youtube 3

Kreator konten YouTube yang dikenal dengan sebutan  YouTuber kini tak perlu lagi bergantung pada iklan untuk mendulang pendapatan. YouTube membuka kesempatan untuk monetisasi baru lewat metode keanggotaan berbayar hingga dan penjualan Marchendise.

Direktur Produk YouTube Neal Mohan mengungkapkan bagaimana cara monetisasi ini akan membuat para kreator konten untuk terus berkreasi di YouTube. Ia juga mengungkapkan jika pembaruan ini dibuat untuk bisa memberikan lebih banyak alternative bagi pengguna dalam meraup penghasilan.

Dikutip dari mashable.com ada 3 cara baru bagi kreator konten YouTube untuk menambang uang dari hasil kontennya.

Mengikuti Keanggotaan Berbayar

YouTube menawarkan kepada penontonnya untuk mendapat akses ke konten video eksklusif dengan cara berlangganan setiap bulan. Penonton yang mengikuti keanggotaan berbayar untuk melihat video eksklusif biasanya akan mendapatkan fasilitas ekstra lainnya sesuai dengan pemilik channel Youtube. Konten kreator yang ingin ingin menggunakan fitur ini setidaknya harus memiliki seratus ribu subscriber. Tarif yang dibebankan pada pengguna yang mendapat konten eksklusif dan fasilitas ekstra ini membayar biaya US$ 4,99 USD atau Rp 70 ribu setiap bulannya. Dalam hal ini YouTube mengambil bagian anggaran keanggotaan sebesar 30% mulai dari setiap pengguna. Fasilitas ini sebenarnya sudah ada dan disediakan oleh Youtube sejak lama untuk beberapa channel dengan menekan tombol “sponsor” selama fase uji coba.

Menjual Merchandise

Fitur ini diluncurkan Google agar para creator konten bisa membuat barang sebagai T-shirt, mug, stiker, maupun boneka yang sebagai sebuah kenang-kenangan atau ciri khas untuk channelnya kepada para fans videonya di Youtube.

Dalam hal ini YouTube memperbolehkan dan tidak akan memungut keuntungan apapun dari penjualan merchandise pemilik Channel. Sehingga, keuntungan penjualannya akan langsung diterima dan dinikmati oleh pemilik channel.

Fitur ini pun akan memudahkan para penggemar untuk memperoleh product asli dari channel Youtube favoritnya. Agar para Youtuber bisa memanfaatkan fitur ini, Youtube memberikan prasyarat harus memiliki nominal sepuluh ribu Subscriber.

Fitur Premieres

Fitur Premieres ini penonton bisa ikut berdonasi pada konten creator dengan super chat. Super Chat merupakan cara baru untuk para penggemar dan kreator saling berinteraksi selama livestreaming berlangsung. Penggemar dapat membeli Super Chat  menandai pesan mereka selama livestreaming berlangsung.

Dengan fitur ini diharapkan para konten kreator akan terus menciptakan kreasi video yang menarik dan bermanfaat di Youtube bagi para penontonya. Selain itu fitur ini muncul karena belum lama ini YouTube memperketat aturan monetisasi kanal dan hal itu dianggap menyusahkan para Youtuber.

YouTube Relation (YPP) mewajibkan bagi siapapun yang akan bergabung dalam kegiatan tersebut selama mempunyai subscriber 1.000 dan video di channelnya sudah ditonton kurang lebih lebih dari 4.000 jam dalam setahun ke belakang.

Namun, aturan tersebut dihadirkan bukan tanpa alasan. Aturan-aturan baru diterapkan oleh YouTube inside video vlogger Logan Feminist ke YouTube, yang menampilkan tubuh korban bunuh diri di hutan.

Nah buat Anda yang baru memulai menjadi Youtuber dan baru memiliki 10.000 subscriber tidak ada salahnya untuk mengikuti 3 cara monetisasi channel Youtube Anda. Semoga bermanfaat.

youtube 2