portugal 2

Apakah anda suka kuliah di luar negeri? Apakah Anda ingin pergi ke tempat yang berbeda dari tanah kelahiran Anda? Bagaimana dengan negara Portugal yang kecil ini, apakah Anda mau mencoba mengenalnya?

Portugal bukalah Spanyol ya, letaknya yang ada di bagian paling barat dari daratan Eropa membuat Portugal memiliki iklim mediterania yang indah. Hal lainnya yang menarik bagi Anda para pelajar yaitu Portugal memiliki banyak universitas-universitas terbaik dan sejarah budaya yang kaya.

Universitas di Portugal

Portugal memiliki beberapa universitas tertua di dunia salahsatunya University of Coimbra, yang sudah berdiri konon selama 700 tahun dengan memiliki berbagai pengalaman penelitian dan pengajaran. Uniersity of Coimbra juga memiliki 24.000 siswa di delapan fakultas yang berbeda. Selanjutnya, pada tahun 2018, The Times menilai 9 universitas di Portugal sebagai salah satu dari 600 universitas terbaik di dunia.

Selain itu daerah Porto di Portugal Utara, menawarkan sebuah universitas dengan memiliki mahasiswa kurang lebih 31.000 siswa dan pusat penelitian yang terkenal dari Institute of Molecular and Cell Biology. Peringkat Mata Kuliah Universitas Dunia QS 2017 memberi peringkat Universitas Lisbon sebagau 100 besar peringkat global untuk beberapa mata pelajaran seperti geografi, teknik, seni, dan desain.

Universitas Portugal

Sejarah budaya yang ada di Portugal

Jika Anda ingin pergi ke sebuah negara dengan budaya yang kaya, Portugal bisa menjadi pilihan dalam list kunjungan Anda. Portugis sangat bangga dengan sejarah mereka. Kerajaan kolonial mereka bertahan selama hampir 600 tahun dan membentang dari Amerika Selatan ke Oseania.

Pada puncak kekuatan maritim mereka, Portugis memiliki pos perdagangan di Makau, Goa, dan Nagasaki. Selain itu, mereka juga menyelesaikan perdagangan reguler dengan Cina, Indonesia dan Jepang. Fakta yang menyenangkan. Selain itu konon alasan mengapa teh menjadi minuman terkenal di dunia dan ada di mana-mana di Inggris adalah karena bahasa Portugis.

Teh berasal dari Cina, tetapi baru pada 1515 Portugis mulai berdagang dengan mereka. Baru pada tahun 1610 pedagang Portugis mulai mengimpor teh dari Cina ke Eropa. Jadi Portugis adalah negara yang pertama kali mengenalkan teh minuman Cina pada warga kaum Eropa yang kini menjadi minuman wajib hadir di kerjaan Inggris.

Selain itu sejarah lainnya yang dimiliki Portugal adalah seni arsitektur megah yang menampilkan pengaruh dari latar belakang Spanyol, Romawi, dan Arab. Lihat saja Istana Pena yang akan mengingatkan Anda pada suatu malam di Arab.

Seni rupa berkembang pesat di Portugal pada abad ke – 15 dan Anda dapat mengagumi banyak tradisi artistik yang semarak ini di dalam istana, rumah besar, dan gereja.

Biaya kehidupan & kuliah di Portugal

Dibandingkan dengan negara-negara Eropa Barat lainnya, Portugal adalah salah satu yang termurah dalam hal biaya kuliah. Program Sarjana dan Master dapat dibandrol dengan hatga antara € 950 (£ 835) hingga € 1.250 (£ 1.098,93)

Ini berarti bahwa program Sarjana tiga tahun dapat dikenakan biaya di bawah £ 3.000. Mengingat bahwa rata-rata program Sarjana di Inggris dibandrol dengan harga ke £ 27.000, ini adalah penghematan yang signifikan bagi Anda yang berminta kuliah di luar negeri.

Lalu bagaimana dengan gaya hidup di Portugal, tentu saja standar hidup juga lebih murah. Di kota-kota pelajar seperti Lisbon atau Porto, Anda bisa mendapatkan 500 hingga 1.000 euro (£ 400- £ 800) sebulan untuk sewa tempat tinggal saat kuliah. Berbeda dengan London yang dibandrol £ 800 adalah untuk sewa kamar selama kuliah.

Cuaca di Portugal

Portugal memiliki iklim Mediterania yang berarti ada banyak sinar matahari. Contohnya di Portugal Selatan, daerah seperti Algarve dan Alentejo menawarkan lebih dari 300 hari cerah dalam setahun. Dengan ketinggian 25 derajat di puncak musim panas dan terendah 16 derajat di musim dingin, keluarkan krim matahari dan bersiaplah untuk tampilan kulit menjadi kecokelatan saat di Portugal.

pantai portugal

Gaya Hidup Siswa di Portugal

Sebagai penulis dan Anda pasti tahu jika kehidupan malam di Eropa pasti setiap kawasan memiliki banyak klub dan bar dengan menawarkan live music dari berbagai genre baik dalam bentuk indoor atau outdoor.

Namun jangan khawatir dan merasa terganggu dengan kehidupan malam tersebut jika itu bukanlah tujuan Anda. Disana bagi Anda mahasiswa yang suka berkunjung ke kafe, tempat-tempat unik, toko buku, tentu saja Anda wajib mengunjungi LX Factory.  Atau mengapa tidak berjalan-jalan di sepanjang salah satu pantai Portugal yang memenangkan penghargaan di Algarve atau Aveiro.

LX factory

 

LX factory bookstore

Suka hiking dan memilih menikmati alam bebas, Anda bisa mencoba hiking melintasi lanskap alam Azores yang menakjubkan atau mengapa tidak mengunjungi salah satu dari lima belas situs warisan dunia Unesco Portugal.

Wow, jadi menarik ya membahas banyak hal di negara Portugal. Universitas yang fantastis, iklim Mediterania, sejarah yang beragam, dan gaya hidup siswa yang cemerlang. Apakah ada mulai merasa penting Portugal masuk dalam list negara yang akan Anda kunjungi atau sebagai tempat melanjutkan pendidikan tinggi.