kopi oi FILEminimizer

Budaya dan kebiasaan minum kopi telah dilakukan oleh masyarakat Indonesia semenjak zaman penjajahan Belanda. Tak hanya dinikmati sebagai minuman yang bisa menghilangkan ngantuk, kini menikmati segelas kopi menjadi kebiasaan yang dilakukan bersama oleh orang-orang untuk sekedar berkumpul dan berbicara selepas beraktivitas. Sebagai orang Indonesia tentu patut berbangga diri, karean kita Negara penghasil kopi terbesar yang memiliki bermacam-macam jenis kopi yang kenikmatan dan rasanya sudah diakui oleh dunia. Tidak hanya pada jenis kopinya, beberapa daerah di setiap provinsi di Indonesia juga menyediakan kopi dengan cara-cara yang sangat unik dan menjadi ciri khas akan cita rasa kopi di daerah tersebut. Bagi Anda seorang pecinta dan penikmat kopi, berikut ragam cara penyajian kopi unik khas dari berbagai macam wilayah di Indonesia yang menarik untuk Anda coba!

Kopi Tabalek

Kopi Tabalek FILEminimizer

Rasa kopi ini nikmat dan jelas tak bisa lepas dari biji kopi yang berkualitas. Aceh adalah salah satu daerah ataupun provinsi di Indonesia yang dikenal sebagai penghasil kopi utama dengan model kopi Gayo. Selain disajikan langsung dan dikenal dengan istilah tubruk, ada satu cara unik untuk menikmati segelas kopi di Aceh yang dilakukan oleh masyarakat Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat. Beda mulai dari penyediaan kopi pada umumnya, masyarakat Meulaboh ini suka menikmati kopi disajikan dengan gelas dalam posisi terbalik di atas sebuah piring kecil. Cara menyajikan kopi yang unik ini dikenal dengan sebutan Kopi Tabalek. Biasanya Kopi Tablek di Aceh banyak disajikan dengan kopi hitam, tetapi jika Anda ingin menikmatinya dengan gaya kopi susu juga bisa tinggal minta ke pelayan atau penjual kopi yang Anda mau.

Kopi Talua

Kopi Talua FILEminimizer

Kota Padang, Sumatera Barat menggambarkan salah satu daerah yang mempunyai kekayaan masakan yang dikenal dengan perpaduan bumbu rempahnya yang nikmat dan menggugah selera. Seperti nasi rending dan gulai ayam padang, Anda wajib sekali mencoba menu minuman kopi yang unik dan khas di Padang yaitu Kopi Talua. Minuman yang terbuat dari paduan kopi, kuning telur, dan susu kental manis ini, terpengaruh oleh adat masakan Melayu yang senang meracik minuman dengan campuran telur. Untuk membuat sebuah Kopi Talua, peraciknya harus mempunyai keahlian khusus agar kuning telur bisa mengembang dengan bagus dan tidak menghasilkan kopi yang berbau amis. Racikan kopi dengan telur ini dipercaya dapat menaikkan metabolisme dan mengembalikan tenaga, oleh karena itu cocok dinikmati sesudah seharian beraktivitas dan sambil bersantai.

Kopi Joss

Kopi Joss FILEminimizer

Sajian kopi unik dan memiliki khas lainnya masih berasal dari Yogyakarta, yaitu Kopi Joss. Keunikan kopi asal kota pelajar ini dikenal hingga mancanegara, karena bahan dasarnya yang menggunakan bubuk kopi robusta atau arabika biasa. Lalu yang membuatnya unik adalah metode penyajiannya, penjual kopi akan mencelupkan sepotong arang ke dalam gelas kopi saat akan disajikan ke pengunjung. Metode ini bisa membuat kopi tetap dalam keadaan hangat dalam waktu yang lama. Selain itu manfaat lainnya untuk kesehatan tubuh, sebab arang tersebut dapat membantu menyerap dan membuang racun dalam tubuh. Selain memiliki aroma dan sensasi yang unik, Anda bisa menikmati kopi unik ini bersama dengan sajian khas angkringan lainnya, yaitu nasi kucing dan pula gorengan.

Kopi Tahlil

Kopi Thalil FILEminimizer

Kopi Tahlil adalah salah satu kopi racikan khas Pekalongan, Jawa Tengah. Nama Kopi Tahlil sendiri dipergunakan karena kopi racikan ini sering disuguhkan pada acara-acara tahlilan di daerah tersebut. Penyajian kopi racikan ini diseduh dengan banyak sekali campuran rempah didalamnya seperti jahe, kapulaga, cengkeh, kayu manis, pala, serai, dan pandan. Nah racikan ini yang akan memberikan sensasi pada kopi yang sekaligus bermanfaat untuk menyehatkan dan menghangatkan tubuh. Bila Anda menyukai kopi dengan aroma manis, Anda dapat menambahkan susu pekat manis dalam racikan tersebut. Paduan rempah di dalam kopi Tahlil ini menjadi daya tarik yang orang untuk menikmatinya. Selain rasanya yang nikmat, tetapi juga mampu membuat menu kopi ini berfungsi untuk menghangatkan badan dikala iklim dingin maupun musim hujan.

Kopi Klotok

Kopi Klotok FILEminimizer

Yang suka berkunjung ke Yogyakarta dan nongkrong malam di warung malang Sego Kucing pasti kenal dengan ciri khas Kopi Klotok. Kopi unik yang satu ini bermula dari sebuah desa kecil di Magelang, Jawa Tengah. Proses penyajian yang unik membuat sajian kopi ini memiliki nikmat dan ciri khas yang menjadiikannya banyak diburu para penikmat kopi saat mengujungi Magelang atau Yogyakarta. Nama sejarah kopi ini ternyata diambil dari proses pembuatannya. Bubuk kopi terlebih dulu dituangkan ke dalam panci dan dipanaskan tanpa air. Setelah mengeluarkan wangi yang kuat, barulah air dimasukkan kedalam panci. Proses mengelupasnya bubuk kopi mulai dari dasar panci inilah yang disebut dengan istilah klotok dalam bahasa Jawa. Aroma nikmat kopi bakar bercampur dengan aroma pahit yang pas di lidah menjadikan sajian kopi ini semakin dikenal dan wajib dicoba untuk para penikmat kopi.