daun rambutan FILEminimizer

Buah rambutan merupakan buah yang khas dari Indonesia, rata-rata dimusim buah rambutan akan banyak dijumpai pedagang kaki lima menjual buah rambutan. Banyak jenis dan macamnya dari buah rambutan ini dan pastinya Anda salah satu penyuka buah keriting ini.

Buahnya yang berbentu bukat dan memiliki bulu-bulu halus seperti rambut yang membuatnya disebut buah rambutan. Nah kalau rasanya Anda tentunya sudah tahu manis dan memiliki banyak kandungan air. Tetapi kali ini yang akan dibahas bukanlah vitamin daripada buah rambutan tetapi kandungan dan manfaat dari daun buah rambutan.

Daun rambutan memiliki khasiat untuk kesuburan rambut, terutama mengatasai rambut beruban bagi Anda yang berusia lanjut. Perlu Anda ketahui daun rambutan memiliki kandungan senyawa natural, sebagai saponin, phenol, polifenol, dan senyawa lainnya. Maka dengan banyakanya jenis kandungan zat alami di dalam daun rambutan, dapat dimanfaatkan sebagai bahan alami untuk mencegah dan mengatasi rambut beruban ketika memasuki fase monopouse terutama bagi seorang wanita.

Ternyata daun rambutan sudah dimanfaatkan untuk mencegah rambut beruban dan sebagai penghitam alami untuk rambut. Selain itu manfaat lainnya adalah rambut terlihat lebih hitam pekat warnanya dan akar rambut menjadi kuat.

Penyebab dari tumbuhnya uban di rambut karena kurangnya asupan gizi, berganti-ganti produk perawatan rambut, adanya faktor genetik, dan tingkat stress yang tinggi. Dari penyebab-penyebab itu adalah pencetus uban yang membuat susunan rambut menjadi tidak sehat dan mulai rusak. Sehungga akan berpengaruh terhadap melanin ataupun pigmen rambut, lalu munculah uban pada rambut.

daun rambutan 2 FILEminimizer

Cara membuat dan menggunakan masker rambutan:

Siapkan beberapa helai daun rambutan dan bersihkan dengan air mengalir hingga bersih. Kemudian haluskan daun rambutan dengan cara ditumbuk atau diblender dan tambahkan sedikit air. Lakukan menyaring air daun rambutan yang sudah dihaluskan, hingga yang tersaring benar-benar hanya airnya tanpa ampas daunnya.

Tahap selanjutnya, Anda bisa memanfaatkan air daun rambutan tersebut untuk perawatan rambut. Oleskan air daun rambutan pada semua sisi rambut hingga merata keakarnya. Diamkan rambut hingga 30 menit – 1 jam. Setelahnya Anda bisa membilas rambut terlebih dulu dengan air dan baru mencuci bersih dengan shampo.

Sebaiknya lakukan perawatan ini secara rutin setiap 3 kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil manfaat pada rambut dari perawatan ini. Anda bisa memulai aktifitas ini misalnya sepulang kerja sebelum bersih-bersih, lakukan mengoleskan air daun rambutan ke bagian rambut dan selanjutnya di cuci bersih.