india 1 FILEminimizer

Kapan terakhir kali Anda mengambil buku, menghirup aroma memabukkan di antara halaman-halamannya, dan tersesat dalam isinya? Berjuang sedikit? Dalam dunia media sosial yang hiperaktif saat ini, kita telah kehilangan banyak kebiasaan yang telah kita tanam selama masa kanak-kanak, seperti bermain permainan di luar ruangan, ikut serta dalam kelas tari atau musik, atau kehilangan diri kita dalam buku dan komik.

Menurunnya kebiasaan membaca buku, terutama di kalangan kaum muda, begitu jelas sehingga Wakil Presiden M Venkaiah Naidu baru-baru ini menyatakan keprihatinannya. Tetapi seorang wanita di Kerala berusaha mengubah itu.

Umadevi Antharjanam yang berusia 73 tahun telah turun ke jalan dan berjalan empat-lima kilometer setiap hari untuk mempromosikan membaca di Kerala. Seseorang dapat menemukannya membawa tas yang diisi dengan buku, bersama dengan payung. Sejauh ini, pembaca yang rajin telah mengunjungi setidaknya 220 rumah dalam 14 tahun terakhir di desa Budhannoor dekat Chengannur di Kerala.

Umadevi berkata,

“Saya mencapai perpustakaan pukul tiga sore untuk mengumpulkan buku-buku. Sebagian besar anak-anak dan perempuan mengambil buku dari saya untuk dibaca. Dalam hal siswa, mereka memberi tahu saya terlebih dahulu buku mana yang mereka inginkan. Saya mengambilnya dari perpustakaan dan mengirimkannya kepada mereka. ”

Dia mengatakan perpustakaan, yang terletak di desa, diisi dengan buku-buku tentang semua mata pelajaran – fiksi, non-fiksi, dan novel detektif bersama dengan buku-buku mitologis yang kebanyakan dibaca oleh orang tua.

Pembaca yang rajin juga memastikan bahwa anggota perpustakaan benar-benar membaca buku yang dibawanya kepada mereka. Dia meminta anak-anak untuk memberi tahu dia apa yang mereka pelajari dari buku ketika dia kembali untuk mengambilnya setelah beberapa minggu. Dengan orang-orang yang mengenal Umadevi selama lebih dari satu dekade, mereka sekarang memanggilnya untuk memberi tahu dia tentang buku mana yang mereka atau anggota keluarga mereka ingin baca.

Dia mulai berkeliling desa, membagikan buku, dan menanamkan kebiasaan membaca buku setelah dia diundang untuk bekerja di perpustakaan oleh presidennya, Viswambharan Panicker.

india 2 FILEminimizerDia memberi tahu Bahasa Inggris Mathrubhumi,

“Milik komunitas Namboodiri, saya tidak diizinkan keluar sebelumnya. Saya menikah ketika saya masih mahasiswa BA. Keluarga yang saya datangi adalah pengikut ketat tradisi dan adat. Saya sebelumnya bekerja sebagai guru sekolah selama lebih dari 20 tahun. Saya dulu pergi ke pusat-pusat pengajaran dan mengajar siswa. Tetapi setelah kematian suamiku 18 tahun yang lalu, aku berjuang untuk memenuhi kebutuhan hidup.”

Untuk mengenali inisiatifnya dan kecintaannya pada membaca, Umadevi dihormati oleh anggota Kongres Shashi Tharoor dan mantan Kepala Menteri Kerala, Oommen Chandy