tanaman

Picture by: https://cdn-image.hipwee.com/

Siapa yang punya hobi berkebun tapi terpaksa tak bisa melakukannya karena hunian yang sempit dan tanpa halaman? Tentu sedih ya Ladies, kalau tak bisa menekuni hobi yang kita sukai. Tapi buat kamu yang punya masalah tersebut, sekarang sudah ada solusinya seiring dengan makin populernya mini gardening alias berkebun mini. Untuk melakukan mini gardening, kamu tak membutuhkan lahan besar, kok. Simak dulu beberapa hal yang perlu dipersiapkan seperti berikut ini:

Sesuaikan Jenis Tanaman dengan Tempatnya

Sebelum memilih tanaman yang tepat, terlebih dahulu kamu harus memikirkan tempat untuk berkebun. Apakah kamu akan membuat kebun mini di dalam rumah atau di luar rumah? Apakah tanaman akan langsung diletakkan di tanah atau di dalam pot? Apakah tempat terkena sinar matahari langsung atau tidak? Berbagai hal tersebut bisa kamu jadikan pertimbangan untuk menemukan tanaman yang sesuai.

Mulailah Membeli Perlengkapan yang Tepat

Berkebun bisa terasa sulit kalau kamu tidak memiliki perlengkapan yang tepat. Mulai dari wadah untuk menyimpan bibit dan pupuk, alat untuk menyiram, sampai dengan gunting khusus untuk menyiangi tanaman. Membeli berbagai perlengkapan memang akan makan cukup banyak biaya. Tapi percaya deh, nantinya kebunmu akan jadi cantik dan indah dipandang jika dirawat dengan perlengkapan yang tepat.

Pilih Tema Kebunmu

Meski namanya mini gardening, bukan berarti kamu harus membiarkan kebunmu polos begitu saja. Kamu bisa menentukan berbagai tema, misalnya saja tema rustic dengan sentuhan elemen-elemen kayu. Atau bisa juga kamu memilih tema mini forest dengan menonjolkan sisi alami dari tanaman yang kamu punya. Mau tema minimalis juga bisa, cukup pilih pot-pot estetik dengan warna netral seperti putih dan hitam.

menanam

Picture by: https://asset-a.grid.id/

Tetapkan Jadwal Berkebun

Hobi berkebun tidak bisa dilakukan sembarangan. Jika kamu memutuskan untuk berkebun, pastikan untuk konsisten dalam merawatnya. Jika perlu, tulis jadwal dan tempelkan di tempat yang mudah dilihat, misalnya kapan waktunya menyiram, kapan waktunya memberi pupuk, dan lain-lain. Jika kamu cukup sibuk, bisa juga minta bantuan anggota keluarga yang lain untuk ikut merawat kebunmu sesuai jadwal yang ada.

Jangan lupa juga rajin-rajin cek komunitas mini gardening yang ada di media sosial, ya. Dari sana kamu bisa dapat banyak inspirasi untuk menata kebun minimu sekaligus bertemu teman-teman sefrekuensi. Selamat berkebun, Ladies!