Kuliner Indonesia yang semakin beragam membuat para pengusaha lama dan baru mulai berfikir untuk memperbaharui konsep menu makanannya. Persaingan dalam dunia kuliner semakin nyata dengan banyaknya gebrakan menu makanan asing yang mulai diterima oleh masyarakat di Indonesia.

Salah satunya Rice Bowl konsep kuliner asing dari Negara Jepang dan Korea yang mulai menjamur di Indonesia. Konsep rice bowl adalah makanan yang memasukkan unsur nasi didalam sebuah mangkok dan ditambhakan topping lauk diatasnya seperti chicken katsu, yakiniku dan varian lainnya. Sehingga makanan ini bisa menjadi makanan favorite orang Indonesia. Mungkin salah satu restaurant fastfood terkenal yang mengenalkan konsep rice bowl adalah Yoshinoya.

Kini menu topipng pada rice bowl tidak selalu dengan menu topping ala Negara Jepang, banyak kreatifitas yang dilakukan oleh para pengusaha kuliner Indonesia. Misalnya dengan memberikan topping menu lokal dari Indonesia pada rice bowl, seperti rendang, telur dadar, atau tumis cumi hijau. Waw rasanya pasti tidaklah kalah dengan topping dari negeri asal rice bowl.

Tetapi kali ini yang akan di tulis bukanlah resep topping local untuk rice bowl ala Vondanote, kali ini Anda perlu tahu dulu para pengusaha kuliner yang sukses dengan konsep kuliner rice bowl-nya ternyata banyak dijalankan oleh para artis hingga anak presiden.

Dapur Asix milik artis cantik Ashanty

Restoran milik artis cantik ini berada di Kawasan elit yaitu daerah Menteng. Yap, Namanya adalah Dapur Asix dan konsep makanan yang disajikan adalah dengan wadah mangkuk kertas yang didalamnya ada nasi Bersama varian topping. Untuk toppingnya banyak menggunakan menu local seperti ayam ijo, tumis pare, tumis cumi, dan berbagai varian topping local khas masakan Indonesia. Harga rice bowl di dapur asix dibandrol Rp. 25 ribu – Rp. 35 ribu, jadi sangatlah terjangkau untuk dinikmati para pengunjung. Restoran Dapur Asix adalah salah satu restoran yang sukses dengan konsep kuliner rice bowl dengan toping masakan Indoensia.

Mangkok Ku – Kolaborasi Bisnis Kuliner Kaesang – Gibran dan Chef Arnold

Anda tentu tau bahwa Kaesang, Gibran dan Chef Arnold adalah para pengusaha yang sukses dalam bidang kuliner. Ketiganya sudah banyak menghasilkan kuliner di Indonesia yang diterima oleh masyarakat, kini mereka melakukan kolaborasi dengan membangun sebuah restoran sederhana bernama Mangkok Ku. Mengusung konsep resto sederhana dengan menu-menu rice bowl dengan harga cukup terjangkau, yakni sekitar Rp 19 ribu hingga 50 ribuan, Mangkok Ku menghadirkan enam varian menu cita rasa nusantara. Restoran Mangkok Ku ini menjadi salah satu restoran yang sukse mengusung konsep rice bowl dengan varian menu yang berbeda dari negeri asalnya.

Varian menu Mangkok Ku terdiri dari: mangkok brisket onion saoce with onsen egg, mangkok brisket spicy sauce, mangkok ox-tauge dabu, mangkok crispy chicken, mangkok fire fried chiken, mangkok omu egg (soft scambled) sausage mayo. Dari keenam menu unggulan yang di sediakan, sejuh ini paling favorit ialah brisket onion saoce.

Bowbowl – Pemilik pasangan suami istri yakni Amanda Patrianisa & Mirza Adipradhana

Jika sebelumnya pebisnis kuliner rice bowl berasal dari Jakarta, nah ini dia Bowbowl salah satu rice bowl terkenal di Bandung – Jawa Barat. Pemilik dari bisnis rice bowl ini adalah pasangan suami istri yakni Amanda Patrianisa dan Mirza Adipradhana. Bisnis kuliner yang dibangun bersama oleh pasangan suami istri muda ini menonjolkan Chicken Salted Egg sebagai menu andalannya sebagai topping pada rice bowlnya. Sajian saus salted egg-nya mengadopsi rasa dari salah satu restoran di Singapura yang pernah mereka cicipi, rasa yang ditonjolkan begitu creamy.

Selain itu Bowbowl menawarkan dua ukuran yakni base bowl yang lebih kecil dan reguler bowl lebih besar, biasanya ukuran base bowl ini dipilih oleh wanita. Selain Chicken Salted Egg, beberapa menu lain yang bisa menjadi pilihan di antaranya adalah Dori Sambal Matah, Chicken Mayo, Nasi Ayam Taichan, Nasi Kucing, Lidah Cabe Ijo, dan Cumi Balado.

Sec Bowl – Milik Youtuber terkenal Rius Vernandes

Seorang Youtuber terkenal seperti Rius Vernandes ternyata tidak hanya sukses dalam menyajikan konten di Youtube pribadinya tetapi juga sukses mendirikan usaha kuliner dengan konsep rice bowl yang diberi nama Sec Bowl. Terinspirasi Dari Makanan di Singapura.

Tidak seperti makanan rice bowl kebanyakan, Sec Bowl memiliki menu favorit  Chicken Salted Egg, pangan terkenal dari negeri Singapura. Ia memilih menu ini karena sebelumnya ia pernah mengenyam pendidikan.

Rice Bowl Aigoo – Milik pasangan Artis Raffi Ahmad & Nagita Slavina

Tidak mau kalah dengan keluarga Ashanty yang memiliki bisnis kuliner dalam konsep rice bowl yang diberi nama Dapur Asix. Pasangan suami istri, Raffi Ahmad dan Nagita Slavina memiliki restoran berkonsep rice bowl yaitu Korean Rice Bowl Aigoo.Ada beragam varian rasa yang ditawarkan, seperti Chicken Bulgogi Dubab, Fish Bulgogi Dubab, dan Beef Bulgogi Dubab yang menjadi menu favorit.

Untuk harga semangkuk nasi tersebut dibanderol dengan harga mulai Rp 35 ribu dan bisa dipesan melalu aplikasi Go Food.