Cara Memfoto Memakai Kamera HP

Picture by : https://busites-www.s3.amazonaws.com

Banyak orang beranggapan bahwa hobi fotografi adalah hobi yang mahal, padahal tentu saja pemikiran ini tidak benar. Sekarang untuk mendapatkan gambar yang cantik dengan tampilan portofolio layaknya hasil jepretan fotografer professional tak melulu memerlukan kamera SLR, DLSR maupun Mirrorless lho.

Smartphone kini bisa dijadikan salah satu alat fotografi yang dapat menghasilkan gambar bak menggunakan kamera pro. Tentu saja semua ini tetap dibutuhkan skill dasar, yaitu kemampuan melihat momen dengan pencahayaan yang memadai dan trik yang mumpuni.

Berikut ada beberapa cara yang wajib kamu ketahui untuk menghasilkan foto yang bagus dengan menggunakan kamera smartphone.

Sering Mempelajari Tools yang Tersedia

Hal pertama yang wajib kamu lakukan dalam memperlajari Teknik fotografi adalah menguasai semua tools yang telah disediakan oleh perangkat. Baik perangkat kamera professional maupun kamera smartphone.

Banyak sekali orang malas untuk mengutak atik semua tools yang ada diperangkat. Sehingga untuk mendapatkan harus foto yang menarik pelajari cara mengatur cahaya, mempermainkan zoom dan feature lainnya yang ada pada perangkat kamera smartphone kamu.

Pastikan Memperhatikan Komposisi

Hasil foto yang bagus pastinya didukung dengan komposisi yang tepat juga. Oleh karena itu, kamu perlu melatih insting dan intuisi untuk menepatkan dan memilih komposisi yang pas dalam sebuah frame fotografi.

Selain itu melakukan skill cropping juga diperlukan untuk menghasilkan gambar yang professional. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan foto yang lebih hidup.

Hindari Penggunaan Flash dan Berlatih Teknik Pencahayaan

Penggunanan flash ini biasanya tidak akan menghasilkan foto yang natural. Sisi estetika gelap dan terang dalam sebuah gambar akan hilang begitu saja jika kamu menggunakan flash. Sehingga kamu diwajibkan untuk mempelajari teknik pencahayaan.

Jangan sampai memotret dengan membelakangi cahaya atau biasa disebut dengan backlight. Pengambilan foto dengan cahaya yang kurang juga akan mengakibatkan kualitas gambar terganggu. Untuk menghindari penggunaan flash pada malam hari kamu juga bisa mengambil cahaya secara alami dari kendaraan bermotor yang lewat, lampu jalan bahkan neon box.

Cara Memfoto Menggunakan Kamera HP

Picture by : https://images.squarespace-cdn.com

Pelajari Memotret Objek dari Dekat

Feature zoom pada kamera smarthphone biasanya tidak akan menghasilkan hasil gambar yang mulus, hal ini dikarenakan pada kebanyakan smartphone tidak memiliki optical zoom. Sehingga akan membuat kualitas foto menurun.

Sehingga dalam penggunaan kamera smartphone untuk mendapatkan hasil foto bokeh ada baiknya kamu mempejari ilmu memotret objek dari dekat dengan cara mengambil titik fokus pada sisi objek yang ingin kamu tonjolkan.

Mempelajari segala sesuatu memang memiliki tantangan tersendiri, jangan sampai terkalahkan dengan rasa putus asa dan enggan mencobanya kembali. Fotografi merupakan salah satu hobi yang menyenangkan, tapi untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal praktekkan semua cara yang telah disebutkan di atas ya.