menabung 2 FILEminimizer

 

Memperkenalkan celengan berbentuk binatang untuk anak atau menitipkan uang kepada anak untuk ditabung di sekolah, telah menjadi tradisi yang dilakukan oleh orang tua sejak lama. Anak-anak dengan menyenangkan melihat perubahan berat celengan dan semakin panjangnya catatan di buku tabungan mereka. Dari tradisi ini, tahukah anda bahwa ada berbagai manfaat menabung untuk anak di bawah ini?

Berlatih mengatur keuangan sendiri

Pelajaran menabung pada anak yang pertama, yaitu melatih mengatur keuangan mereka sendiri. Dengan kebiasaan menabung secara teratur, anak-anak akan memperhitungkan jumlah uang untuk jajan, dan total.

Bila Anda memberikan uang sekolah secara harian, tetapkan nilai harian yang perlu disisihkan dari uang saku mereka. Begitu juga jika uang jajan  diberikan setiap minggu, maka latih untuk  anak mampu menyimpan untuk di tabung sebelum dihabiskan selama sepekan.

Belajar merencanakan keuangan

bila  anak memiliki mimpi untuk membeli sesuatu, sarankan untuk menyuruh mereka membeli dari hasil menyimpan  uang jajan. Dengan begitu, mereka akan berlatih  menyesuaikan kapan dapat membelinya dan berapa jumlah uang yang perlu disimpan setiap hari, sampai terkumpul dana yang cukup.

Mungkin mudah saja bagi Anda membelikan barang yang diinginkan. Namun dengan, menabung dapat mengajari mereka membuat perancangan keuangan. Bila mereka tidak memiliki target khusus untuk membeli sesuatu yang diimpikan, Anda bisa membimbing mereka untuk mempunyai target. Misalnya menjanjikan liburan ke tempat bermain, dengan syarat uang jajan di selama liburan berasal dari tabungan mereka. Cara ini dapat memacu anak menjadi bersemangat menabung.

Belajar disiplin

Manfaat menabung untuk anak yaitu mengajarkan mereka disiplin. Anda bisa menentukan jumlah angka tertentu untuk ditabung setiap hari. Selain itu, Anda juga perlu menetapkan hukuman ringan bila mereka tidak menabung, misalnya mengurangi waktu melihat televisi dan bermain game. Namun, Anda bisa memberi hadiah bila anak rajin menabung sampai jangka waktu yang ditentukan. Misal, menambahkan uang jajan, agar dapat menabung lebih banyak. Mengamati terhadap kebiasaan menabung anak oleh Anda, dapat menjadikan anak disiplin dan merasa bertanggung jawab.

Mengajarkan hidup hemat

Pernah dengar Pepatah sedia payung sebelum hujan, bisa untuk diajarkan pada anak terkait menabung. Mereka pelan-pelan diberikan pengetahuan tentang perlunya melakukan persiapan untuk hal tak terduga di masa depan. Manfaat menabung untuk anak ini, bisa menghilangkan dari  keinginan membeli barang yang . {Hingga dewasa nanti, mereka terbiasa hanya memilih membeli barang sesuai kebutuhan, dalam jumlah ataupun jenisnya. Slogan hemat pangkal kaya, juga relevan untuk memacu anak agar rajin menabung.

menabung 1 FILEminimizer

Belajar menghargai uang

Memberi pemahaman tentang susahnya mendapatkan uang, bisa Anda lakukan dengan melatih mereka membuat usaha kecil. Melalui cara tersebut, anak bisa menghasilkan uang sendiri, meskipun belum jumlahnya tidak banyak. Uang yang dihasilkan dapat ditabung perlahan-lahan. Ini dapat menjadi ajang belajar menghargai uang bagi anak. Setelah memahami susahnya mendapatkan uang, mereka akan menghargainya, walapun itu hanya recehan. Mereka juga tidak dengan mudah mengeluarkan uang hanya  yang tidak penting.

Bisa melatih perkembangan otak anak

Dengan mengarahkan menabung sejak dini, anak mulai terbiasa mengelola keuangan, akan secara tidak langsung telihat pada perkembangan otak anak.

Mengajari untuk selalu menyimpan sisa uang jajan

Belajar menyimpan uang alias menabung harus dimulai diterapkan sejak dini. Manfaatnya agar kebiasaan positif ini bisa dilakukan hingga anak sudah berajak dewasa nanti.

Diawal memang sulit, namun ini bisa membantu anak mama belajar mengenai finansial. Beri penjelasan kepada anak kalau tidak ada masalah berapa disimpan dan akan ditabung. Intinya yang terpenting yaitu sikap konsisten si Anak dalam berlatih menghemat segala godaan di luar dan terus menabung.

Manfaat menabung untuk anak di atas tentunya dapat dipetik jika anak sudah memiliki kebiasaan menabung. Sebelum memulai menabung, sebagai orang tua, Anda perlu memberikan penjelasan kepada anak tentang pentingnya menabung. Anda juga perlu selalu mengingatkan anak untuk menyisihkan uang, mengingatkan tentang barang yang mereka inginkan, atau target tabungan yang ingin dicapai.

Sikap aktif dan kepedulian, mampu menjadikan mereka serius dalam menabung. Dan yang tak kalah penting, contoh dari orang tua merupakan cara paling efektif untuk membuat anak memiliki kebiasaan menabung sejak dini.