hobi 2 min

Picture by: https://encrypted-tbn0.gstatic.com/

Bagi sebagian orang memiliki hobi yang mandarah daging merupakan hal yang sangat menyenangkan. Tentu saja akan lebih menyenangkan jika hobi yang kamu tekuni sekarang telah dapat menghasilkan uang yang dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari kamu.

Menjadi bos atas dirmu sendiri merupakan impian bagi semua orang, tapi ini semua tergantung pada minat dan peluang. Peluang bisnis nggak melulu harus bermodalkan uang yang banyak lho. Kamu bisa mengembangkan bisnis kamu dengan step by step. Intinya siapkan mental dan kemauan tinggi untuk melakukan trick marketing. Sebelum mengetahui mengenai bisnis lebih dalam, ketahui yuk inspirasi hobi yang bisa kamu kembangkan menjadi bisnis berikut.

Hobi Menggambar dan Design Grafis

Pada intinya kedua hobi di atas harus bermodalkan seni kreatifitas yang tinggi. Hanya saja hobi menggambar dan design grafis memiliki perbedaan pada media pengaplikasiannya. Hobi menggambar ini kamu memerlukan media seperti kertas, kanvas, kuas, pensil dan lain-lain. Hobi ini juga identik dengan usaha yang banyak dibutuhkan untuk hiburan seperti gambar ilustrasi, sketsa, lukisan, anime dll.

Sedangkan untuk design grafis kamu memerlukan media yang berbau gadget seperti smartphone, computer, laptop maupun tablet. Hobi ini lebih memiliki jangkauan yang luas karena biasa dibutuhkan untuk pemasaran pada perusahaan maupun lembaga pemerintahan. Biasanya karya yang dibutuhkan adalah UX dan UI design, ilustrasi digital, animasi, kartun bergerak, design logo, gambar vector dll.

Kabanyakan bagi kamu yang memiliki hobi menggambar akan lebih dipermudah untuk menekuni design grafis. Jadi jangan ragu untuk mengembangkan bakat kamu di bidang ini ya, karena banyak sekali orang yang membutuhkan jasa kamu di zaman yang serba digital ini.

hobi 1 min

Picture by: https://obs.line-scdn.net/

Hobi Membaca dan Menulis

Kamu tipe orang yang sangat mencintai buku? Buku identik dengan kamu kaum yang suka membaca, tapi nggak heran juga bagi kalian pecinta buku juga memiliki hobi untuk menulis. Kedua hobi ini kebanyakan memiliki kesinambungan yang erat.

Di zaman yang serba modern banyak sekali perusahaan-perusahaan besar yang membutuhkan jasa menulis dan menyunting. Kedua hal tersebut biasa digunakan sebagai media pemasaran dalam bentuk artikel. Tentu saja kamu bisa menjadikan hobi menyengangkan ini menjadi sumber penghasilan. Contoh usaha di bidang ini adalah editor, penyunting naskah, guru bahasa, copywriter dan yang lagi hits sekarang adalah blogger. 

Sebenarnya masih banyak sekali hobi yang bisa kamu jadikan menjadi sumber penghasilan, misalnya menjadi gamers bagi kamu pecinta game, fotographer dan videographer bagi pecinta foto dan kamera dan masih banyak lagi. Hal yang harus diutamakan adalah rasa kepercayaan diri kamu terhadap kemampuan yang kamu miliki. Jadi jangan buang kesempatan emas ini ya, segera cari informasi untuk mengembangkan semua bisnis di bidang hobi yang kamu tekuni.