stepen FILEminimizer

Stephen Hawking adalah seorang ilmuwan, profesor, dan penulis yang lahir pada 8 Januari 1942. Ia terkenal dengan karya inovatifnya dalam fisika dan kosmologi, serta buku-bukunya yang telah membantu membuat sains dapat diakses oleh semua orang.

Pada usia 21, ia didiagnosis menderita amyotrophic lateral sclerosis (ALS atau penyakit Lou Gehrig) – penyakit di mana saraf yang mengendalikan otot mulai menutup. Saat itulah para dokter memberinya dua setengah tahun untuk hidup.

Ketika berada di rumah sakit, Hawking berbagi kamar dengan seorang anak laki-laki yang menderita leukemia, yang membuatnya sadar bahwa apa yang tampaknya lebih dapat ditoleransi. Itu, bersama dengan beberapa insiden lain membuatnya sadar bahwa ia dapat melakukan lebih banyak hal dengan kehidupan yang ia miliki, yang membantunya menjadi ilmuwan terkemuka seperti sekarang ini.

Hawking sedang belajar kosmologi di Universitas Cambridge ketika dia didiagnosis dengan ALS dan menyadari bahwa dia bahkan mungkin tidak hidup cukup lama untuk mendapatkan gelar PhD, dia menuangkan dirinya ke dalam pekerjaan dan penelitian tanpa henti.

stephen 2 FILEminimizer

Pada tahun 1974, penelitian Hawking tentang lubang hitam dan radiasi (Hawking Radiation) membuatnya terkenal dan ia menerima Penghargaan Albert Einstein yang bergengsi.

Kemudian, kontrol fisik atas tubuhnya berkurang, di mana ia terikat untuk menggunakan kursi roda. Sementara itu, ia kehilangan suaranya sepenuhnya pada tahun 1985 dan mulai berkomunikasi melalui synthesizer suara.

Selama bertahun-tahun, Stephen Hawking telah menulis atau menulis bersama total 15 buku. ‘A Brief History of Time’ miliknya telah terjual lebih dari sepuluh juta kopi dan telah diterjemahkan ke lebih dari 40 bahasa.

Bagian dari kisah hidupnya adalah subjek film The Theory of Everything 2014 yang dibintangi Eddie Redmayne.

Hari ini, Stephen Hawking berlalu dengan tenang pada usia 76 tahun. Ini memang kerugian besar bagi sains dan kita. Semoga jiwanya istirahat dalam damai.