Bersepeda

Saat ini ada jutaan manusia yang suka mengendarai sepeda dan jumlah itu terus menerus meningkat setiap harinya, tentunya dengan semakin bertambahnya para peminat sepeda. Dengan semakin bertambah banyaknya pengendara, baik itu di jalanan setapak dan di jalan raya memungkinkan anda harus lebih selalu berhati hati dan mawas diri mejaga keselamatan anda dalam bersepeda. Beberapa tips di bawah ini diperuntukan bagi pengendara sepeda pemula yang dapat membantu mengendarai sepeda lebih baik, nyaman dan aman, tentunya pasti akan lebih menyenangkan dalam mengendarai sepeda.

>> Pilih sepeda yang Tepat. Mempersiapkan sepeda anda supaya sesuai dengan kebutuhan tubuh anda mampu membuat tubuh mengendarai jauh lebih mudah, lebih efisien, serta mampu mengurangi rasa sakit dan nyeri selama dan setelah melakukan perjalanan mengendarai sepeda.

>> Pompa ban anda pada tekanan yang tepat, Mungkin aspek paling sederhana dari perawatan sepeda adalah memompa ban anda ke tekanan yang sesuai dengan kondisi. Apabila anda pergi ke suatu area yang mungkin lembab dan licin, jangan dipompa terlalu keras.

>> Bawa botol minuman, perasaan tidak menyenangkan ketika bersepeda merasa haus dan dehidrasi, jadi bawa air minum dan bekal makanan. Makanan ringan seperti pisang, apel, biskuit yang akan membantu mengisi bahan bakar anda yang telah terbakar.

>> Usahakan Jangan mengayuh sepeda dengan gigi tinggi untuk waktu yang cukup lama. Anda ingin mencoba dan menjaga irama Anda antara 70 dan 90 rpm. Ketika Anda mengayuh pedal pada gigi tinggi itu menambah ketegangan pada lutut Anda.

>> Lindungi selalu kepala anda. Cidera kepala adalah penyebab 60 persen dari semua kematian bersepeda setiap tahunnya. Kebanyakan dari kematian sebenarnya masih bisa dihindari apabila semua orang mau memakai helm ketika bersepeda. Selalu pakailah helm ketika bersepeda dan pastikan anak-anak juga melakukan hal yang sama.

>> Sarung tangan, Satu hal yang suka tidak diprediksi oleh para pengendara baru adalah tangan mereka. Dengan memakai sarung tangan, pengendara tidak akan cepat capek dan apabila pada kondisi panas tangan akan terhindar dari sengatan matahari yang bisa mengakibatkan tangan hitam belang.

>> pasang sadel yang nyaman dan pas. Menggunakan kursi yang tepat mampu memberikan perbedaan besar saat mengendarai sepeda. Jangan beranggapan memakai lapisan sadel paling tebal akan memberikan anda perjalanan yang paling mengasikan. Kursi yang agak panjang pada umumnya akan menjadi jenis sadel yang paling nyaman.

>> Jangan aktifkan headphone. sebab hal Ini bisa sangat berbahaya apabila anda mendengar suara keributan yang ada di belakang anda atau di samping. apabila anda ingin mendengarkan musik, pakailah  clip-on kecil dengan menggunakan headset yang bisa anda jepitkan di pakaian anda.

>> Gunakan setinggan roda gear gigi yang  nyaman untuk anda. ketika menanjak ke dataran tinggi ganti ke gigi yang mampu menjaga irama anda di kisaran kecepatan yang tepat, sehingga anda mampu untuk menaiki bukit tanpa harus memberikan tekanan yang menyakitkan pada lutut anda.

sepeda

>> Ubah ubah posisi tubuh saat mengendarai. Memindah mindah posisi tangan anda di atas stang dan menggerakkan gerakkan posisi badan kebelakang dan ke ujung jok akan memberikan tangan, lengan, dan punggung anda tidak mati rasa untuk waktu yang lama pada posisi tertentu.

>> Tegakan kepala. Lihatlah ke depan dengan pandangan yang cukup jauh ke depan sehingga anda mampu bereaksi apabila ada hambatan di jalan atau di bahu jalan tepat di depan anda. Hal-hal seperti tikungan tajam, selokan bolong, jalanan berpasir sehingga anda akan bisa menghindar jauh jauh sebelumnya.

>> Patuhi peraturan lalu lintas. Kendarai sesui dengan norma dan aturan yang berlaku dan patuhi semua rambu-rambu lalulintas di jalan. Amati semua kendaraan yang ada di depan anda dan selalu jaga jarak aman, sehingga anda bisa mengantisipasi apabila ada hal hal yang tidak di inginkan.