Pengguna smartphone dan internet tentu selalu menggunakan browser untuk melihat halaman situs web dengan informasi yang diinginkan. Browser terbaik tentunya yang memiliki kecepatan dalam searching dan membuka halaman situs web yang diinginkan. Selain itu yang paling penting adalah keamanan Anda sebagai pengguna saat  dan keamanan.

Tentunya menggunakan Browser web yang tepat dapat membuat perbedaan besar untuk penjelajahan sehari-hari Anda – apakah prioritas Anda adalah kinerja yang lebih cepat, keamanan yang lebih baik, atau fleksibilitas yang lebih besar melalui ekstensi yang dapat diunduh.

Berikut ini 5 brower terbaik yang memiliki kecepatan dan keamanan saat menjelajah yang direkomendasikan Vondanote.

1. Mozilla Firefox

Firefox kembali setelah perbaikan total, dan telah merebut kembali mahkotanya

Sistem operasi: Windows, macOS, Linux, Android, iOS

Firefox baru-baru ini menerima pembaruan terbesar dalam 13 tahun terakhir eksistensinya, dan itu sangat mengesankan dan menjadikan Firefox urutan pertama dalam rekomendasi kami. Mengapa demikian?

Anda perlu tahu jika Firefox selalu dikenal karena fleksibilitas dan dukungannya untuk ekstensi, tetapi dalam beberapa tahun terakhir ini sudah mulai tertinggal dari pesaing dalam hal kecepatan. Firefox Quantum, yang pertama kali dirilis tahun lalu, mewakili perombakan total basis kode perambah, dengan kecepatan sekarang sebanding dengan Google Chrome.

Firefox juga mencetak poin serius dalam hal privasi. Mozilla adalah perushaan nirlaba, yang dipercaya aman dalam menjaga data Anda saat menjelajah dibandingkan dengan beberapa pengembang browser lainnya. Organisasi ini juga membuat pembaruan rutin untuk membantu melindungi privasi penggunanya karena perusahaan internet semakin sering diawasi dengan cara mereka memperlakukan data pengunjungnya.

Pada versi baru Firefox yang dirancang khusus untuk menjelajahi web dalam realitas virtual, dan Mozilla menguji fitur-fitur baru secara berkala melalui program Test Pilot yang baru diluncurkan.

Ini tidak selalu yang tercepat mutlak – untuk beberapa artikel Browser Chrome masih memiliki keunggulan – tetapi Firefox baru telah keluar berayun dan merekomendasikannya sebagai browser web terbaik tahun 2019 yang bisa Anda gunakan.

2. Google Chrome

Ini perambah favorit warga internet sedunia, tetapi membuthkan kapasitas RAM yang tinggi pada Smartphone dan Komputer Anda saat melakukan browsing.

Sistem operasi: Windows, macOS, Linux, Android, iOS

Dengan Chrome, Google telah membangun perambah yang dapat diperpanjang dan efisien yang layak mendapat tempat di puncak peringkat sebagai browser terbaik.

Beragam ekstensi kemudahan yang ditampilkan dan diperoleh dari menginstal Browser Chrome, seperti adanya dukungan untuk kontrol orangtua dan sejumlah besar penyesuaian dan pengaturan untuk memastikan efisiensi maksimum bagi penggunanya.

Namun, Chrome memiliki kelemahan yang merupakan salah satu browser terberat bagi penggunanya, karena saat Anda menggunakan Browser Chrome maka akan memakan kapasitas RAM pada smartphone atau komputer Anda. Maka disarankan untuk memiliki kapasitas RAM yang tinggi saat menggunakan Browser Chrome agar Anda tetap merasakan kecepatan saat menjelajah.

Google membuat beberapa langkah ke arah keamanan, dan mendorong HTTPS sangat keras. Seperti Firefox, Chrome sekarang juga mendukung login bebas kata sandi melalui WebAuthn.

3. Opera

Perambah yang kurang diminati tetapi memiliki eksistensi yang cepat saat menjelajah di dunia internet saat menggunakan smartphone.

Sistem operasi: Windows, macOS, Linux, Android, iOS

Sangat menyedihkan bahwa Opera hanya membuat sekitar 1% dari pasar browser, karena sebenarnya Opera adalah sebuah browser yang cepat.

Alasan utama setidaknya kami sarankan untuk menginstal Opera di samping browser utama Anda yaitu fitur Opera Turbo.

Opera secara otomatis memfilter Anda  saat menjelajah sebuah situs, dan browser ini sudah dipercaya aman bagi Anda yang melakukan transaksi melalui internet banking sebagai privasi.

Selain itu klebihan browser Opera ada pemblokir iklan terintegrasi yang dapat dimatikan dan mode hemat baterai yang menjanjikan laptop Anda akan bekerja lebih lama. Jika Anda seorang gamer PC, ada baiknya juga menggunakan browser Opera GX – versi perambah yang menampilkan alat optimisasi sistem, integrasi Twitch, dukungan Razer Chroma, dan katalog penawaran game.

4.  Microsoft Edge

Edge telah dilahirkan kembali sebagai perambah yang cerdas dan cepat berbasis Chromium.

Sistem operasi: Windows, macOS, Linux, Android, iOS

Edge menerima sambutan yang cukup keren ketika pertama kali diluncurkan dengan Windows 10 sebagai pengganti Internet Explorer, tetapi ia mengalami kebangkitan awal tahun ini ketika Microsoft bermitra dengan Google untuk merilis versi baru Edge berdasarkan Chromium (mesin yang digunakan oleh Chrome).

Edge yang baru dan lebih baik adalah perambah yang mengesankan yang menawarkan sebagian besar keunggulan Chrome, tanpa memonopoli banyak memori.

Edge baru tidak terbatas pada PC Windows 10, dan Microsoft telah merilis versi untuk Android, iOS dan macOS. Edge baru layak dipertimbangkan sebagai browser utama baru Anda.

5. Vivaldi

Kenalan dengan Vivaldi adalah browser berbasis Chrominium buatan mantan CEO Opera, Jon von Tetzchner yang dapat mengakses web secara cepat, kaya akan fungsi, fleksibel, dan mengutamakan keamanan pengguna.

Sistem operasi: Windows, macOS, Linux, Android (beta)

Tampilan awal hampir sama dengan Opera dengan adanya Speed Dial dan background speed dial yang bisa diubah-ubah. Menu tersembunyi di logo Vivaldi di pojok atas kiri. Menganut sistem sidebar dimana pada sidebar ada Bookmark, Download Manager dan fitur Notes. Bahkan Tab juga bisa dipindah ke Sidebar.

Aplikasi Browser ini juga dibekali dengan fitur Notes yang memungkinkan pengguna untuk membuat catatan saat berselancar internet dan bahkan dapat mengambil screenshot. Fitur tersebut terletak di panel sebelah kiri dan mengaktifkannya cukup klik tombol + dan catatan yang dihasilkan dapat disimpan di folder khusus.