HAn6

Pemerintahan 400 tahun dari Dinasti Han menghasilkan banyak inovasi dalam segala hal mulai dari pertanian hingga metalurgi hingga seismologi.

Ketika seorang biasa bernama Liu Bang menjadi kaisar pertama Dinasti Han pada tahun 206 SM, itu adalah awal dari periode lebih dari 400 tahun yang ditandai dengan kemajuan dalam segala hal mulai dari pencatatan hingga pertanian hingga perawatan kesehatan.

“Ada penemuan besar dan perkembangan dalam sains dan teknologi,” Robin DS Yates, James McGill Professor di Departemen Sejarah dan Studi Klasik di McGill University di Montreal, menjelaskan. “Seperti semua penemuan, beberapa di antaranya baru muncul nanti, kadang-kadang jauh di kemudian hari.”

Berikut adalah beberapa terobosan terbesar dari Dinasti Han.

Penemuan Kertas

Sebuah memo awal kertas masih ada, bahan mentah sebagian besar terbuat dari serat rami ditemukan di sebuah makam di Cina pada 1957. Kembali ke waktu antara 140 dan 87 SM Tapi Cai Lun, seorang kasim di pengadilan Han di 105 AD adalah ditandai sebagai penemu kertas tulis pertama yang benar-benar berkualitas tinggi, yang ia ciptakan dengan menghancurkan dan menggabungkan kulit pohon, rami, kain linen, dan memo dari jaring ikan dan kemudian mengolah campuran dengan alkali untuk memecahnya menjadi serat yang lebih halus, menurut buku Li Shi, Sejarah Sains dan Teknologi di Qin dan Dinasti Han.

“Dokumen administratif terus ditulis di papan kayu dan slip bambu selama beberapa abad mungkin lebih baik,” jelas Yates. Tetapi setelah runtuhnya dinasti, kertas Cai Lun yang lebih baik menjadi miliknya sendiri.

Jembatan Gantung

Menurut sejarah penemuan-penemuan Tiongkok yang sangat dihormati oleh Robert Temple, The Genius of China. Dinasti Han melihat pengembangan jembatan gantung, jalan datar yang digantung dari kabel, yang mungkin berevolusi dari jembatan tali sederhana yang dikembangkan untuk menjangkau ngarai kecil. Namun pada 90 M, insinyur Han membangun struktur yang lebih canggih dengan papan kayu.

Han 1

Alat Pengeboran

Penambang garam dari Dinasti Han pada abad pertama SM adalah yang pertama membangun batu bata dan menggunakan mata bor besi untuk menggali lubang sedalam 4.800 kaki ke dalam Bumi untuk mencari air garam, yang akan mereka ekstrak dari bawah dengan tabung, menurut buku Temple. Teknik yang mereka kembangkan adalah cikal bakal eksplorasi minyak dan gas modern.

Gerobak Dorong

Model gerobak Cina. Ini dapat mengakomodasi roda yang jauh lebih besar, sehingga mengurangi resistensi bergulir, dan dengan memiliki roda yang hampir langsung di bawah beban, mengurangi berat pada lengan pengguna.

Gerobak dorong itu dikembangkan di Cina mungkin paling awal 100 SM, menurut artikel 1994 ini oleh MJT Lewis dalam jurnal T echnology and Culture .

Han 2

Seismograf

Astronom, matematika dan seismolog Tiongkok, Zhang Heng (78-139 M) menggambarkan seismoskop paling awal yang diketahui sekitar 132 M. Gelombang kejut yang tiba menggusur pendulum yang terhubung dengan mekanisme yang membuka rahang naga yang menghadap ke arah gempa. Sebuah bola jatuh dari gigi naga ke mulut katak di bawah ini untuk merekam acara tersebut.

Zhang Heng, seorang ilmuwan Tiongkok awal, menjelajahi berbagai bidang mulai dari astronomi hingga pembuatan jam. Tapi dia mungkin paling dikenal karena menciptakan perangkat pertama untuk mendeteksi gempa bumi yang jauh, yang dia perkenalkan ke pengadilan Han pada 132 M. Desainnya sederhana sebuah guci yang dilengkapi pendulum.

Ketika itu mengambil getaran, itu menjatuhkan bola dari mulut naga logam menjadi katak logam, menciptakan dentang keras. Pertama kali itu terjadi, tak seorang pun di pengadilan dilaporkan merasakan sesuatu, tetapi beberapa hari kemudian, seorang utusan dari desa yang jauhnya 400 mil datang untuk memberi tahu kaisar bahwa gempa telah terjadi di sana.

Han 3

Alat Peledak Meriam

Tepat di sekitar awal Dinasti Han pada awal 200-an SM, ahli metalurgi Cina membangun meriam pertama, yang memompa ledakan udara ke dalam kumpulan bijih besi yang dipanaskan untuk menghasilkan besi tuang, menurut sejarawan teknologi Cina Donald B. Wagner .

Alat Pengunci

Menurut Temple, abad pertama SM Cina menggunakan alat yang agak mirip dengan yang digunakan oleh tukang ledeng dan tinker, di mana pengukur geser caliper memungkinkan potongan disesuaikan. (Kunci pas modern memiliki sekrup cacing, mekanisme yang berbeda, tetapi fungsinya sama.) Pada awalnya, perangkat tampaknya telah digunakan untuk mengukur, daripada melonggarkan dan mengencangkan mur roda atau pipa.

Alat Pembajak 

Menurut buku Robert Greenburger The Technology of Ancient China , orang Cina menggunakan bajak besi untuk mengolah ladang sejauh abad ke-6 SM. Namun beberapa ratus tahun kemudian, beberapa penemu Han yang cerdik datang dengan kuan, yang juga dikenal sebagai kuan. bajak moldboard. Alat itu memiliki bagian tengah yang berakhir pada titik yang tajam, dan sayap untuk mendorong tanah menjauh dan mengurangi gesekan. Bajak baru membantu praktek Cina membajak kontur, di mana mereka mengikuti bentuk bukit, untuk mengurangi erosi tanah.

Han 4

Pelana Kuda

Penunggang kuda kuno harus membiarkan kaki mereka menjuntai saat mereka mengendarai, meskipun orang-orang Romawi mencengkeram pelana untuk membantu mereka tetap di atas kuda ketika keadaan menjadi kasar. Seorang penemu Dinasti Han membuat banyak hal lebih mudah dengan membuat besi cor atau perangkat perunggu yang pengendara bisa memasukkan kakinya, menurut Temple. Itu adalah penemuan revolusioner sehingga menyebar selama beberapa abad berikutnya di seluruh Asia ke Eropa, di mana itu memungkinkan ksatria abad pertengahan untuk menunggang kuda-kuda mereka dengan baju besi berat tanpa jatuh.

Han 5

Mesin Kemudi

Orang Cina mengembangkan perangkat untuk mengarahkan kapal pada abad pertama Masehi, menurut sejarawan teknologi Cina Yongxiang Lu.

Kemudi memungkinkan kapal untuk mengarahkan tanpa menggunakan dayung, membuatnya lebih mudah dinavigasi. Menurut buku Temple. Penemuan ini memakan waktu sekitar milenium untuk mencapai barat, tempat itu membantu Christopher Columbus dan penjelajah lainnya menavigasi lautan.

OLEH PATRICK J. KIGER