coding 1

Picture by: https://images.ctfassets.net/

Seiring perkembangan zaman dan kecanggihan teknologi, ternyata makin banyak skill yang bisa dipelajari sendiri dan menghasilkan cukup banyak uang misalnya saja coding. Ya, biasanya coding memang identik dengan para pria. Tapi kini juga sudah banyak wanita yang menjadikan coding sebagai hobi dan bahkan profesi. Tertarik untuk belajar juga Ladies? Ini beberapa hal yang perlu kamu tahu sebelum mulai mendalaminya. 

Tanyakan Pada Diri Sendiri Kenapa Harus Belajar Coding

Ya, sebelum kamu mempelajari bahasa-bahasa mesin dan pemrograman, ada 3 hal yang mendasar dan wajib kamu tanyakan kepada diri sendiri. Apa itu? “Untuk apa kamu belajar coding?” “Berapa banyak waktu, tenaga dan uang yang akan kamu siapkan agar dapat mempelajari ini?” dan “Kamu ingin menjadi apa? Website developer, pembuat aplikasi atau software engineering?”

Kebanyakan orang yang mulai belajar coding rata-rata menyepelekan 3 pertanyaan di atas. Karena itu, pada akhirnya mereka tidak memiliki skill khusus pada satu bidang tertentu atau bahkan gagal total dan menyerah karena terlalu susah. 

Memang coding itu akan terasa sepele dan mudah bagi yang memahaminya, tapi akan sangat complicated, membingungkan dan sangat susah untuk dikuasai bagi pemula. Dan yang patut kamu ketahui adalah belajar coding dapat memberikanmu pengalaman baru dan keterampilan yang sangat berharga di era serba digital seperti sekarang.

Pilihlah Bahasa Pemrograman yang Tepat

Ada banyak jenis bahasa pemrograman yang mana masing-masing membutuhkan effort dan ketelitian tinggi. Contohnya saja, jika kamu ingin belajar coding untuk website, maka bahasa pemrograman yang harus kamu kuasai adalah HTML, Java, CSS dan JavaScript atau juga jika ingin menjadi seorang pembuat aplikasi mobile, maka kamu butuh mendalami Java (untuk Android) atau juga Swift (untuk iOS) dan lain sebagainya.

coding 2

Picture by: https://roxedltd.co.id/

Cari Sumber Pembelajaran yang Tepat

Memang ada programer yang mahir coding dengan dasar otodidak, tapi tidak semua orang lahir dengan karunia dapat memahami suatu hal dengan cepat seperti itu. Oleh karenanya, kamu perlu mencari sumber pembelajaran yang tepat. Jika ingin benar-benar menguasai secara mendalam, maka sumber pembelajaran yang sangat disarankan adalah dengan belajar pada orang yang tepat, kursus atau mengambil kuliah di bidang itu.

Tapi, apabila kamu tidak memiliki cukup dana atau waktu untuk belajar di lembaga khusus, maka satu-satunya jalan adalah dengan belajar secara otodidak. Caranya adalah dengan belajar menggunakan panduan buku atau sumber-sumber di internet. Atau juga, kamu dapat belajar coding dengan mengikuti tutorial dari YouTube. Hasilnya memang tidak sehebat yang belajar di lembaga khusus, tapi untuk waktu lebih fleksibel.

Mulailah Praktik!

Apapun sumber pembelajaran yang kamu ambil, jika hanya membaca buku dan menulis saja, maka tidak akan maksimal. Satu-satunya cara agar menjadi maksimal adalah dengan mempraktikkannya langsung. Langkah pertama, kamu dapat mempelajari bahasa pemrograman pada setiap website melalui CSS atau juga mulai menciptakan program atau aplikasi mobile. Langkah selanjutnya adalah teruskan jam terbangmu atau setiap hari melakukan riset dan percobaan. Pasti akan ada gagal dalam melakukannya, tapi justru itulah yang dibutuhkan agar bisa menguasainya.