fotografi

Picture by: https://cdn.idntimes.com/

Beberapa tahun lalu, mungkin banyak anggapan fotografi itu merupakan dunianya para cowok atau orang-orang yang berduit saja. Tetapi sekarang ini dengan semakin murahnya harga kamera, baik yang masuk kategori mirrorless ataupun DSLR, siapa saja dapat menggeluti dunia ini, termasuk kamu, Ladies!

Untuk itu, bagi kamu yang ingin coba kembangkan hobi baru di bidang fotografi, ada beberapa hal yang wajib kamu ketahui sebelumnya. So, check it out!

Siapkan kamera

Tentu saja, ketika kamu ingin memulai hobi fotografi, kamera adalah barang yang wajib dimiliki. Untuk awalan, tak perlu kamu membeli kamera dengan spesifikasi tinggi atau yang dijual dengan harga mahal. Pilih yang sederhana saja dan tentunya ramah di kantong karena kamera itu hanya digunakan sebagai media belajar melatih insting dan feeling saja.

Pahami kameramu

Setelah memiliki kamera, langkah selanjutnya adalah memahami gear yang kamu punyai itu. Ada banyak tombol dan fungsi dalam kamera. Kamu harus mengenal dan mengetahui masing-masing tombol serta fungsinya tersebut. 

Cari inspirasi

Inspirasi memang datang dari mana saja, tapi kalau tidak dilatih, maka ketika kamu sudah memegang kamera, justru blank, tidak tahu apa yang harus diabadikan. Oleh karena itu, mencari dan mengembangkan inspirasi harus dilakukan untuk mahir dalam dunia fotografi.

foto2

Picture by: https://www.rimma.co/

Melatih insting

Dalam hal melatih insting, kamu dapat mulai belajar untuk pengukuran timing sampai dengan angle sebelum memencet tombol shutter kamera. Sudut kemiringan, jauh dan dekat sampai dengan arah jatuh cahaya patut menjadi bahan untuk belajar. 

Mulailah memotret

Untuk pertama kali, tidak perlu kamu harus keluar rumah dan hunting objek di sembarang tempat. Kamu cukup memulai memotret dengan objek-objek di sekeliling rumah. Ada banyak objek menarik yang dapat diabadikan untuk melatih insting sampai dengan kelihaianmu dalam mengoperasikan kamera.

Setelah itu, bolehlah kamu mulai pergi ke luar. Mulai dari jalanan kosong, kendaraan yang berlalu-lalang sampai dengan bangunan dapat kamu jadikan objek foto. Tapi yang patut diketahui adalah jika kamu memotret seseorang, kamu wajib izin terlebih dahulu karena tidak semua orang suka difoto secara diam-diam.

Selain itu, memperbanyak jam terbang adalah langkah terakhir yang dapat dilakukan. Dengan semakin sering memotret, maka insting akan terlatih secara otomatis. Jangan pula kamu hapus foto-foto lamamu karena dapat digunakan sebagai parameter progress-mu sejauh ini. Semangat belajarnya ya, siapa tahu nanti skill fotografimu juga bisa jadi lahan cari duit tambahan!