hubungan harmoinis FILEminimizer

Hubungan adalah salah satu bagian utama terpenting dalam kehidupan seseorang. Hampir semua yang kita lakukan melibatkan sebuah hubungan, contohnya pada kehidupan berkeluarga, urusan bisnis, hubungan ditempat kerja, hubungan dalam lingkungan sekitar rumah, dengan teman dan sebagainya. Tentunya sangat penting bagi kita untuk selalu menjaga hubungan antar sesama manusia dengan memiliki sebuah hubungan yang harmonis dengan mereka.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kegagalan dalam sebuah pekerjaan dan karier faktor utama disebabkan oleh kurangnya pengetahuan, keterampilan, atau kompetensi dalam pekerjaan yang kita lakukan. Bahkan beberapa mahasiswa putus kuliah disebabkan ketidakmampuannya dalam bergaul dengan siswa lain, guru atau bahkan dengan orangtuannya sendiri. Hal ini bukan karena cacat skolastik atau anak tersebut kurang cerdas, bisa jadi memang kepribadian yang dimilikinnya tidak mampu membuatnya untuk memiliki hubungan yang baik dengan teman-temannya.

Selain itu sebuah perselisihan yang terjadi dalam pernikahan dan berujung pada perceraian berakar pada masalah kepribadian, setidaknya di salah satu pasangan. Contohnya seperti terjadi perselisihan dengan mertua, kekurangan uang, dll. Alasannya sangatlah dangkal, namun masalah-masalah seperti ini sering terjadi yang mengakibatkan hubungan yang buruk atau tidak harmonis.

Anda sebagai seorang manusia yang memiliki hubungan dengan setiap orang disekitar Anda, pastinya sering kali mencoba yang terbaik untuk menjaga hubungan tetap harmonis, seperti: mengendalikan diri, mengelola pola pikir, dan mengarahkan orang lain untuk lebih baik. Namun hasilnya belum tentu sesuai dengan harapan, karena orang biasanya tidak berubah kecuali jika mereka ingin dan berkomitmen terhadap perubahan. Tetapi ketika Anda mengubah diri sendiri, dunia di sekitar Anda juga berubah secara otomatis dan setidaknya 70% dari masalah Anda tentang hubungan dengan seseorang bisa terselesaikan.

Lalu mengapa seseorang tidak bisa berubah dengan pembiacaraan yang berupa nasehat atau mengarahkannya menjadi lebih baik. Berikut ini 3 hal penting yang tidak akan merubah seseorang dari pembicaraan yang Anda lakukan.

Berbicara mengkritik

Setiap kali Anda mengkritik seseorang, tanpa sadar Anda menghentikan kemampuan diri untuk melihat situasi sebuah permasalahan dengan jelas. Mengkritik sangat berbahaya, karena setiap kali Anda menyebut seseorang sombong atau tidak berguna misalnya, maka Anda akan mulai melihat orang itu sombong atau tidak berguna. Secara sadar atau tidak sadar pikiran Anda akan terus mengambil dan menemukan sifat-sifat negatif pada orang itu. Dengan demikian, Anda menjadi tidak mampu berurusan dengan orang itu sebagai individu yang unik dan memiliki kemampuan lain yang baik.

Maka cobalah untuk tidak melakukan kritik apa yang dilakukan orang lain. Belajarlah untuk menghargai dan memuji orang lain. Penghargaan dan pujian memiliki kekuatan positif yang luar biasa, namun memang ada faktanya.

bersikap menyalahkan FILEminimizer

Bersikap menyalahkan

Bersikap menyalahkan seseorang ataas suatu kejadian juga sangat berbahaya. Ketika Anda menyalahkan orang lain atas masalah dalam hidup Anda, maka Anda menjadi korban pasif dari keadaan dan menjadi sangat sulit untuk Anda mengubah situasi keadaan. Banyak hubungan hancur oleh orang-orang yang menyalahkan pasangannya sendiri ketika ada masalah. Mereka tidak banyak bertanggung jawab atas masalah sebenarnya yang mereka perbuat. Ketika ada yang tidak beres di rumah atau di tempat kerja, Anda seperti berusaha mencari seseorang untuk disalahkan. Anda jarang mengakui masalah sendiri atau kesalahan sendiri.

Setiap kali Anda menyalahkan orang lain atas masalah dalam hidup yang Anda hadapi, akan membuat diri Anda menjadi tidak berdaya dan untuk mengubah apa pun. Permainan menyalahkan dan menyakiti perasaan kepada orang lain atau pasangan sendiri harus di jauhkan. Anda harus mulai mengambil tanggung jawab pribadi untuk masalah Anda, sehingga Anda dapat belajar secara perlahan untu memiliki kemampuan dan harapan mengubah masalah tersebut.

mengkritik FILEminimizer

Bersikap kurang menerima

Anda harus berhenti berusaha mengubah orang lain dan kurang menerima atas apa yang dilakukan orang lain, karena ada cukup ruang untuk perubahan dalam diri seseorang. Dalam kehidupan tidak ada manusia yang sempurna, karenanya ada banyak ruang untuk perbaikan dalam diri manusia. Cobalah untuk menerima orang apa adanya dan bukan apa yang Anda inginkan. Jangan berharap mereka berperilaku seperti yang Anda inginkan. Faktanya, hal terbaik adalah tidak mengharapkan apa pun dari siapa pun. Saya tahu saya terlalu banyak bertanya, tetapi itu adalah salah satu cara menuju kebahagiaan. Jadilah sedikit diam dan berbicara sepenuhnya dengan mencoba menerima apa yang terjadi, kemudian merubahnya secara perlahan dengan sikap yang Anda tunjukkan.

kurang menerima FILEminimizer