Ikebana

Picture by: https://www.redballoon.com.au/

Saat rasa jenuh melanda, tenggelam dalam hobi yang disukai memang jadi pilihan terbaik. Salah satu hobi yang wajib banget kamu coba adalah ikebana alias seni merangkai bunga khas Negeri Sakura, Jepang. Berbeda dengan merangkai bunga biasa, ikebana umumnya mengedepankan keseimbangan dan keindahan yang natural. Untuk memulainya kamu bisa mencoba ikebana yang sederhana dengan langkah-langkah berikut ini:

Langkah 1

Pertama-tama, isilah vas dengan air bersih sampai sepertiga dari tingginya. Jenis dan ukuran vas sesuai selera masing-masing. Air tersebut berfungsi untuk membuat bunga agar lebih segar dan tahan lama.

Langkah 2

Komposisi yang dapat kamu gunakan adalah off center dengan bukaan lebar. Dalam artian, mulailah dengan memasukkan bunga sebagai penjepit dengan posisi tidak tepat tengah. Pilih bunga yang memiliki batang kuat.

Langkah 3

Mulai isi vas dengan beberapa batang bunga lain di depan penjepit, tapi tetap pertahankan kesan minimalis Jepang-nya.

Langkah 4

Langkah selanjutnya adalah memilih bunga utama yang akan ditonjolkan sebagai point of view-nya. Pilih yang memiliki batang panjang. Apabila bunga tersebut memiliki banyak daun, pangkas sekitar 70 persen. Kemudian potong bagian pangkal bunga tersebut sekitar 1 cm dengan sudut tajam. Fungsinya agar bunga dapat menyerap air dengan baik dan tidak mudah layu.

Langkah 5

Setelah penjepit, bunga pelengkap dan bunga utama, sekarang waktunya untuk menambahkan pemanis lain, seperti ranting, sulur rumput sampai dengan bunga lain dengan ukuran batang yang lebih tipis. Usahakan juga apabila ingin menambahkan bunga lain, cari yang warnanya kontras dengan warna bunga utama.

Langkah 6

Apabila semua sudah dimasukkan, maka langkah selanjutnya adalah melakukan evaluasi. Dalam konsep ikebana, ramping dan minimalis adalah yang diutamakan daripada tampilan yang terlalu padat dan gemuk. Maka lihat, kemudian kurangi yang sekiranya tidak perlu. Selain itu, usahakan rangkaian bunga nampak 

Langkah 7

Ketika penataan bunga di dalam vas sudah selesai dilakukan, maka selanjutnya kamu harus mencari tempat yang tepat untuk meletakkannya. Dalam konsep ikebana, vas berisi tatanan bunga tersebut tidak boleh diletakkan di sembarang tempat. Semua harus ditata dan diletakkan dengan rapi. Sudut atau ceruk ruangan dapat kamu gunakan sebagai tempat meletakkan tatanan bunga tersebut dan tambahkan alas berukuran kecil sebagai aksesorisnya.

Dikarenakan ketahanan setiap bunga berbeda-beda, maka periksa setiap harinya. Apabila ada bunga yang mulai mengerut dan layu, segera ganti dengan yang baru. Janga lupa juga menyemprotnya dengan air seperti halnya kamu menyirami tanaman di luar ruangan.