Memulai blog pada tahun 2019 tidak seperti beberapa tahun yang lalu. Persaingan dalam dunia blogger sangat ketat, dengan semakin banyaknya web baru bermunculan setiap harinya. Menjadi blogger yang sukses dengan karakter penulisan yang khas sangat sulit tetapi bukan tidak mungkin Anda bisa sukses.

Anda pasti sering membaca artikel seseorang sukses dengan memulai sebuah blog dan mendapatkan ratusan dolar dalam beberapa bulan, dan apakah artikel tersebut membohongi Anda?

Bahwasannya benar Anda bisa mencapai titik kesuksessan sebagai seorang blogger dengan penghasilan ratusan juta. Tetapi Anda  dapat  mencapai titik itu dengan membutuhkan banyak waktu dan kerja keras. Tidak semua orang bersedia untuk melakukan hal tersebut atau bisa juga menyerah dipertengahan usaha.

Artikel kali ini penulis akan berbicara tentang bagaimana rasanya memulai blog baru pada tahun 2019. Kemudian kita akan membahas berapa lama biasanya untuk blog baru untuk menemukan audiens dan berapa banyak yang Anda harapkan dari blog yang akan Anda buat.

Bagaimana Rasanya Memulai Blogging pada 2019

Versi singkatnya adalah, memulai sebuah blog pada tahun 2019 bukan untuk orang yang mudah menyerah. Setidaknya itu jika Anda yang berniat menghasilkan uang dari sebuah blog dan tidak hanya menjadikan blog untuk bersenang-senang.

Bahkan beberapa tahun yang lalu mungkin sangat mudah sukses di dunia blog dengan mendapatkan uang melalui tautan afiliasi yang dipasang pada blog pribadi, dan menghasilkan uang dengan lebih cepat. Berbeda dengan Anda yang baru akan memulai melakukan blog di tahun 2019 ini, tidak peduli isi konten pada blog Anda, pengunjung akan semakin kompetitif dalam membaca sebuah artikel pada blog.

Dengan kata lain, blog saat ini membutuhkan lebih banyak konten yang bermanfaat bagi pembacanya untuk memulai peringkat yang baik di Halaman Mesin Pencari seperti Google. Maka sangatlah penting untuk selalu mengupdate tulisan pada blog yang akan meninggalkan pengalaman bagi pembacanya dan memungkinkan pembaca untuk terus mengunjungi blog Anda, atau mungkin merefrensikan blog Anda melalui media sosialnya. Sebagai seorang bloger Anda harus khawatir tentang mengoptimalkan setiap aspek pada blog yang Anda buat jika ingin kompetitif.

Anda bisa mendapatkan penghasilan yang sesuai harapan dengan dari blog yang dibangun. Namun, ini tidak semudah yang Anda yakini seperti yang ditulis pada artikel-artikel.

Berapa Lama Waktu yang Dibutuhkan untuk Blog Anda Menemukan Audiens?

Sama seperti kebanyakan hal dalam hidup, bagian tersulit tentang blogging adalah memulainya dan terus melakukannya . Banyak orang benar-benar bersemangat tentang ide meluncurkan blog dan menulis. Namun, begitu mereka menyadari upaya yang dilakukan, mereka cepat terbakar.

Dalam pengalaman saya, sangat jarang bagi semua jenis situs web untuk mendapatkan daya tarik dalam beberapa bulan pertama kehidupannya. Untuk blogging, ini adalah aturan praktis yang harus Anda tempuh dari ekspektasi Anda selama enam bulan pertama. Paling tidak, dibutuhkan beberapa bulan sebelum Anda mulai mendapatkan jumlah lalu lintas  audiens yang layak.

Aturan enam bulan adalah jika Anda rajin mengupdate artikel yang original setiap hari minimal 3-5 artikel. Dan beberapa hal yang perlu Anda perhatikan untuk mengoptimalkan blog agar mendapatkan audiens dalam waktu cepat:

  • Meneliti topik apa yang paling diperhatikan orangdalam sesuai dengan niche blog Anda
  • Menulis konten yang menarik secara konsisten, mencakup setiap sudut baru
  • Lakukan Optimasi Mesin Pencari (SEO)
  • Mengupdate setiap artikel baru di blog Anda ke Media sosial dan pemasaran email
  • Merancang situs web yang terlihat dan menangani hebat

Nah hal-hal penting tersebut harus dilakukan oleh Anda secara mandiri, maka tidak mudah dan biasanya membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk menjadi seorang blogger yang sukses. Kuncinya semakin Anda produktif sebagai penulis, semakin cepat blog Anda dapat menemukan audiens.

Tentu saja, semua itu bergantung pada bagaimana Anda membuat topik tulisan yang dicari orang di mesin pencari. Jika tidak, Anda dapat menulis ribuan kata hanya untuk tidak ada yang membacanya, yang merupakan mimpi buruk setiap blogger.

Berapa Banyak yang Dapat Anda Hasilkan dari Blogging pada tahun 2019?

Penghasilan blogger lima tahun lalu sangatlah menjanjikan, karena belum banyak orang yang tahu jika membuat blog bisa menghasilkan uang. Para blogger yang sukses dimasa lalu menghasilkan uang melalui review produk, iklan yang dipasang pada blog, dan mengikuti blog dalam program afiliasi seperti Amazone.

Sebagai blog baru akan menghasilkan, jika blog Anda sudah memiliki perpustakaan konten yang luas, telah berhasil membangun audiens, dan telah menemukan cara terbaik untuk memonetisasi traffic.

Biasanya, ketika seseorang meluncurkan blog baru cobalah Anda untuk fokus pada angka yang masuk akal, seperti $ 100 per bulan. Seratus dolar tambahan sebulan mungkin tidak mengubah hidup Anda, tetapi itu memberi tahu Anda bahwa blog yang Anda memiliki potensi nyata. Kebanyakan orang tidak pernah mendekati angka itu, jadi jika Anda menekan angka itu, maka Anda berada di jalur yang benar.

Rintangan sebenarnya terletak antara kisaran $ 0-300 per bulan. Setelah Anda masuk ke eselon atas, itu semua tentang penskalaan blog Anda dengan terus menerbitkan konten yang hebat. Namun, jangan berharap untuk sampai ke titik itu dalam waktu kurang dari setengah tahun kecuali jika Anda adalah mesin tulis yang baik.

Selain menumbuhkan audiens Anda, Anda juga perlu mempertimbangkan dengan cermat bagaimana Anda akan menghasilkan uang dari blog Anda. Misalnya, jika Anda hanya mengandalkan pemasaran afiliasi, meningkatkan penghasilan Anda dapat memakan waktu.

Blogger yang paling sukses dalam bisnis ini bergantung pada berbagai metode monetisasi, yang paling menguntungkan di antaranya adalah menjual layanan atau pengetahuan Anda, seperti membuat kursus online, membuat e-book, dan berdagang sebuah barang. Namun, itu hanya berfungsi jika Anda pandai memasarkan produk Anda sendiri, yang merupakan ballgame yang sama sekali berbeda.

Singkatnya – pertahankan harapan Anda tetap rendah saat Anda memulai blog baru. Fokus untuk mendapatkan jumlah yang masuk akal pada awalnya, seperti $ 100 per bulan. Ini akan memungkinkan Anda untuk menguji apakah ada potensi nyata di topik blog yang Anda pilih. Jika setelah tiga hingga enam bulan Anda tidak melihat hasil apa pun, maka inilah saatnya untuk beralih ke sesuatu yang baru atau mencari tahu apakah Anda melakukan sesuatu yang salah. Cukup lakukan Analisa pada blog dan dan konsitensi Anda dalam membagung blog. Setekahnya perbaiki pendekatan Anda untuk blogging dan penghasilan Anda akan terus meningkat seiring waktu.