desa 2

Jika Anda mencari pekerjaan lulusan sempurna itu, Anda mungkin menemukannya di suatu tempat yang tidak Anda harapkan. Bagaimanapun, sebagian besar pekerjaan lulusan tinggi ditemukan di kota , tetapi itu tidak berarti bahwa semua itu adalah pekerjaan. Keramaian dan hiruk pikuk daerah perkotaan bisa menggoda, tetapi mereka juga diisi dengan berbagai hiruk pikuk dan persaingan.

Terkadang memilih alternatif bekerja di daerah pedesaan dapat memberikan tantangan baru. Jika Anda baru saja lulus dari universitas berbasis kota dan sedang menuju ke pedesaan untuk bekerja, maka tidak diragukan lagi akan ada fase penyesuaian. Apalagi buat Anda yang sebelumnya pernah bekerja diperkotaan dan nyatanya mengalami ke jenuhan dan beralih memilih bekerja di sebuah pedesaan pastinya akan berasa jetleg banget diawal-awal adaptasi.

Sejujurnya ini artikel aku banget sebagai penulis yang akhir-akhir ini karuan udah jenuh jadi ibu karir dan kepingin punya aktifitas di sebuah pedesaan entah walau hanya sebagai pengajar. Tapi itu harapan aku sih untuk mungkin 5 tahun kedepan ya. Berdoa aja semoga artikel Vondanote semakin banyak menginspirasi, eh tapi nggak apa ya penulis bikin 1 paragraf tentang curhatnya…

Oke back to artikel lagi..

Nah hal-hal berikut ini adalah beberapa tips untuk membantu Anda menikmati bekerja di pedesaan

Tingkat kejahatan yang lebih sedikit ditemui

Meskipun senang melihat kebaikan dalam diri orang-orang, kebenaran yang sederhana adalah bahwa lebih banyak orang dalam suatu tempat berarti akan lebih banyak kejahatan. Terlepas dari isu-isu yang beredar di kota, tingkat kejahatan dikota sangatlah serius.

Namun berbeda dengan di desa yang warganya sedikit dan cenderung tidak banyak hidup dengan bergaya konsumtif tetapi lebih memilih sederhana, maka kemungkinan besar akan ada komunitas yang bersatu padu. Di desa setiap orang dan tetangga saling mengenal satu sama lain, ini akan memberi Anda lebih banyak kesadaran, keakraban dan kenyamanan dengan dunia di sekitar Anda.

Tingkat polusi udara yang rendah

Udara di kota itu sudah sangat tercemar dengan berbagai polusi, mulai dari efek rumah kaca pada gedung-gedung perkantoran, hasil pembakaran kendaraan dan berbagai asap pabrik. Dengan menghirup udara yang sudah tercemar maka tanpa sadar kita sudah memasukkan udara kotor kedalam tubuh, dan bukan tidak mungkin membuat salahsatu organ tubuh terkena dampaknya.  Jadi tidak ada ruginya meninggalkan bagian kehidupan kota ini dan beralih ke kehidupan pedesaan.

Setelah tinggal di sebuah pedesaan begitu lama, mudah untuk melupakan seperti apa rasanya udara bersih. Namun demikian, lebih banyak pohon dan lebih sedikit mobil berarti lebih sedikit polusi, tentu saja ini akan membantu paru-paru Anda berbahagia dengan mendapatkan udara yang sehat. Pada akhirnya, Anda dapat benar-benar menghirup udara bebas, yang akan membuat keajaiban bagi kesehatan Anda.

Memulai menggunakan transportasi umum kereta

Nah dengan udara yang bersih Anda bisa menikmati perjalanan ke kantor saat bekerja dipedesaan dengan menggunakan kendaraan seperti motor atau kereta. Sebagian besar warga desa memilih menggunakan transportasi kereta untuk sampai ketempat pekerjaannya. Banyak warga desa yang bekerja di pabrik dan tentunya pabrik-pabrik tersebut biasanya berdekatan dengan statsiun kereta. Jadi Anda tidak perlu khawatir saat dipedesaan manfaatkan kereta yang siap membawa ke mana pun Anda ingin pergi. Ini tidak semahal yang Anda pikirkan, terutama jika Anda berencana untuk menghemat uang dalam perjalanan kesuatu tempat di pedesaan yang bisa dijangkau dengan kereta. Anda dapat memeriksa daftar jadwal kereta dan merencanakan perjalanan Anda, atau bahkan Anda bisa menggunakan bus umum untuk menjangkaunya. Apa pun itu saat tinggal di pedesaan gunakanlah transportasi umum saat berangkat dan pulang kerja.

Menikmati keindahan alam

Kota memberi Anda wawasan, pengalaman dan hal baru bersama teman-teman yang potensial sehingga pemikiran Anda menjadi lebih luas. Gedung-gedung tinggi dan pusat perbelanjaan seperti mall menjadi sebuah kewajiban pemandangan sehari-hari yang dilihat oleh kita saat di kota, yang tanpa di sadari Anda mulai mengikuti gaya hidupnya yang penuh konsumtif dan memaksa menikmatinya.

Namun, pernahkanh Anda memimpikkan sekedar pemandangan hijau atau langit biru dengan sawah yang orang-orangnya bisa bekerja santai sambil menikmati kopinya dan sarapan paginya dari hasil pertanian mereka. Setiap perjalanan ke hutan dan ladang yang ada dipedesaan akan menawarkan sesuatu yang baru. Anda bebas menjelajah, berkeliaran dengan bebas, dan benar-benar tahu siapa diri Anda saat Anda tidak terlalu sibuk membaur di kota. Pada akhirnya, alam memberi Anda pengalaman baru setiap saat. Sehingga Anda jadi mulai bisa memanjakan diri dan berfikir kreatif tentang masadepan yang Anda harapkan.

bertani

Sejujurnya hidup di sebuah desa atau mungkin kehidupan di sebuah kota deh yang diluar Jakarta akan sangat berbeda atmosfirnya menurut pengalaman saya. Contohnya kayak kota Jogja atau Semarang yang warganya masih ramah dan kehidupannya tidak sehedonisme yang ada di Jakarta, masih cocok jadi pilihan alternatif Anda yang mau cari kerja di daerah. Satu yang paling penting UMR di daerah memang tidak sebesar yang ada di Jakarta jadi bagi lulusan baru jangan berharap dengan gaji yang terlalu tinggi ya. Tapi hal itu sebanding dengan gaya hidup dan biaya-biaya lainnya yang pasti murah. Jadi kalua menurut saya nggak perlu mikir terlalu jauh untuk bisa hidup didaerah, lakukan saja dulu dan pasti lama-kelamaan akan menikmati tanpa disadari.