mie FILEminimizer

Selama Work From Home ternyata memberikan saya sebagai seorang ibu lebih banyak bereksperimen didapur untuk menghasilkan menu favorit keluarga salah satunya menggunakan Mie Instan dari brand Mie Sedaap Rasa Soto.

Jadi ceritanya keluarga suami dan anak ini sudah bosen jika maskan dadakan penambah nafsu makan yang saya buat adalah indomie rebus atau indomie goreng yang ditambahnsayur dan telur dadar. Jadi anak-anak sudah mulai protes untuk minta menu dalam sajian mie lebih kreatif. Sesekali mereka melihat video Youtube yang isinya yah seperti video masakan mie dibuat anek ragam menu yang variatif.

Sampai akhirnya munculah ide membuat mie dogdog jawa ini menggunakan sisa stok mie sedap rasa soto. Sangat mudah menurut saya bahan, bumbu dan cara membuatnya. Tetapi yang paling penting adalah hasilnya yang jadi favorit keluarga kecilku yaitu anak-anak dan suami.

Yuk kita mulai merangkum resepnya dan cara membuatnya.

Bahan yang disiapkan;

3 bungkus mie sedap rasa soto

5 buah otak-otak ikan

5 buah bakso sapi

5 batang sawi hijau

3 butir telur

2 buah tomat

700 ml air putih

Bumbu yang disiapkan:

5 buah bawang merah di iris halus

5 buah bawang putih di iris halus

2 buah cabai rawit merah

2 sendok minyak wijen

3 sdm kecap manis

1 sdm kecap asin

1 sdt lada

Bumbu penyedap: garam, gula, dan bubu kaldu

Cara membuatnya:

  • Buat telur dadar dari 3 butir telur dan tiriskan, yang kemudian bisa dipotong-potong menyerupai orak arik telur.
  • Iris bahan-bahan seperti bakso, otak-otak, tomat dan sayuran sawi
  • Siapkan wajan dan panaskan minyak untuk menumis bumbu. Kemudian tumis bawang merah, bawang putih dan cabe yang sudah di iris hingga kecokelatan.
  • Setelah bumbu yang ditumis kecokelatan masukan air putih dan biarkan hingga mendidih.
  • Saat air mendidih maka masukkan semua bumbu seperti, minyak wijen, kecap manis, kecap asin, bumbu mie sedap ras sotonya, dan bumbu penyedap. Lakukan tes rasa diawal.
  • Jika rasa kuah mie sudah enak dan sesuai dengan yang Anda mau, saatnya memasukkan mie sedap untuk direbus, otak-otak, bakso. Biarkan hingga mie agak setengah matang.
  • Selanjutnya saat mie setengah matang masukkan sayur sawi, tomat dan telur dadar. Biarkan mie matang tetapi jangan samapai lodroh karena akan menghilangkan cita rasa kuahnya.

Sajikan mie dodog jawa rasa mie sedap soto ini selagi hangat dengan acara timun, sambal jika kurang pedas, dan kerupuk udang. Dijamin keluarga akan senang dan menjadi menu favorit keluarga kecil Anda.