mendaki

Picture by: https://cdn-image.hipwee.com/

Di tengah banyaknya jenis olahraga, hiking atau mendaki adalah salah satu yang banyak digemari di masa ini. Terlebih lagi, sekarang sudah banyak trek yang sengaja diperbaiki sehingga makin memudahkan orang awam untuk mendaki. Meski demikian, buat kamu yang masih pemula wajib sekali mengetahui beberapa tips mendaki yang penting seperti berikut:

Persiapkan Fisik Juga Stamina Terlebih Dahulu

Mempersiapkan fisik adalah hal utama yang harus kamu lakukan sebelum melakukan pendakian. Hal itu berfungsi agar otot-otot dan persendian pada tubuhmu terlatih terlebih dahulu sebelum nantinya turun ke medan yang tidak dapat diterka kesulitannya. Jenis olahraga yang dapat dilakukan sebenarnya sangat beragam, tergantung kesenangan masing-masing. Tapi jika ingin yang lebih khusus, kamu dapat melakukan joging, berenang, senam sampai dengan angkat beban.

Selain melatih fisik, kamu juga harus melatih pernafasan. Apabila kamu mendaki dengan membawa beban carrier besar dan berat serta melewati medan menanjak, pastinya jika pernafasan tidak dilatih, maka akan lebih mudah capek.

Riset Gunung yang Ingin Didaki

Sebelum mendaki, kamu perlu melakukan riset terlebih dahulu ke gunung yang ingin didaki. Riset semua informasinya, terutama bagimu yang baru kali pertama melakukan pendakian di gunung tersebut. Riset yang dilakukan dapat berupa kondisi trek atau jalur pendakiannya, kondisi alam sampai dengan status gunung tersebut.

Walaupun tidak harus, kamu juga dapat mencari-cari tahu informasi mengenai apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan di gunung yang bersangkutan, seperti nge-camp di tempat tertentu atau juga bersenda gurau berlebihan dan lain sebagainya.

Hitung Cermat Segala Kebutuhan Logistik

Seperti halnya ingin berwisata ke tempat, kota atau negara lain, penghitungan segala kebutuhan logistik harus dilakukan secara cermat. Ketahui terlebih dahulu budget yang dimiliki dan kemudian hitung apa saja yang dibutuhkan atau harus dibeli. Penghitungan secara cermat itu agar tidak membuat kamu kehabisan bekal selama perjalanan atau sebaliknya. Jangan lupa membawa kantong plastik untuk menampung semua sampah logistikmu selama kamu berada di gunung.

Mempersiapkan Peralatan

Selain logistik, mempersiapkan peralatan juga sangat perlu untuk dilakukan. Peralatan yang dimaksud antara lain jaket, celana untuk mendaki, sepatu, sarung tangan, matras, tenda, peta, kompas, senter, korek api, kompor, peralatan masak, alat komunikasi, sleeping bag, tenda, obat-obatan sampai dengan pisau. Disarankan untuk tidak membawa peralatan yang sekiranya tidak dibutuhkan karena akan memberatkan atau merepotkan saat mendaki.

Bagi yang masih awam atau yang baru saja melakukan pendakian, mempelajari ilmu-ilmu pendakian, seperti survival, pertolongan pertama gawat darurat sampai dengan navigasi adalah sesuatu yang wajib dilakukan. Dengan ilmu-ilmu tersebut, kamu dapat mempraktikkannya ketika terjadi sesuatu di luar kehendak, seperti tersesat dan sebagainya.