Mengenal Lebih Dekat Sosok Mantan Wali Kota Surabaya Ibu Tris Rismaharini

Picture by : https://m.ayosurabaya.com

Tri Risma Harini yang sangat akrab disebut dengan Ibu Risma ini lahir di kota Kediri, Jawa Timur, 20 November 1961. Menanggalkan jabatannya sebagai wali kota Surabaya pada tahun 2020 tepatnya pada tanggal 23 Desember. Di hari itu pulalah beliau dipercaya oleh bapak Joko Widodo untuk mengemban jabatan baru sebagai Menteri Sosial Republik pada reshuffle Kabinet Indonesia Maju.

Tri Rismaharini merupakan anak dari pasangan Mochammad Chuzaini dan Siti Mudjiatun. Anak ketiga dari lima bersaudara ini memutuskan untuk mengambil gelar sarjana jurusan Arsitektur dan pasca sarjana Manajemen Pembangaun di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Bahkan beliau mendapatkan gelar kehormatan Doktor Honoris Causa dalam bidang Manajemen Pembangunan Kota dari institut yang sama pula yaitu Institut Teknologi Sepuluh Nopember pada tanggal 4 Maret 2015.

Sebelum menjabat sebagai wanita pertama yang menjadi wali kota Surabaya, Risma sempat mendedikasikan dirinya sebagai Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Surabaya dan hingga tahun 2010 beliau menjabat sebagai Kepala Badan Perencanaa Kota Surabaya (Bappeko). Pengabdiannya sebagai ASN di Kota Pahlawan ini dimulai sejak dekade 1990-an.

Hingga tahun 2010 tepatnya pada tanggal 28 September beliau berhasil menjabat sebagai Wali Kota Surabaya yang dipilih langsung melalui pemilihan kepala daerah. Risma menggantikan Bambang Dwi Hartono yang akhirnya menjabat sebagai wakilnya. Pasangan ini diusung oleh PDI-P dengan pencapaian suara hingga 38,53 persen atau sebanyak 358.187 pemilih.

Namun di pertengahan jabatannya, beliau harus merelakan wakilnya Bambang D.H, hal ini dikarenakan Bambang D.H mengundurkan diri dan mengajukan diri sebagai calon Gubernur Jawa Timur pada pilkada tahun 2013. Setelah pengunduran diri Bambang D.H, Risma menunjuk Wishnu Sakti Buana sebagai wakilnya yang akhirnya dilantik pada tanggal 24 Januari 2014.

Setelah kesuksesannya memimpin Kota Pahlawan, Risma-Wishnu berhasil mengambil hati rakyat Surabaya dan kembali menjadi Wali Kota dan Wakil Walikota Surabaya periode kedua dalam Pilkada Serentak tahun 2015 untuk masa bakti 2016-2021.

Mengenal Lebih Dekat Mantan Wali Kota Surabaya Ibu Tris Rismaharini

Picture by : https://imgcdn.rri.co.id

Tak hanya menjabat sebagai Wali Kota Surabaya, pada tahun 2018 tepatnya 14 September beliau terpilih sebagai Presiden UCLG-ASPAC untuk masa bakti 2018-2020 yang dipilih secara aklamasi menggantikan Guberner Provinsi Jeju Won Hee-ryong, Korea Selatan.

Risma juga berhasil mendapatkan banyak sekali penghargaan baik dari dalam maupun luar negeri, salah satunya adalah Women Empowerment Award (WEA) di Singapura yang berasal dari media China Her Times, penghargaan ini merupakan pernghargaan untuk keberhasilannya dalam memberdayakan perempuan.