windows 7 1

  • Awalnya diluncurkan pada Oktober 2009, Windows 7 diperkirakan akan tetap pada hampir 19% dari semua mesin Windows, menurut Aplikasi Net.
  • Sebaliknya, Windows 10 dapat ditemukan pada hampir 55% dari semua komputer Windows karena pengguna terus bertransisi dari pendahulunya sistem operasi.
  • Akan ada satu pembaruan keamanan terakhir dari Microsoft pada 14 Januari, tetapi tidak ada lagi setelah itu.

Dalam teknologi, perubahan tidak bisa dihindari. Kemajuan baru membawa peningkatan yang diperlukan, mendorong konsumen untuk mengadopsi teknologi terbaru, tercepat atau paling efisien yang tersedia bagi mereka. Besok, raksasa teknologi global Microsoft mendorong basis konsumennya dari versi lama Windows dengan harapan membawa mereka untuk insiatif dalam mengupdate operating systemnya.

Setelah pembaruan keamanan Microsoft final untuk Windows 7 dirilis besok, pengguna tidak akan lagi mendapatkan tambalan tambahan, sehingga mengakhiri dukungan diperpanjang perusahaan untuk sistem operasi. Layanan suppor secara resmi berakhir untuk Windows 7 pada Januari 2015, tetapi Microsoft terus merilis perbaikan untuk mengatasi masalah keamanan utama dan bidang lain yang menjadi perhatian.

Sejak diluncurkan pada Oktober 2009, Windows 7 telah lama dilihat oleh para penggemar sebagai sistem operasi stabil yang menemukan dirinya terjepit di antara rilis Windows Vista dan Windows 8. yang kerap bermasalah dan kritis. Dibuat sebagai semacam stop-gap terhadap yang negatif ulasan seputar pendahulunya, Windows 7 memakai estetika yang lebih tradisional sambil menambahkan fitur baru yang membuatnya lebih ramah pengguna.

Pengguna Windows 7 telah mengetahui sejak November bahwa hari ini akan datang. Menurut posting blog oleh Windows Corporate Vice President Matt Barlow , Microsoft telah mendorong notifikasi kepada pengguna, mengingatkan mereka bahwa layanan support resmi akan segera berakhir. Pada saat itu, ia mengatakan harapannya adalah bahwa pemberitahuan akan memberi pengguna “waktu untuk merencanakan dan mempersiapkan” untuk transisi ke Windows 10.

Apakah ini berdampak pada Anda?

Jika Anda salah satu dari jutaan orang yang masih menggunakan Windows 7 sebagai sistem operasi PC utama mereka dan Anda belum berencana untuk meningkatkan ke Windows 10, transisi ini seharusnya tidak terlalu mengkhawatirkan bagi Anda di minggu-minggu awal.

Meskipun dukungan resmi berakhir besok, komputer Anda akan tetap berjalan normal. Anda masih dapat melakukan semua yang saat ini Anda lakukan di komputer Anda, tetapi penting bahwa Anda segera memutakhirkan, jika Anda terus menggunakan Windows saat terhubung ke internet.

Salah satu hal utama yang sering ditangani oleh pembaruan Microsoft Windows adalah keamanan. Apakah Anda mengetahuinya atau tidak, komputer Anda terus-menerus di bawah ancaman intrusi digital, baik dengan serangan aktif dari peretas atau melalui malware yang ditemukan di internet. Perangkat lunak yang beroperasi biasanya mencakup fitur keamanan untuk mencegah masalah, tetapi ketidakpuasan digital yang giat telah dapat menemukan exploit di Windows di masa lalu, yang menyebabkan kerusakan besar pada sistem. Masalah-masalah itu ditambal melalui pembaruanĀ  bila memungkinkan.

Selain hilangnya pembaruan keamanan reguler, akhir dukungan untuk Windows 7 pada akhirnya berarti sistem operasi akan tertinggal. Ketika program yang lebih baru dirilis, pengembang akan cenderung membuatnya untuk sistem yang tidak didukung.

Jika Anda perlu menginstal perangkat lunak baru, atau jika Anda memperbarui perangkat lunak yang ada ke versi yang lebih baru, tetap menggunakan Windows 7 pada akhirnya akan menghambat kemampuan Anda untuk melakukannya. Dan jika Anda menggunakan PC Anda untuk bermain game di samping, gim-gim terbaru akan semakin tidak berjalan di mesin Windows 7.

Windows 7 2

Apa yang harus Anda lakukan selanjutnya

Jika Anda adalah pengguna Windows 7 yang tidak ingin ketinggalan, masih ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk memastikan keamanan komputer Anda tanpa harus beralih ke Windows 10 dulu. Seperti yang disebutkan sebelumnya, jika Anda terus menggunakan Windows 7, sistem akan tetap berfungsi, dan tidak ada yang akan berubah untuk Anda – setidaknya dalam jangka pendek. Tetapi Anda tidak akan lagi menerima pembaruan atau dukungan dari Microsoft, jadi jika ada yang salah, itu akan ada di tangan Anda.

Hanya karena Microsoft tidak akan melindungi pengguna Windows 7 lagi tidak berarti Anda tidak dapat menjaga diri Anda tetap aman. Jika Anda khawatir tentang keamanan Anda saat menggunakan sistem operasi sunsetted dan Anda tidak memerlukan internet untuk penggunaan sehari-hari, Anda dapat memutuskan sambungan mesin dari web. Jika komputer Anda terputus sepenuhnya dari internet tidak layak, Anda harus selalu memastikan bahwa firmware perute Anda mutakhir dan bahwa Anda memiliki perangkat lunak untuk mendeteksi malware.

Jika karena alasan tertentu Anda tidak ingin memutakhirkan sama sekali, Anda selalu dapat menginstal sistem operasi yang berbeda, seperti Linux. Melakukan hal itu mungkin akan memerlukan beberapa membiasakan diri, tetapi banyak orang menggunakan Linux sebagai sistem operasi utama mereka tanpa banyak masalah. Masalah utama yang mungkin muncul untuk pengguna biasa adalah kurangnya dukungan untuk Linux oleh beberapa pengembang, jadi pastikan Anda bersedia untuk mengatasinya jika Anda beralih.

Melakukan peningkatan

Salah satu rintangan terbesar bagi kebanyakan orang yang ingin meningkatkan sistem operasi mereka tanpa menggunakan perangkat lunak bajakan adalah harganya. Jika Anda membeli lisensi pemutakhiran Windows 10 Pro secara daring, Anda akan menghabiskan sekitar $ 200 . Jika lebih dari yang Anda bayarkan, ada beberapa cara gratis untuk memutakhirkan Windows 7 tanpa mengeluarkan uang.

Jika Anda tidak memerlukan lisensi Pro, Anda masih dapat meningkatkan ke Windows 10 secara gratis jika Anda memiliki kunci Windows yang valid . Yang harus Anda lakukan adalah mengikuti beberapa langkah sederhana – Anda akan dapat memutakhirkan sistem Anda tanpa harus melalui kerumitan instalasi yang bersih.

Atau, jika karena alasan tertentu Anda tidak tertarik pada Windows 10, Anda masih dapat melakukan peningkatan tambahan berikutnya dan menginstal Windows 8. Windows menawarkan peningkatan secara gratis , selama Anda memiliki kunci Windows yang valid. Beralih ke versi ini memberi Anda tiga tahun dukungan lagi dari Microsoft.