepanjang hari.

Merawat rambut sehat dan berkilau tidaklah selalu dengan perawatan salon yang mahal, bisa juga menggunakan bahan-bahan alami dari alam yang memang memiliki kemampuan dan khasiat untuk menyehatkan rambut. Asalkan Anda rutin untuk melakukan perawatan rambut tersebut.

Sesekali diantara Anda yang membaca artikel ini mungkin pernah berkhayal tentang keindahan rambut sendiri dan membandingkan rambut Anda dengan iklan di televisi, pernahkah terbesit di pikiran bahwa Anda ingin juga memiliki rambut seindah dan berkilau seperti iklan di TV.

Nah berikut ini beberapa cara untuk memastikan rambut Anda sehat atau tidak.

  • Memastikan rambut kondisi rambut bercabang atau tidak dengan melihat pada ujung rambut bercabang atau tidak. Jika sebagian rambut terlihat bercabang maka rambut Anda bisa dikatakan rusak.
  • Mengambil satu helai rambut dan memasukkannya ke dalam air. Hal ini adalah salahsatu cara memastikan rambut Anda sehat atau tidak, dimana jika rambut sehat pasti akan mengambang pada air. Namun jika rambut yang kering dan berpori-pori diletakkan di air pasti akan tenggelam.
  • Rambut terasa lembut saat dipegang menandakan rambut sehat. Jika rambut kasar saat dipegang dan rontok, berarti rambut Anda menunjukkan tanda-tanda kerusakan.
  • Rambut yang terlihat berkilau dan gampang diatur merupakan salah satu ciri rambut sehat.

Bila merasa rambut Anda baik-baik saja, cobalah melakukan beberapa cara di bawah ini untuk mempertahankan kesehatan rambut Anda.  Namun jika rambut Anda telah menunjukkan tanda-tanda kerusakkan dan bingung bagaiaman memulai perawatannya, Anda bisa berkonsultasi dengan pakar kecantikan rambut untuk mendapatkan perawatan ekstra dari rambut Anda.

Kesehatan rambut tidak kalah pentingnya seperti kesehatan tubuh Anda. Tentu Anda bisa membayangkan bagaimana kesalnya saat rambut terlihat kusam dan sulit diatur, selain itu Anda menjadi tidak percaya diri saat berkumpul.

Menurut America Academy of Dermatology, langkah pertama untuk mempertahankan kesehatan rambut yaitu dengan memperhatikan cara keramas dan penggunaan produk sampo. Jika dua hal ini diperhatikan maka rambut Anda akan terawat dan berkilau.

Rutin keramas bagi rambut berminyak

Seberapa sering Anda mencuci rambut sebenarnya bisa dilihat berdasarkan seberapa banyak minyak yang dihasilkan oleh kepala Anda. Kulit kepala berminyak sangat dianjurkan untuk mencuci rambut sehari sekali. Namun sebaliknya untuk rambut yang terlihat kering direkomendasikan untuk lebih jarang keramas.

Nah, perlu Anda ketahui seoring bertambahnya usia kulit kepala akan menghasilkan minyak yang lebih sedikit sehingga Anda tidak perlu rutin keramas dengan sampo setiap hari. Jika Anda memiliki ketombeitu berarti Anda kurang dalam melakukan perawatan rambut seperti keramas menggunakan sampo dan kurang membilasnya sampai bersih. Akan tetapi bagi Anda yang memiliki rambut normal, mungkin mencuci rambut satu sampai dua kali seminggu tidak akan menjadi masalah.

rambut 2 FILEminimizer

Membersihkan kulit kepala dengan sampo

Seperti yang sudah dijelaskan pada bagian diatas untuk perawatan rambut sangat diwajibkan membersihkan rambut secara rutin dengan keramas menggunakan sampo. Usahakan untuk menggosok dengan lembut kulit kepala Anda agar terhindar dari ketombe rambut.

Memakai kondisioner sampo setelah keramas

Menggunakan sampo dan membilasnya hingga bersih merupakan langkah awal perawatan rambut. Setelahnya jangan lupa untuk menggunakan kondisioner rambut, supaya rambut terlihat bersih dan lembut. Kondisioner rambut memiliki keuntungan yang dapat memperbaiki rambut rusak akibat sengatan matahari, memperkuat akar rambut, dan melindungi rambut mulai dari sinar UV.

Cara pemakaian kondisioner tidak sama dengan sampo, pada kondisioner rambut Anda cukuo mengoleskannya pada permukaan rambut tidak perlu sampai ke kulit kepala. Hal tersebut untuk menghindari rambut terlihat kusut dan kering. Akan tapi, cara ini tidak berlaku bila Anda menggunakan sampo yang sudah termasuk dengan kondisioner.

Memilih sampo dan kondisioner berdasarkan tipe rambut

Salah satu cara efektif untuk mempertahankan kesehatan rambut artinya memilih sampo dan kondisioner berdasarkan kondisi rambut. Nah, Anda tidak perlu resah, ini dia beberapa tips memilih sampo.

  • Rambut berminyak

Bagi Anda yang memiliki rambut berminyak, dianjurkan untuk memilih sampo yang mengandung asam salisilat yang memiliki fungsi membersihkan sisa minyak yang ada di kulit kepala dan rambut.

  • Rambut normal

Para pemilik rambut normal mungkin menghindari penggunaan sampo yang memiliki kandungan bahan seperti silicon. Namun apabila pada sampo Alternatif yang Anda pilih memiliki kandungan polimer, tetaplah untuk menggunakannya, karena bahan polimer adalah salahsatu cara yang tepat untuk menjaga kesehatan rambut. Polimer pada sampo berfungsi memperbaiki keadaan rambut yang rusak akibat terlalu sering keramas maupun memakai pewarna rambut.

  • Rambut keriting

Rambut keriting biasanya sulit diatur dan kusut. Oleh karena itu, cobalah memilih sampo yang sudah termasuk dengan kondisioner yang mengandung kelembapan tinggi.

  • Rambut rusak dan kering

Bila rambut Anda rusak parah dan kering, pilihlah sampo yang mampu melembutkan. Ini akan akan membuat rambut Anda Nampak halus dan lembut.

Melindungi rambut ketika berenang

Saat melakukan aktifitas sperti oleharaga berenang usahakan untuk menggunakan penutup rambut Anda dengan penutup kepala agar efek bau kaporit dari kolam renang berkurang. Beberapa kolam renang yang mungkin Anda pernah jumpai umumnya mengandung bubuj kaporit agar air kolam tetap bersih.  Akan tetapi, kaporit d apat menyebabkan rambut menjadi mudah rusak dengan terlihat cepat kering dan kusam saat selesai berenang.. Oleh karena itu, menggunakan topi renang yang ketat dan memakai sampo serta kondisioner setelah berenang dianjurkan untuk mengganti kelembapan yang hilang.