bohong

Picture by: https://3.bp.blogspot.com/

Dalam sebuah hubungan kejujuran merupakan hal yang harus dijunjung tinggi. Berkata dengan benar sesuai dengan fakta yang ada merupakan kunci utama yang harus dipegang teguh. Tapi, ada beberapa kejujuran yang akan membuat patah semangat seseorang, atau memberikan efek yang berkepanjangan sehingga memberikan dampak negative.

Oleh karena itu, ada beberapa kebohongan yang boleh kamu ucapkan untuk kebaikan sebuah hubungan. Hal ini biasa disebut dengan kebohongan putih. Lalu apa sajakah kebohongan putih yang boleh kamu ungkapkan untuk orang lain baik itu teman, pasangan maupun keluarga? Mari simak ulasan berikut.

Berbohong untuk Memuji

Merespect seseorang bisa dengan melakukan kebohongan putih ini. Ketika kamu ditanyai tentang pendapat suara seseorang, namun suaranya tidak sebagus yang dia bayangkan. Cobalah untuk tetap memujinya namun dengan beberapa catatan. 

Dengan begitu ambisinya untuk bernyanyi tidak terpatahkan begitu saja. Dia akan terus mencoba untuk berlatih hingga catatan yang kamu berikan tersebut berhasil dia lewati. Sehingga, kamu bisa menyampaikan pendapatmu tanpa perlu menyakiti hatinya, hal ini akan berbanding terbalik jika kamu menyampaikan pendapatmu secara terus terang tanpa memikirkan bagaimana perasaannya.

Berbohong demi Menghindari Pertengkaran

Ada kalanya kamu harus berbohong untuk menyudahi sebuah pertengkaran. Misalkan saja, ketika kamu merasa dituduh melakukan hal yang tidak kamu lakukan, untuk saat itu cobalah mengalah dengan menjawab “Kamu Benar, mari kita bicarakan ketika kamu sudah siap.”

Kalimat tersebut akan membuatnya cukup tenang, dan kamu bisa menjelaskan apa yang sebenarnya terjadi setelah kondisi stabil. Dengan begitu, kamu berhasil menghindari pertengkaran tapi tetap bisa memberika penjelasan.

bohong 2

Picture by: https://www.kesaksian.org/

Berbohong untuk Ungkapan Pelindung

Bagaimana sih ungkapan pelindung itu? Ungkapan pelindung adalah metode yang kamu lakukan untuk melindungi hati seseorang dari kekhawatiran dan stress yang berlebihan dengan kondisi yang sedang kamu alami. Kalimat yang tepat untuk ungkapan pelindung ini adalah “Aku baik-baik saja”, “I’m OK” dan lain sebagainnya. 

Meskipun kondisi pikiran atau fisik kamu sedang berada pada masa yang kurang baik, tapi jika kamu merasa bisa menanganinnya sendiri. Cobalah untuk tidak membuat orang di sekitarmu khawatir. Hal ini akan membuat situasi lebih baik.

Kebohongan putih ini bisa kamu lakukan atas dasar ingin membuat sesuatu menjadi lebih baik. Pada dasarnya hal ini adalah kejujuran yang dilapisi oleh kata-kata dan kalimat yang lebih halus dan sopan. Kadang kala mengatakan kebohongan putih seperti “kamu tampan, jika merapihkan rambut terlebih dahulu” akan terasa lebih menyenangkan dibanding dengan kejujuran pahit seperti “kamu jelek dengan rambut gondrong itu” . Oleh sebab itu, lakukan kebohongan putih ini pada situasi dan kondisi yang tepat. Jangan mudah untuk menyalahgunakannya ya.