kerja dirumah FILEminimizer

Memilih bekerja dirumah atau bekerja dengan jarak jauh dari office tempat kita bekerja ternyata telah meningkat selama beberapa tahu, tetapi kekhawatiran dengan munculnya Corona Virus telah secara tajam mempercepat tren ini. Sehingga memaksa banyak perusahaan dan karyawan untuk menguji kemampuan mereka untuk membuat lingkungan kerja mengguankan media sistem. Para pekerja di Cina, Italia, Jepang, dan Korea Selatan telah bekerja dari rumah secara massal. Baru-baru ini perusahaan di Amerika Serikat telah mengikuti tren tersebut seperti: Amazon, Facebook, Microsoft, Google, Twitter, FourSquare, dan organisasi lain di daerah yang terkena dampak telah meminta karyawan untuk bekerja dari rumah jika memungkinkan. Kebutuhan untuk cepat beradaptasi dengan kondisi kerja jarak jauh mengungkapkan keterbatasan banyak organisasi, serta mengajukan pertanyaan tentang cara terbaik untuk mendukung pekerja yang bergantung pada kegiatan pribadi untuk upah per jam karyawan di industri seperti ritel, layanan makanan, dll.

Bahkan penyebaran virus COVID-19 telah memasuki Indonesia dan kini banyak perusahaan khusunya wilayah DKI jakarta yang mempersiapkan diri untuk kemungkinan beralih ke pekerjaan jarak jauh atau dikenal dengan Work From Home (WFH) adalah ide bagus sebagai saran pemerintah untuk memutus rantai virus Corona. Bagi Anda yang bekerja dikantor yang terdampak virus Corona bisa melakukan beberapa hal yang dapat memudahkan transisi bekerja jarak jauh:

Bawa pulang laptop kantor dan sumber daya penting Anda ke rumah. Anda dapat menggunakan VPN untuk mengakses email dan data kantor dalam hal ini, pastikan bahwa Anda telah sepenuhnya menguji kemampuan ini dan siap untuk menggunakannya. Jika ada sumber daya non-elektronik lain yang mungkin Anda butuhkan, bawa pulang juga berkas atau dokumen tersebut tentunya dengan izin dari kantor. Tentukan item apa yang Anda tidak bisa melakukannya dengan jarak jauh kepada atasan Anda jadi ketika memang dibutuhkan pihak atasn Anda sudah memiliki solusinya.

Unduh aplikasi teknologi konferensi video seperti skype, dan biasakan diri Anda dengannya. Bekerja dengan tim Anda untuk menentukan teknologi yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda, dan minta semua orang mengunduh dan menguji program yang sama. Jika tim Anda terpaksa membatalkan pertemuan langsung, menjadwalkan panggilan video akan membantu semua orang tetap terhubung dan terorganisir. Terutama bagi karyawan yang berkembang pada aspek sosial dari lingkungan kerja tradisional, penjadwalan panggilan video biasanya akan sangat penting.

kerja dirumah2 FILEminimizer

Memprioritaskan tugas yang membutuhkan sumber daya perusahaan yang tidak dapat digerakkan saat bekerja jarak jauh.  Jika Anda sedang mengerjakan proyek yang membutuhkan bahan yang disimpan di tempat kerja Anda yang tidak dapat dipindahkan, coba lengkapi sekarang juga sebelum diberlakukan bekerja jarak jauh atau dirumah. Pindahkan tugas yang lebih mudah diselesaikan di rumah lebih jauh di bawah daftar prioritas target penyelesaian kerja Anda. Mintalah advise kepada atasan jika memang membutuhkan tambahan rekan kerja untuk menyelasaikan proyek pekerjaan yang harus diselasaikan dikantor.

Buat rencana kerja jarak jauh yang solid dengan tim, seperti bagaimana monitoring tugas harian terselaikan dengan baik. Rencana operasional formal dengan persetujuan tentang penjadwalan, metode komunikasi, cara untuk menyelesaikan tugas dan memenuhi tanggung jawab, dll, Akan membuat semuanya bergerak semulus mungkin.

Saat bekerja dari rumah, tidak akan ada atasan yang akan mengecek perkembangan kerjaan Anda. Oleh karenanya sangat penting juga untuk Anda menetapkan tenggat waktu yang jelas dan memberikan pembaruan kemajuan secara teratur untuk memastikan bahwa Anda bekerja dengan produktif dan efisien selama dirumah. Dengan melakukan pekerjaan dirumah dan melakukan social distance paling tidak Anda sudah mencegah mata rantai virus corona untuk menyebar ke orang-orang yang kita sayangi atau kerabat kerja dan tetangga rumah.