robot

Kerala Startup Mission (KSUM) menciptakan kesadaran tentang COVID-19 dengan bantuan robot yang mendistribusikan masker, serbet, dan pembersih.

Virus COVD-19 atau yang disebut virus corona mulai bertransmisi keberbagai Negara didunia termasuk Negara India. Jika tidak segera dilakukan pencegahan, masyarakat mulai memahami resiko dari tertular virus tersebut pada tubuh manusia.

Namun beberapa masyarakat di India belum menyadai dan masih tidak mengerti mengapa penduduk mengenakan masker saat berjalan keluar rumah dan tidak mengetahui risiko lain yang menyertainya. Sementara masker memang bisa memberikan perlindungan pencegahan sementara jika dipadukan dengan praktik pembersihan lingkungan disekitar tempat tinggal.

Kerala Startup Mission (KSUM) menciptakan kesadaran tentang COVID-19 dengan bantuan robot yang mendistribusikan masker, serbet, dan pembersih. Kerala Startup Mission (KSUM) adalah sebuah badan pemerintah negara di India, telah mengambil inisiatif untuk menciptakan kesadaran tentang pandemi dari virus Corona. Startup Asimov Robotics yang berbasis di Kerala telah menciptakan dua robot untuk mengatasi ketakutan itu. Salah satu robot mendistribusikan masker wajah, serbet, dan sanitiser, sementara yang lain memiliki layar tampilan yang menunjukkan kampanye Organisasi Kesehatan Dunia untuk mencegah penyebaran COVID-19. R

obot-robot ini akan ditempatkan di tempat-tempat umum di mana mereka dapat mendekati orang dan membantu menyebarkan pesan. Robot juga melakukan tugas-tugas lain seperti membersihkan pintu dan menjawab pertanyaan terkait tentang virus corona. Menurut India Today , Saji Gopinath, Chief Executive Officer, KSUM mengatakan, “Lembaga ini mempertimbangkan untuk memasang robot semacam itu di tempat-tempat umum seperti bandara.” Dia menambahkan, “Semua startup yang diinkubasi di KSUM juga diberikan pedoman kesehatan dalam konteks virus corona.”

Jayakrishnan T, Pendiri dan CEO Asimov Robotics mengatakan kepada ANI, “Robot dapa menarik kerumunan masyarakat, jadi kami dapat menyebarkan pesan kami secara efektif. Mereka mendistribusikan pembersih tangan, masker, dan berbagi info tentang pandemi.”

Shashi Tharoor , Anggota Parlemen yang berbasis di Thiruvananthapuram , juga mentweet tentang inisiatif tersebut dengan video robot-robot itu.

Video menunjukkan salah satu robot mendekati kelompok dengan masker dan sanitiser, sementara robot lainnya terlihat menjawab pertanyaan. Pada saat publik menjauhkan diri yaitu social distance sebagai cara pencegahan untuk menghindari penyebaran COVID-19, para pemula memulai dengan inovasi yang dapat membantu mengatasi masalah tersebut.

Artikel dikutip dari: www.yourstory.com