ibu ibu

Picture by: https://beritabaik.id/

Baik melalui politik, hiburan, atau kewirausahaan, ada begitu banyak wanita yang namanya sangat terkenal di dunia. Dan kebetulannya lagi, banyak dari mereka adalah ibu-ibu yang juga tetap menjadi perawat keluarga dan anak-anak mereka saat menjelajahi dunia berisiko tinggi di sekitarmya. Nah, berikut ini ada 6 ibu-ibu hebat yang kerja kerasnya menjadi inspirasi bagi wanita lain untuk terus maju berjuang dan berusaha ikut menjadikan dunia lebih baik.

Michelle Obama

Michelle Obama

Picture by: https://ichef.bbci.co.uk/

Mantan ibu negara ini menggunakan platformnya untuk mengubah kehidupan anak-anak di seluruh negeri. Dia tidak hanya bekerja dengan pedagang untuk menurunkan biaya produksi dan menghilangkan bahan-bahan tidak sehat dari produk makanan siap saji, dia juga mengesahkan Undang-Undang Anak-Anak yang Sehat dan Bebas Kelaparan. Tidak hanya itu saja, dia juga mengesahkan pendanaan federal untuk program makanan sekolah. Sebagai ibu dari dua putri, dia memberikan teladan yang kuat dalam melayani komunitasnya dan memastikan generasi penerus memiliki setiap kesempatan untuk hidup bahagia dan sehat.

Angelina Jolie

Angeline Jolie

Picture by: https://www.besthealthmag.ca/

Tidak ada yang dapat menyangkal bahwa aktris peraih Oscar ini telah sangat mempengaruhi dunia dengan banyak proyek kemanusiaannya. Sebagai salah satu ibu paling terkenal di dunia dan menjadi utusan khusus di PBB untuk urusan pengungsi, Jolie telah menggunakan ketenarannya untuk membuka mata semua pihak terhadap masalah pengungsian yang melibatkan perempuan dan anak-anak. Dia juga menjadi salah satu wanita yang dengan tegas menyarankan agar semua wanita di seluruh dunia lebih proaktif dalam perawatan kesehatannya. 

Sheryl Sandberg

Sheryl Sandberg

Picture by: https://about.fb.com/

Bisa dibilang sebagai eksekutif wanita paling terkenal di dunia, Sheryl Sandberg telah berperan penting dalam mengubah wajah wanita di tempat kerja. Berkat buku larisnya, “Lean In: Women, Work, and the Will To Lead,” Chief Operating Officer Facebook sekaligus ibu dua anak ini telah berhasil membuka dialog nasional yang mendorong lebih banyak wanita, dan khususnya para ibu, untuk tidak menggantungkan hidup pada suami dan mulailah bekerja untuk diri sendiri dan keluarga.

Ngozi Okonjo-Iweala

Ngozi Okonjo Iweala

Picture by: https://about.fb.com/

Ekonom ternama sekaligus ibu dua anak, Ngozi Okonjo-Iweala, dinobatkan sebagai salah satu dari 100 orang paling berpengaruh di dunia oleh majalah Time pada tahun 2014. Dalam posisinya yang dulu sebagai Menteri Keuangan Nigeria, Okonjo-Iweala membantu merevitalisasi perekonomian bangsanya, meningkat transparansi pemerintah dan secara aktif bekerja untuk membersihkan reputasi negara yang ternoda oleh korupsi.

Shirin Ebadi

Shirin Ebadi

Picture by: https://www.takepart.com/

Pengacara hak asasi manusia, Shirin Ebadi, tidak hanya menjadi hakim wanita pertama dalam sejarah Iran, dia juga mendirikan Asosiasi untuk Dukungan Hak Anak dan Pusat Pertahanan Hak Asasi Manusia. Semua kerja kerasnya untuk memperjuangkan hak-hak perempuan, anak-anak, dan pengungsi membuat ibu dari dua putri ini memperoleh hadiah Nobel Perdamaian pada tahun 2003 yang juga menjadikannya orang Iran pertama yang pernah memenangkan hadiah tersebut.

Priscilla Chan

Priscilla Chan

Picture by: https://a57.foxnews.com/

Sebelum menikah dengan pendiri Facebook, Mark Zuckerberg, Priscilla Chan bekerja sebagai dokter anak di Rumah Sakit Umum San Francisco. Merawat anak telah lama menjadi misinya, bahkan sebelum dia menjadi seorang ibu. Pada 2016, Priscilla Chan membuka Sekolah Dasar yang menawarkan layanan pendidikan, pengajaran, dan perawatan kesehatan bagi keluarga miskin di East Palo Alto, California. Dia juga ikut mendirikan Chan Zuckerberg Initiative bersama suaminya untuk memajukan potensi manusia dan mempromosikan kesempatan yang sama.