mudik2 FILEminimizer

Saya sangat merasakan sebagai wanita karir yang juga ibu rumahtangga, bahwa ketidakadaannya mbak yang selama ini membantu kita akan menjadi momok dalam membagi tugas kerjaan, merawat anak, membersihkan rumah, hingga menyajikan masakan untuk makanan keluarga. Terbayang bagaimana memenuhi tuntutan yang merepotkan tersebut.

Maka solusinya adalah kita harus bekerjasama dengan suami dan anak-anak untuk melakukan aktifitas yang biasa dilakukan oleh mbaknya dirumah, saat mbaknya mudik. Anak-anak mulai dilatih mandiri saat mbaknya mudik. Melakukan aktifitas mandiri dengan mengajari anak-anak, seperti: membenahi pakaian mereka sendiri, membersihkan kamar, dan mencuci piring serta gelas kotor bekas pakainnya sendiri.

Pertama-tama buatlah daftar list tugas pekerjaan dirumah yang harus dilakukan oleh anak-anak selama mbaknya mudik, dan berikan daftar tersebut kepada anak-anak agar mereka mulai belajar melakukannya. Catatan kegiatan pekerjaan rumah bisa dikerjakan mandiri oleh anak-anak jika telah berumur 6 tahun keatas. Namun bagi Anda yang memilki balita maka solusinya adalah menitipkan anak di Daycare, dan menjemput anak saat Anda pulang kantor.

mudik 3 FILEminimizer

Kembali ke pekerjaan mandiri yang dilakukan anak-anak saat mbaknya mudik. Berikut merupakan daftar apa yang harus anak-anak lakukan agar pekerjaan rumah dapat dikerjakan bersama-sama dengan semua anggota rumah.

  • Anak-anak mulai dilatih ketika sudah menyetujui sebuah kesepakatan untuk melakukan pekerjaan rumahtangga. Misalnya ada yang menyediakan meja makan, mencuci piring, menyapu, mengepel dan sebagainya. Mungkin dengan metode tugas bergilir.
  • Dibuat kesepakatan bagi semua anggota keluarga agar setiap selesai makan wajib mencuci piring dan gelas kotor masing-masing.
  • Setiap anggota rumah memiliki kewajiban untuk membereskan, merapihkan, dan membersihkan tempat tidur dan area kamar mereka masing-masing setelah bangun tidur.
  • Gunakan gelas dan piring yang sekali pakai jika anak-anak keberatan melakukan aktifitas mencuci piring, akan tapi ini kurang efisien dan tidak mendidik untuk mandiri.
  • Membuat jadwal giliran untuk membersihkan ruangan yang ada dirumah, seperti: A membersihkan, ruang tamu, B membersihkan dapur, C membersihkan ruang keluarga, D membersihkan kamar mandi.
  • Membuat kesepakatan setiap selesai bermain harus cepat dibereskan kembali dan ditaruh pada tempatnya agar rumah rapi kembali.
  • Untuk menjamin keamanan rumah, pintu depan harus ditutup saat anggota rumah yang dewasa pergi beraktifitas dan hanya ada anak-anak di rumah.

Membuat daftar kesepakatan diatas sangatlah penting untuk melatih anak-anak bertanggung jawab atas dirinya sendiri dan melatihnya berpartisipasi dalam kerja sama kelompok. Hal ini akan membuat anak dimasa depan terbiasa mandiri saat orangtua mereka sibuk dengan aktifitas kantornya. Melatih anak mandiri sejak dini juga memiliki keuntungan bagi si anak kelak dimasa depan ia bisa mengatasi masalah yang datang di dirinya dan membuatnya bertanggungjawab.