Cara Merawat Agar Anak Bulu Sehat

Picture by: https://a4.pbase.com

Menjadikan kucing sebagai hewan peliharaan merupakan salah satu hal yang bisa menghilangkan stress. Hal ini dikarenakan kucing memiliki sejuta tipu daya yang akan membuat kamu sebagai pemelihara selalu dibuat jatuh cinta kepadanya. 

Wajahnya yang imut dan bulunya yang lembut membuatmu tak ingin lepas dan selalu ingin berada di sampingnya. Tapi, semua hobi pasti memiliki pengorbanannya sendiri. Jika kamu memiliki hobi memelihara anak bulu satu ini kamu perlu mengetahui beberapa tips penting agar kucing kesayangan kamu memiliki tubuh yang gembul dan bulu yang sehat.

Berikan Makanan Secara Teratur 

Memberinya makanan secara teratur merupakan salah satu hal penting yang dibutuhkan untuk anak bulu. Hal ini dikarenakan kamu perlu membuatnya memiliki jam makan yang disiplin. Memiliki jam makan yang disiplin akan memberikan sistem pencernaan yang lancar.

Selain itu kamu juga perlu memperhatikan komposisi yang pas. Kamu bisa menyesuaikannya sesuai dengan berat badan, usia, dan aktivitasnya. 

Jangan Memberikan Makanan yang Tidak Dikhususkan untuk Kucing

Hal penting lainnya adalah jangan pernah memberikan makanan yang memang tidak diperuntukkan untuknya. Misalnya kamu memberinya makan nasi dan ikan, hal ini tentu saja tidak diperbolehkan oleh pakar atau dokter hewan. 

Mengapa demikian? Karena nasi bukan makanan yang dikhususkan untuk kucing. Hal ini bisa membuatnya dalam bahaya lantaran nasi memiliki tekstur yang tidak dapat dicerna dengan baik oleh sistem pencernaan kucing. 

Memberinya ikan atau daging mentah juga sangat tidak direkomendasikan, hal ini dikarenakan kucing bisa mengalami penyakit cacingan dan berakhir dengan kematian.

Merawat Agar Anak Bulu Sehat

Picture by : https://www.clubpets.com.sg

Memandikannya Secara Rutin 

Bukan hanya kamu aja nih yang butuh untuk mandi, kucing pun juga membutuhkan hal yang satu ini. Bulu kucing yang dibiarkan kotor akan mengakibatkan berbagai penyakit kulit dan memicu munculnya tungau atau kutu.

Jadi biasakan untuk membuatkan jadwal mandi secara teratur, selain membantunya terjauhkan dari masalah kulit kamu juga akan semakin betah berdekatan dengannya karena bau badannya yang harum semerbak. 

Jangan lupa untuk memandikannya dengan sampo khusus kucing atau kamu juga bisa memakai sampo bayi sebagai penggantinya. 

Memiliki kucing dan berkomitmen untuk merawatnya membutuhkan tanggung jawab yang tidak mudah. Oleh karena itu jangan sampai kamu melalaikan kewajiban ini dan malah mengakibatkan kucing terabaikan. Berikan hatimu seutuhnya dan dia pun akan memberikan perhatian yang lebih baik untukmu.