Manfaat Hobi Memelihara Kucing

Picture by : https://image.freepik.com

Tahukah kamu bahwa kucing adalah salah satu hewan yang paling banyak dipelihara di Indonesia? Hal ini dikarenakan kucing memiliki bulu yang cantik, mata yang imut dan berbinar, ukuran yang mini sehingga enak dipeluk atapun digendong dan terakhir kucing juga memiliki wajah imut sehingga membuat semua orang yang melihat akan jatuh hati. 

Apakah kamu salah satu orang yang hobi memelihara kucing atau hanya senang melihat wajahnya yang imut? Jika iya, yuk ketahui manfaat yang bisa kamu dapatkan dari hobi yang satu ini. 

Kucing Bisa Dijadikan Sahabat yang Good Listener

Banyak sekali kabar yang mengatakan bahwa anjing merupakan hewan peliharaan yang paling sayang dengan pemiliknya, tapi hal itu bukan semata-mata bahwa kucing juga tidak sayang dengan pemiliknya lho. Kucing juga bisa kamu jadikan sahabat berkeluh kesah, hal ini dikarenakan kucing merupakan hewan pendengar yang baik. 

Kucing bisa memahami gerak-gerik tubuhmu dan perasaan yang sedang kamu alami. Dia akan terus menemanimu seharian dan bersikap manja memasang wajah yang menggemaskan untuk menghiburmu dikala kamu sedang sedih.

Menurunkan Kadar Stres

Ketika kamu memelihara kucing, maka kamu sedikit banyak akan menghabiskan waktu bersamanya setiap hari. Memiliki waktu bermain dengan anak bulu yang menggemaskan ini ternyata dapat menurunkan kadar stress lho.

Hal ini dikarenakan ketika kamu bermain dengan peliharaan berbulu ini otak akan melepaskan hormone yang disebut oksitosin. Hormon oksitosin dianggap dapat membantu memberikan rasa tenang sehingga stress yang kamu alami lama-kelamaan tergerus dengan rasa tenang yang diberikan. 

Memiliki Hobi Memelihara Kucing

Picture by : https://static.fabfitfun.com

Mengurangi Resiko Hipertensi, Depresi dan Diabetes

Ketiga penyakit ini bertitik awal pada tingkat stress yang tinggi. Tingkat stress yang tinggi ini akan menyerang kondisi psiokologis dan fisiologis. Jadi sesuai dengan penjelasan di atas, ketika kamu bermain dan menghabiskan waktu dengan hewan peliharaan maka otak akan melepaskan hormon oksitosin atau hormon OT ini. 

Fungsi hormon oksitosin ini dianggap memiliki kinerja yang hampir sama dengan endorphin. Yaitu hormon yang diproduksi untuk menambahkan sistem imun, sehingga memberikan pertahanan yang baik untuk penstimulus.

Selain itu kamu tidak akan pernah merasa kesepian ketika menjadikan kucing sebagai hewan peliharaan. Anak bulu satu ini juga dapat menghindarkan rumah kamu dari tikus lho, hal ini dikarenakan kucing suka bermain-main dengan tikus walaupun tidak menjadikannya sebagai makanan. 

Tapi ingat ya! Ketika kamu berkomitmen untuk memelihara jangan lupa untuk merawatnya dengan sepenuh hati!