Kisah Hidup Oprah Winfrey Salah Satu Wanita Sukses Terkaya AS

Picture by : https://i.pinimg.com

Oprah Gail Winfrey yang dijuluki sebagai maestro media ini lahir di Kosciusko, Mississippi, Amerika Serikat pada tanggal 29 Januari 1954. Salah satu titik kesuksesannya berada pada saat dia berhasil menjadi sebuah pembawa acara talk show “ The Oprah Winfrey Show” yang membuat publik kagum dengan pembawaannya. Tak hanya itu bahkan di usianya yang memasuki 60 tahun dia terdaftar sebagai miliarder di dunia dengan kekayaan berkisar antara 2.7 dollar AS.

Dilahirkan di sebuah peternakan sederhana milik neneknya Hattie Mae, wanita yang seharusnya memiliki nama Orpah ini harus mengikuti ibunya Vernita ke Milwaukee, Wisconsin sebagai pembantu. Dalam perantauannya yang masih berusia 6 tahun ini harus hidup dalam sebuah kamar bersama ibunya dan dua orang saudara tirinya.

Di usianya yang ke-9 Oprah sempat mengalami pelecehan sesksual oleh sepupunya sendiri, dan menginjak di usia yang ke-14 dia hamil namun bayi yang telah dilahirkannya meninggal. Pada usia ini pula ibunya memutuskan untuk menyerahkan Oprah ke pada ayahya dan ibu tirinya yaitu Vernon Winfrey dan Zelma yang merupakan salah satu anggota terhormat di Tennessee.

Di sinilah Oprah mulai mendapatkan aturan-aturan tegas dan kasih sayang serta perhatian yang dia perlukan selama ini. Hal ini membuat masa remaja Oprah bangkit dan berhasil membawanya menjadi pribadi yang ramah dan populer di sekolah.

Bahkan di usianya yang ke 16 tahun, Oprah berhasil menjadi pembicara di suatu gereja yang berada di Los Angeles. Tidak berhenti di situ, bahkan dia mendapatkan pekerjaan pertamanya di usia ke-17 tahun sebagai penyiar berita di sebuah stasiun radio lokal dengan gaji 100dollar USA setiap minggunya. Setelah mendalami dunia penyiaran selama 2 tahun, Oprah dipekerjakan sebagai penyiar berita dan wartawan oleh stasiun televisi di Nashille.

Setelah kesuksesannya menjadi pembawa acara TV di Baltimore pada tahun 1976 dan akhirnya di tahun 1984, dia meminta untuk menjadi pemandu acara untuk acaranya sendiri dan berhasil menjadi bintang besar di 120 kota di seluruh Amerika.

The Oprah Winfrey Show pun berhasil membuat debut nasional di tahun 1986 dan mendulang kesuksesan dengan sangat cepat. Acara ini pun menjadi acara paling populer di televisi dengan wanita kulit hitam yang akhirnya bisa bangkit dari masa lalunya yang kelam dan menjadi bintang dengan bayaran tertinggi. The Oprah Winfrey Show menjadi talk show yang ditonton oleh 48juta pemirsa perminggunya dan disiarkan di 126 negara secara internasional.

Kisah Hidup Oprah Winfrey Salah Satu Wanita Sukses Terkaya di AS

Picture by : https://i.ndtvimg.com

Setelah kesuksesannya di dunia pertelevisian pada taun 2000 tepatnya bulan April Orah dan sebuah Majalah Hearts memperkenalkan O, The Oprah Magazine. Majalah ini berhasil tembus mencapai 2,3 juta pembaca setiap bulannya.

Oprah pun juga menjajal dunia aktris dan produser di berbagai film seperti The Color Purple, Native Son, The Women of Brewster Place, Before Women Had Wings dan Beloved. Dia pun berhasil membuat situsnya sendiri yaitu oprah.com dan mempunyai radio satelit Oprah and Friends.

Keberhasilannya ini berhasil mendulang penghargaan sebagai 100 Orang Paling Berpengaruh di Seluruh Dunia dari Majalah Time di tahun 2004, 2006.