Mengenal Lebih Dalam Sosok Atlet Wanita Beprestasi Liliyana Natsir

Picture by : https://www.kenangan.com/

Siapa yang tidak mengenal atlet wanita maskulin Liliyana Natsir? Terlahir di kota Manado, Sulawesi Utara tanggal 9 September 1985 ini merupakan pemain bulu tangkis kebanggan Indonesia yang telah menorehkan banyak sekali prestasi di berbagai ajang internasional. 

Memiliki sejuta pengalaman di bidang olahraga bulu tangkis ini, kepribadian Liliyana atau biasa dipanggil Butet ini jarang disorot media. Butet merupakan anak terakhir dari pasangan Beno Natsir dan Olly Maramis ini sudah menekuni dunia bulu tangkis sejak berada di sekolah dasar. Butet bergabung pertama kali dengan klub bulu tangkis Pisok di Manado. 

Pada tahun 1997, diusianya yang menjajaki 12 tahun Butet berhasil masuk klub kenamaan Jakarta yaitu PB Tangkas. Namanya mulai berkibar pada saat dirinya memenangkan kejuaraan dunia bersama pasangan pria pertamanya yaitu Nova Widianto pada tahun 2005 dan 2007. Pada tahun 2008 dan 2010 masih bersama Nova Widianto, Butet gagal menjadi juara All England karena dikalahkan oleh pasangan Cina di final.  

Pada tahun berikutnya Butet dipasangkan dengan partner pria muda yaitu Tantowi Ahmad. Pasangan ini berhasil memenangkan SEA GAMES 2011, selain itu namanya bersama Tantowi Ahmad semakin dikenal menjadi ganda campuran yang paling ditakuti ketika berhasil menjuarai All England tiga tahun berturut-turut 2012, 2013 dan 2014. Pada tahun 2016 pasangan maut ini kembali berhasil mendapatkan medali emas Olimipade Rio de Janeiro. 

Tak hanya dalam ganda campuran, ternyata Butet juga pernah menjajaki prestasi dalam kelas ganda putri bersama sahabatnya Vita Marissa. Pasangan ganda putri ini berhasil mendapatkan piala pada kejuaraan Open Super Series Premiere 2007 dan Indonesia Open 2008.

Ternyata selain memiliki segudang prestasi nama Liliyana Natsir juga dikenal sebagai seorang atlet dengan kepribadian yang sangat baik. Selalu disiplin, ramah dan berkemauan keras dalam menjalani latihan maupun menghadapi suatu pertandingan. Hal ini lah yang menjadikannya sebagai salah satu atlet Indonesia sukses yang berhasil mengharumkan nama bangsa di berbagai kejuaraan Internasional. 

Mengenal Lebih Sosok Atlet Wanita Beprestasi Liliyana Natsir

Picture by : https://cdn-2.tstatic.net

Pada awal tahun 2019, merupakan tahun menyedihkan yang dirasakan oleh semua pecinta bulu tangkis Indonesia. Pasalnya Liliyana Natsir memutuskan untuk menggantung raket tepat pada tanggal 27 Januari. Hal ini membuat banyak sekali pihak yang merasa kehilangan dengan keputusan yang dibuatnya.

Tentu saja keputusannya ini akan membuat fans Liliyana Natsir rindu meneriakkan nama “Owi-Butet” di lapangan. Di luar semua prestasi yang pernah diraih, nama Liliyana Natsir akan dikenang sebagai atlet wanita yang memiliki kepribadian rendah hati dan tidak sombong.