Persiapan Pernikahan

Picture by : https://wedelf.com

Angka perceraian yang semakin lama semakin tinggi merupakan hal yang perlu diketahui alasannya. Mengapa banyak sekali pasangan yang memutuskan untuk menikah namun berakhir dengan hubungan yang saling membenci?

Padahal sebuah pernikahan memiliki tujuan untuk mempersatukan dua kepala menjadi satu pemikiran yang diharapkan memiliki akhir yang bahagia sebahagia ketika memulai. Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk menikah ada baiknya kamu mempertimbangkan dan membicarakan hal-hal berikut dengan pasangan. 

Jangan sampai memutuskan menikah hanya karena rasa cinta yang membabi buta, hal ini tentu akan berawal baik, tapi apakah cinta akan selalu tumbuh setiap harinya? Sehingga cobalah membicarakan beberapa hal berikut untuk kesiapan menjalin hubungan pernikahan di kemudian hari.

Kesiapan Mental 

Hal yang paling penting dalam menjalin sebuah hubungan pernikahan adalah kesiapan secara mental. Mental merupakan hal yang berkaitan dengan pemikiran dan rasa yang tumbuh setiap harinya. 

Di antara pasangan yang belum menikah perlu ditanyakan sejauh mana mental yang telah dipersiapkan. Hal ini sangat penting karena setelah menikah mungkin ada beberapa kebiasaan yang tidak sesuai sewaktu kamu dan dirinya berpacaran. 

Bagaimana kamu menghadapi kebiasaan yang berbeda tersebut, apakah kamu siap dan begitu juga dengan pasanganmu. Selain itu membicarakan tantangan pada pernikahan juga bisa menjadikan salah satu indikasi kesiapan mental satu sama lain. 

Kesiapan Secara Finansial

Salah satu faktor terbesar yang terjadi pada angka perceraian di Indonesia adalah faktor finansial. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan segala sesuatu membutuhkan uang. 

Banyak sekali kebutuhan yang akan bertambah setelah menikah, seperti kebutuhan cicilan rumah, kendaraan, membayar utilitas setiap bulannya, kesiapan kehamilan, perawatan istri dan suami, bahkan perawatan nanti ketika sudah memiliki anak.

Sehingga pembicaraan masalah pengolahan dan alokasi keuangan perlu dibicarakan sebelum menikah. 

Persiapan nikah

Picture By : https://murselovic.com

Kesiapan Fisik Antar Pasangan

Selain kedua hal di atas kesiapan fisik juga menjadi salah satu faktor penting. Membicarakan masalah riawayat penyakit dan silsilah fisik antar keluarga wajib dilakukan sebelum memutuskan untuk menikah. 

Jadi setelah menikah tidak akan ada lagi tuduh menuduh jika terjadi sesuatu di luar kuasa kamu dan pasangan ketika ada masalah yang berkaitan dengan kesehatan maupun fisik.

Selain itu beberapa hal di atas akan diimbangi dengan kematangan usia. Memang banyak orang yang membicarakan usia hanyalah sebuah angka. Tapi usia yang terlampau muda biasanya masih memiliki emosi yang tidak stabil. Jadi hal semacam ini sebaiknya menjadi salah satu pertimbangan yang penting. 

Jika sudah ada kesepakatan di awal mengenai hal di atas kemungkinan untuk terjadi adu argument dalam rumah tangga lebih sedikit dibandingkan tidak ada penjelasan di awal sama sekali bukan?